Suasana Kota Solo (Sumber gambar: Unsplash/Visual Karsa)

Cek 7 Destinasi Wisata Menarik di Solo, Ada Keraton Surakarta hingga Pasar Gede

25 June 2023   |   19:29 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Slogan The Spirit of Java memang pantas disematkan untuk Kota Solo. Sebab, sebagai salah satu tujuan wisata turis domestik dan asing, Surakarta memiliki banyak destinasi wisata yang komplit termasuk alam, sejarah, budaya, dan tentu saja kuliner tradisional yang khas. 

Selain tetangganya Yogyakarta, Kota Solo merupakan salah ikon wisata budaya yang populer di Indonesia. Pengembangan tradisi Jawa yang melekat di kota ini pun sudah berlangsung sejak abad ke-19, dan masih tetap lestari hingga saat ini. Tak heran bila setiap liburan tiba kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Dago Bandung, Cocok untuk Healing Liburan Sekolah

Berbagai cara untuk menuju kota dengan populasi 563.814 ini pun bisa ditempuh oleh pelancong baik menggunakan jalur darat maupun udara. Nah, bila kalian berencana ke Kota Solo, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber rekomendasi wisata populer di Kota Liwet ini dalam ulasan berikut. 


1. Keraton Surakarta

Salah satu destinasi wisata yang harus masuk dalam daftar ketika berkunjung ke Solo adalah Keraton Surakarta. Sebab di sini kalian bisa belajar sejarah sekaligus menikmati keindahan keraton Surakarta Hadiningrat yang terkenal dengan tradisinya yang khas.

Di tempat ini kalian bisa berkeliling menikmati suasana asri Alun-alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, hingga Kamagangan yang berada di komplek keraton. Setelahnya, kalian pun bisa mampir menikmati koleksi pusaka peninggalan kerajaan Mataram yang dipacak di museum keraton Surakarta.

Tarif masuk Keraton Surakarta pun cukup ramah di kantong, yakni Rp 15.000 per orang. Jika kalian  ingin mengetahui sejarah Keraton ini secara lebih dalam sembari berkeliling area, bisa juga menyewa jasa pemandu atau tour guide.


2. Solo Safari

Mengutip laman resmi Pemkot Surakarta Solo Safari merupakan transformasi dari Taman Satwa Taru Jurug, yang kini dikembangkan lebih modern dan profesional. Di tempat ini kalian tak hanya menikmati koleksi satwanya yang semakin lengkap tapi juga berbagai wahana menarik lain.

Tak hanya itu, pengunjung Solo Safari saat ini pun bisa berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan di tempat tersebut. Namun tentu saja dengan tetap didampingi zookeeper yang tersebar di beberapa lokasi sehingga kalian bisa berinteraksi dengan satwa secara aman dan nyaman.

Harga tiket masuk Solo Safari dibanderol Rp30.000 untuk anak-anak dan Rp45.000 untuk dewasa pada weekday (Senin-Jumat). Sedangkan harga tiket reguler pada weekend (Sabtu-Minggu) sebesar Rp45.000 untuk anak-anak dan Rp60.000 untuk dewasa. 


3. Taman Balekambang

Menjadi ruang terbuka hijau di Kota Solo, Taman Balekambang juga cocok dijadikan destinasi tujuan saat berlibur ke Jawa Tengah. Pasalnya, taman yang sudah ada sejak abad ke-19 ini merupakan kawasan bersejarah yang dibangun langsung oleh Mangkunegoro VII yang dikenal sebagai penggerak Boedi Oetomo.

Taman Balekambang menawarkan pemandangan yang asri dengan danau di tengahnya yang bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga saat melancong ke Solo. Selain itu, taman ini  memiliki beberapa spot foto instagramable yang  bisa kalian jadikan lokasi mengabadikan momen-momen indah saat berkunjung ke destinasi unik dan gratis itu.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Pantai dan Museum di Jogja yang Pas Buat Liburan Keluarga
1
2


SEBELUMNYA

Wisata Hits Puncak Bogor, 7 Keseruan Berlibur ke Nicole’s River Park

BERIKUTNYA

Risiko Jemaah Haji Kena Heatstroke Tinggi di Mina, Begini Cara Cegah & Penanganannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: