Suasana Kota Solo (Sumber gambar: Unsplash/Visual Karsa)

Liburan ke Solo? Jangan Lupa Kunjungi Berbagai Destinasi Wisata Menarik Ini

27 December 2022   |   18:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian yang hendak berwisata ke Solo, jangan lupa untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada di sana. Bukan tanpa sebab, wilayah ini memiliki banyak destinasi wisata, baik alam, sejarah, budaya, edukasi, kuliner dan sebagainya. Sayang dong, kalau dilewatkan.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah Kota Solo, ada beragam cara untuk menuju kota dengan populasi 563.814 jiwa tersebut. Pelancong bisa menggunakan pesawat, kereta api, dan jalur darat untuk menuju daerah ini.

Baca juga: 5 Tips Solo Traveling agar Lebih Aman dan Hemat Budget

Kota ini merupakan salah satu pusat pengembangan tradisi Jawa, dan kejayaannya berlangsung sejak abad ke-19 dan mendorong perkembangan sastra Jawa, kuliner, fesyen, arsitektur, dan beragam budaya lainnya. Berikut sejumlah destinasi wisata pilihan yang dapat dinikmati oleh pelancong ketika berkunjung.
 

Pertunjukan Seni Wayang Orang

Salah satu destinasi wisata yang harus masuk dalam daftar ketika berkunjung ke Solo adalah Gedung Wayang Orang. Di tempat ini, kalian bisa menikmati pertunjukan seni tradisional wayang orang yang sanga menarik.

Tidak hanya menyaksikan pertunjukan wayang orang, kalian juga bisa melihat persiapan para wayang saat berdandan sebelum pentas di atas panggung. Aktivitas mereka dapat menjadi sajian menarik untuk media sosial Instagram.

Tarif untuk masuk ke dalam gedung wayang orang, dan menikmati pertunjukan cerita wayang orang cukup terjangkau lantaran para pelancong hanya harus membayar sebesar Rp10.000.
 

Pura Mangkunegaran

Tempat lainnya yang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata saat berada di Solo adalah Pura Mangkunegaran. Tempat ini adalah tempat bersejarah karena merupakan istana kadipaten Mangkunegaran.

Di tempat ini, kalian bisa menikmati kemegahan dan keindahan Istana Mangkunegaran dan mengunjungi museum yang ada di dalamnya dengan berbagai koleksi benda bersejarah. Tidak hanya itu, istana tempat kediaman para adipati Mangkunegaran ini juga menjadi pusat kegiatan kesenian seperti Tari Gaa Mangkunegaran dan karawitan.

Untuk masuk ke tempat ini, pelancong dari dalam negeri cukup membayar Rp20.000 per orang. Sementara itu, pelancong dari luar negeri membayar sebesar Rp40.000.
 

Museum Keris

Destinasi lainnya di Solo yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong adalah Museum Keris. Museum ini berdiri di kawasan budaya Sriwedari, yakni Jl. Bhayangkara no 2 Sriwedari Laweyan kota Surakarta.

Museum ini dibangun pada 2013 dan diresmikan pada 9 agustus 2017. Di tempat ini, beragam keris dari seluruh daerah, dan penyebarannya di nusantara dapat terlihat.

Museum ini memiliki tujuan agar masyarakat tetap mengenal budaya keris di tengah kemajuan zaman. Saat ini, terdapat lebih dari 2.000 pusaka tosan aji yang tersimpan dan terpelihara di museum ini. Untuk mengunjungi museum ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp7.500 pada weekdays dan Rp10.000 pada weekend.
 

Museum Radya Pustaka

Museum lainnya yang juga harus masuk dalam daftar tujuan wisata di Solo adalah Museum Radya Pustaka. Museum ini merupakan museum tertua di Indonesia, dan menyimpan berbagai macam sejarah yang dapat membuka mata para pengunjung tentang Solo.

Museum Radya Pustaka dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV didalem kepatihan pada 28 Oktober 1890. Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X.

Museum ini memiliki banyak koleksi, seperti berbagai macam patung, baju adat, wayang kulit, buku dan foto kuno, gamelan dan lainnya. Untuk masuk ke dalam museum ini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di 5 Destinasi Kota Favorit, Liburan Seru bareng Keluarga

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Alat & Bahan Barbeku untuk Merayakan Tahun Baru di Rumah

BERIKUTNYA

5 Cara Membangun Mental Anak agar Miliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: