Kanda Brothers berduet dengan Iga Massardi (Sumber gambar: R57)

Gaet Iga Massardi, Kanda Brothers Merilis Album Elements of Life

20 June 2023   |   13:26 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Grup band kakak-beradik Kanda Brothers kembali menyapa penggemarnya lewat album anyar bertajuk Elements of Life. Seperti judulnya, materi-materi lagu dalam album ini terinspirasi dari berbagai emosi dan dinamika kehidupan manusia sehari-hari.

Album ini memuat 9 trek yakni Intro: Element Of Life, Hello, We Were Young (feat. Iga Massardi), Go (Indonesia/English), You, Alive, Hello (Striped Version), Go (Striped Version), dan Outro. Dari kesembilan lagu tersebut, materi beberapa di antaranya mewakili berbagai elemen emosi yang dilambangkan dalam lima elemen yakni udara, tanah, api, air, dan logam.
.
Baca juga: Eksplorasi Musikalitas Penyanyi Jordan Susanto dalam Single Cherry

Vokalis Kanda Brothers Aldy Agustriansyah mengatakan bila dalam single sebelumnya yang berjudul Hello mewakili elemen udara dan menawarkan energi positif dan optimistis, dalam single Go yang berkolaborasi dengan Fuji justru mewakili elemen tanah dan begitu pekat akan kesedihan.

Lain halnya dengan single We Were Young yang menggambarkan emosi marah sekaligus mewakili elemen api. Single ini juga didapuk menjadi lagu utama dalam album ini karena dianggap memiliki materi dan pesan yang kuat.

"Banyak di antara kita dipertemukan dengan momen kecewa pada diri sendiri dan berujung pada penyesalan akan keputusannya terdahulu. Butuh waktu lebih dari semalam untuk paham bahwa muda terlalu berharga untuk menjadi sia-sia," kata Aldy.
 

Dia juga menambahkan lagu ini menjadi semacam panggilan untuk para pendengarnya supaya tidak terlarut ke dalam perasaan tersebut, dan percaya bahwa sebetulnya tidak ada kata terlambat untuk mengeksplor diri kembali.

"Kita hanya harus percaya dan tetap berani mengambil keputusan di momen tersulit sekalipun, apapun risikonya," imbuhnya.

Menurutnya, jika diihat dari sudut pandang yang lain, gagal hanyalah sebuah konsep yang sebetulnya belum tentu menjadi hasil akhir dari setiap perjalanan seseorang. Setiap momen akan berkaitan, dan setiap keputusan mempengaruhi kualitas seberapa kenal dengan diri sendiri.

"Pada akhirnya berhasil atau gagal hanya menjadi bagian kecil dalam sebuah proses," katanya. 
 

Musisi Iga Massardi pun dipercaya untuk menjadi sosok yang bisa mempertajam pesan dari lagu We Were Young. Dikenal karena kekuatannya dalam menulis lirik-lirik kritis bersama band-nya Barasuara, Aldy mengatakan Kanda Brothers tertarik dengan segala sudut pandang pemikiran Iga Massardi tentang banyak hal.

“Selain semangat modernisasi lewat musiknya yang betul-betul baru untuk kami, lagu ini juga menjadi respons komunikasi kami bersama Iga terhadap berbagai gagasan tentang pemaknaan kegagalan," ujar Aldy.

Selain meluncurkan album baru, Kanda Brothers juga merilis video klip dari lagu-lagu dalam album Elements of Life yang digarap oleh sutradara Sakti Marendra.

Aldy pun berharap lagu-lagu dalam album lagu ini bisa menjadi sebuah panggilan kembali untuk jiwa-jiwa yang sedang larut dalam berbagai jenis keputusasaan, dan kembali berani menggali potensi sebagai bagian dari perjalanan menuju diri yang sejati.
 

Kanda Brothers (Sumber gambar: R57)

Kanda Brothers (Sumber gambar: R57)

Profil Kanda Brothers
Kanda Brothers adalah grup band kakak-beradik yang digawangi oleh empat personel bersaudara yakni Aldy Agustriansyah (vokal), Gerry Febrianda (gitar), Ricky Yurama (bass), dan Danna P.S (drum).

Sebagai anak dari orang tua yang juga merupakan musisi, empat bersaudara itu telah akrab dengan musik sejak kecil. Berawal dari akrab dengan beberapa jenis alat musik, mereka pun mulai rutin ngeband di rumah. Awal tahun 1996 akhirnya mereka memutuskan untuk fokus pada instrumen atau alat musik masing-masing.

Meski telah menggeluti dunia musik sejak tahun kecil dan mulai fokus menjadi sebuah band sejak tahun 1999, nama Kanda Brothers baru melejit ketika mereka memenangkan Festival Rock Djarum Super X tahun 2004 mewakili kota Jakarta. Mereka masuk ke dalam 10 besar sebagai finalis dalam ajang tersebut. Lagu mereka yang berjudul Hampa pun terpilih untuk masuk dalam album kompilasi Festival Rock X tersebut.

Walaupun dikenal berasal dari Jakarta, personel Kanda Brothers merupakan pemuda asal Lampung. Nama 'Kanda' sendiri diambil dari nama ayah mereka, Sukanda. Sebelumnya, band ini menamai diri mereka sebagai R.G.A.D yang merupakan gabungan inisial dari nama tiap personel.
 
Baca juga: Element Rilis Single Sadar Tanpa Dirimu versi Remastered

Pada 2008, Kanda Brothers akhirnya meluncurkan album perdananya yang berjudul Jalan Terbaik dengan berisikan 14 trek. Nama band satu ini pun semakin meroket setelah salah satu lagu mereka dari album itu menjadi soundtrack film Kambing Jantan pada 2009. Lalu, pada 2017, mereka kembali merilis album bertajuk Tahan Lama yang berisikan 9 lagu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gokil, Coldplay Tambah Jadwal Manggung di Singapura Jadi 6 Hari, Cek Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

OpenAI Kembangkan Artificial Intelligence yang Mengerti Moral & Etika Mirip Manusia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: