Beauty Influencer Suhay Salim (sumber gambar : Shopee)

Cara Jadi Beauty Influencer Ala Suhay Salin Biar Tetap Kekinian

27 June 2023   |   19:48 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Industri kecantikan berkembang pesat. Hal itu tidak lepas dari munculnya berbagai produk kecantikan yang ditawarkan oleh sejumlah brand lokal dengan kualitas bersaing dan inovasi yang berbeda. Perkembangan ini rupanya ikut melahirkan profesi baru yang menjadi bagian dari ekosistem tersebut.

Salah satunya, kemunculan beauty content creator atau influencer. Suhay Salim misalnya yang menjadi beauty influencer mengaku banyak sekali lika-liku dalam menjalani prosefinya itu. Dari awalnya mendalami hobi fotografi, akhirnya dia menyadari objek foto dengan model itu bagaikan seni yang saling berkaitan.

"Berawal dari sini yang mengantarkan aku tertarik dan penasaran untuk mempelajari dunia makeup dan kecantikan," ujarnya dalam acara dengan tema Kupas Cerita Kreasi Industri Kecantikan yang diselenggarakan Shopee, Selasa (27/6/2023).

Baca juga: 5 Bisnis Hiburan Milik Artis & Influencer, Mulai RANS hingga KUY! Entertainment

Baginya menjadi beauty influencer bukan hanya sekedar mengulas sebuah produk atau konten untuk tutorial, tapi bagaimana kita menciptakan sebuah konten edukatif yang bermanfaat. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan teknologi dalam menciptakan konten-konten beauty menarik?  Berikut beberapa tips dari Suhay Salim.


1. Konten original dan berciri khas

Perlu di ingat, bahwa persaingan di dunia digital ini kita harus selalu menyajikan konten yang orisinal dan terhindar dari plagiat. Kenapa ini penting? Sebab, konten yang orisinal sesuai dengan ciri khas diri sendiri dan beda dari kreator lainnya bisa meningkatkan peluang untuk semakin disukai dan mudah diingat oleh para penggemar.

Selain itu, perlu diingat, kejujuran saat memaparkan produk merupakan salah satu keharusan agar tidak menyesatkan pengikutnya. "Apalagi saat aku lagi mau buat konten, contohnya nyobain produk baru, current fav product setiap bulannya, honest review skincare, ataupun produk endorse, penilaiannya memang benar-benar dari pengalaman pemakaian aku dan perubahan apa yang terjadi di kulit aku. Jadi jangan sampai kita membohongi para followers ya," ujar Suhay.


2. Terus belajar hal baru

Jangan takut untuk buat beragam konten yang berkualitas. Cobalah selalu tanamkan pada diri untuk terus keep up terhadap perkembangan tren dan mau tetap belajar mengasah kemampuan. Seperti belajar editing video, maupun kemampuan story telling yang membuat video semakin atraktif, memahami pencahayaan dan tata letak, serta eksplorasi berbagai jenis konten agar semakin diingat oleh followers.


3. Mengajak followers ikut memberikan ide

Ciptakan engagement dengan para pengikut melalui konten-konten interaktif dan variatif. Sebenarnya banyak ide konten menarik, seperti review produk, skincare routine, makeup challenge, tutorial makeup, haul, spill dan rekomendasi produk.

Namun jangan lupa sesekali di tengah konten kita bisa buat semacam interaksi dengan followers melalui QnA, tebak-tebak, atau hal lainnya yang membuat mereka merasa dekat dengan kita. Bahkan bisa juga menanyakan mengenai ide konten berikutnya yang sesuai dengan permintaan penonton.

"Bisa di cek, contoh konten aku yang mendapat views tertinggi itu mengenai praktik skincare routine, ada juga best skincare pilihan aku untuk beberapa masalah kulit, seperti pori-pori, wajah kusam, jerawat, yang memang ide ini aku ambil dari masukan-masukan para followers, makasih ya," tutur Suhay.


4. Maksimalkan teknologi dan peluang

Kemampuan lain yang juga penting adalah bagaimana kita memanfaatkan teknologi untuk memasarkan konten. Seperti mempelajari bagaimana mengoptimalkan konten di setiap kanal platform baik sosial media maupun e-commerce.


5. Selalu up-to-date dan upgrade perlengkapan pendukung

Senantiasa upgrade skills dan perlengkapan pendukung untuk konten. "Nah ngomongin soal memanfaatkan fitur Live Stream, tentu saja aku optimalkan banget. Apalagi sebagai user Shopee, belanja makeup terbaru, kebutuhan rumah tangga, hingga aksesori dan peralatan untuk konten. Jadi makin mudah dengan berbagai promo menarik yang selalu ditawarkan," ucapnya.

Baca juga: Jisoo Blackpink Jadi Influencer of The Year, Kalahkan Kim Kardashian dan Bella Hadid

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Selain Warung Mak Beng, Cek 4 Kuliner Legendaris di Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

BERIKUTNYA

5 Tip Praktis Mengolah Daging Supaya Tidak Alot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: