Jisoo Blackpink. (Sumber foto: Official Instagram sooyaaa__)

Jisoo Blackpink Jadi Influencer of The Year, Kalahkan Kim Kardashian dan Bella Hadid

23 January 2023   |   17:16 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar menggembirakan kembali menyapa industri musik dan hiburan di Korea. Pasalnya Jisoo Blackpink terpilih menjadi sosok artis di peringkat pertama Influencer of The Year yang dirilis dalam laporan Lefty's Top Influencers. Hal ini tentunya semakin menguatkan industri hiburan Negeri Gingseng di mata dunia.

Tak hanya Jisoo, para personil Blackpink lainnya, juga bertengger di urutan kedua, ketiga dan keempat. Mereka adalah Rose, Jennie dan Lisa. Para anggota girl group ini bahkan berhasil menggeser nama-nama selebritas papan atas seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, Zendaya, dan Bella Hadid.

Baca juga: Profil Jisoo, Member BLACKPINK yang Jadi Incaran Brand Fashion Mewah

Platform Lefty yang bekerjasama dengan agensi mode global Karla Otto juga membuat peringkat dari nilai earned media value atau EMV. Peringkat ini dihasilkan selama influencer menjadi brand ambassador jenama global. Interaksi di media sosial dan reaksi penggemar juga menjadi nilai yang turut dihitung.

Berdasarkan catatan Lefty, Jisoo Blackpink telah menghasilkan earned media value sebesar $198 juta atau setara Rp2,9 triliun untuk merek Dior. Dikutip dari Semafor, perhitungan didasarkan dari nilai yang harus dibayarkan  brand dengan menghitung keterpaparan yang sama bila diperoleh para influencer saat lewat iklan pemasaran.

Jisoo telah menjadi duta merek Dior sejak 2021, dia sendiri memiliki lebih dari 67 juta pengikut Instagram, ini jauh lebih sedikit daripada Kardashian dan Jenner. Tetapi memiliki lebih banyak penggemar yang terlibat, menciptakan lebih dari 2 miliar interaksi media sosial, menurut laporan tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Karla Otto (@karlaotto)



Tidak hanya Dior, produsen perhiasan dan jam mewah asal Prancis, Cartier juga sempat merekrut Jisoo sebagai global brand ambassador pada Mei 2022. Bahkan baru-baru ini Cartier menggandakan nilai kontrak Jisoo dengan Dior karena meraih keuntungan hingga 400 persen pasca merekrut member tertua Blackpink itu. 

Selain Dior dan Cartier, merek busana yang diasosiasikan dengan idol Korea Selatan adalah Chanel, LV, Fila, Celine, YSL Prada, dan Gucci. Menariknya, jenama-jenama busana yang citranya dinilai lekat dengan artis K-Pop tersebut seluruhnya berasal dari  dataran Eropa, tepatnya Prancis dan Italia.

Jisoo pertama kali terjun ke dunia hiburan dengan menjadi trainee YG Entertainment pada Agustus 2011. Sebelum menjadi trainee, wanita pemilik nama lengkap Kim Jisoo ini sudah terkenal  di sekolah karena parasnya yang cantik dan kemampuannya dalam menyanyi dan menari. 

Selain itu, Kim Jisoo sempat muncul dalam teaser Who's That Girl? yang dirilis YG Entertainment pada 2012 dan diikuti dua foto yang menampilkan wajahnya pada Januari 2013. Dia juga muncul di acara TV dan tampil dalam video musik SPOILER + HAPPEN ENDING milik Epik High dan I'm Different milik Hi-Suhyun. 

Pada 2015, Jisoo membuat penampilan cameo di drama KBS2 The Producers dengan labelmates Sandara Park 2NE1 dan Kang Seung-yoon dari Winner. Kemudian pada Agustus 2016, Jisoo debut menjadi member Blackpink dan mengambil posisi sebagai vokalis utama dan visual dalam grup.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Panduan Mempersiapkan Perpisahan, Film Genre Romantis Pertama Aktris Lutesha

BERIKUTNYA

Kurangi Sampah Plastik di Lautan, ASDP Letakkan Mesin ini di Berbagai Pelabuhan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: