Pantai Krokoh menjadi salah satu destinasi wisata (Sumber gambar: tangkapan layar laman visitingjogja.jogjaprov.go.id/diolah)

4 Destinasi Wisata Pantai dan Museum di Jogja yang Pas Buat Liburan Keluarga

18 June 2023   |   12:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para wsiatawan dari dalam maupun luar negeri. Di daerah ini, traveller dapat menikmati destinasi alam, budaya, sampai dengan sejarah. Pantai dan meseum menjadi lokasi wisata yang tetap menarik untuk liburan keluarga.

Dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Salah satu di antaranya adalah Pantai Krokoh.

Baca juga: 5 Candi yang Instagramable di Sepanjang Rute Mandiri Jogja Marathon 2023

Selain itu, ada juga Pantai Sanglen yang menawarkan laut biru dan akan memanjakan mata para pengunjung. Kemudian, Museum Kotagede, Museum Ullen Sentalu, dan Museum Sisa Hartaku juga bisa menjadi tempat yang wajib masuk dalam daftar liburan.

Berikut destinasi-destinasi itu.

1. Pantai Krokoh
Destinasi wisata pertama yang dapat menjadi tujuan liburan adalah Pantai Krokoh yang menyajikan pemandangan alam menawan dan jarang ditemukan di pantai-pantai biasanya. Pantai yang mungkin masih asing di telinga para wisatawan ini memiliki akses yang tidak mudah lantaran masih cukup terjal.

Meskipun begitu, kesulitan untuk mencapainya akan terbayarkan ketika sampai di Pantai Krokoh dan merasakan keindahannya. Bukit karang, debur ombak, dan pasir putih akan memberikan sensasi yang sulit dilupakan.

Wisatawan juga dapat menikmati matahari terbit atau sunrise melalui tebing karang yang ada di pantai tersebut. Jadi, datang pada pagi sebelum pukul 06.00 WIB adalah pilihan tepat untuk menikmati keindahannya.

lokasi pantai berada di Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai krokoh memiliki Jarak 93 km atau 2 jam 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.

2. Pantai Sanglen
Destinasi wisata alam lainnya yang dapat menjadi tujuan bagi para wisatawan ketika ke Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Pandai Sanglen. Berada di Gunung Kidul, pantai ini menjadi salah satu destinasi yang belum banyak dijamah oleh para wisatawan.

Meskipun begitu, keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Laut biru, pasir putih, debur ombak, pepohonan rindang yang hijau menjadikan pantai ini sebagai lukisan alam yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Baca juga: 5 Kuliner Jogja yang Autentik dan Bikin Kangen Para Traveller

Selain bermain air atau pasir, pengunjung juga bisa naik ke atas bukit yang ada di pantai ini dengan menggunakan tangga dan melihat lanskap alam yang menawan dari atas. Wisatawan memerlukan waktu tempuh 2 jam atau 70 kilometer untuk mencapai Pantai Sanglen dari Kota Yogyakarta.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Intip Koleksi Fashion Couture Berpadu Wastra Nusantara yang Indah nan Unik

BERIKUTNYA

Menulis Makin Mudah dengan Teknologi AI di Platform Wacaku

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: