Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/pssi)

Wasit Asal Malaysia Pimpin Pertandingan Indonesia vs Argentina, Cek Rekam Jejaknya

19 June 2023   |   19:41 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan Indonesia vs Argentina baru saja berjalan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Senin (19/6/2023) Pukul 19.30 WIB. Anak asuh Lionel Scaloni menghadapi Asnawi Mangkualam dkk setelah laga Indonesia vs Argentina tak bersua 44 tahun lamanya.

Pertandingan ini merupakan bagian dari laga persahabatan yang diselenggarakan FIFA atau yang dikenal dengan FIFA Matchday. Demi tampil maksimal di depan La Seleccion, Shin Tae-yong selaku pelatih Indonesia ikut memanggil 26 nama bintang sepak bola yang telah menjalani pelatihan untuk dipilih menjadi line up duel mancanegara ini. Begitu pula dengan Scaloni yang merilis nama-nama pesepakbola Argentina untuk berlatih di laga menyenangkan ini.

Baca juga: 5 Pemain Indonesia Dijagokan Bisa Menjebol Gawang Argentina, Ada Asnawi Mangkualam dan Yakob Sayuri

Meski Lionel Messi dan Angel Di Maria absen, Tim Tango tetap memiliki bintang lapangan terbaik seperti kiper legendaris Emiliano Martinez hingga Enzo Fernandez. Begitupun dengan skuad Merah Putih yang banyak menghadirkan bintang muda di lapangan GBK hari ini, misalnya Rafael Struick yang sukses mencuri perhatian saat laga kendang melawan Palestina.

Wasit asal Malaysia akan menjaga dan mengatur pertandingan besar ini. Melansir situs resmi AFA, duel ini akan menempatkan empat wasit, di mana tiga di antaranya merupakan wasit Malaysia. Mohamad Usaid Bin Jamal menjadi wasit utama yang memimpin pertandingan ini.

Sementara dua wasit Malaysia lainnya duduk sebagai asisten wasit yakni Mohamad Mu’azi Bin Zainal dan Nadziran Bin Eziz. Wasit terakhir yang akan memantau pertandingan adalah Aprisman Aranda asal Indonesia.

Melansir situs FIFA, nama Mohamad Usaid Bin Jamal sudah terdaftar resmi sebagai wasit internasional sejak 2022 bersama dengan Nadziran Bin Eziz sebagai asisten wasit. Sementara Mohamad Mu’azi Bin Zainal sudah duduk sebagai asisten wasit internasional sejak 2012.
 

Rekam Jejak Mohamad Usaid Bin Jamal

Mohamad Usaid Bin Jamal memimpin dua laga timnas Indonesia di FIFA Matchday secara berturut-turut. Pada Rabu (14/6/2023), Usai memimpin pertandingan Indonesia vs Palestina. Tercatat empat kali kartu kuning dikeluarkan wasit Malaysia ini hingga akhir laga. Pertandingan itu berakhir dengan skor 0-0.

Kartu kuning pertama dikeluarkan untuk striker Indonesia, Rafael Struick di menit ke-32. Gelandang Indonesia, Marc Klok juga turut diganjar kartu kuning di menit akhir. Kartu kuning juga melayang untuk bek Palestina, Mohammed Saleh dan sang gelandang, Mohammed Rashid.

Melihat penjagaan sang juru lapangan, tampaknya pemain Indonesia sudah cukup mengenal cara kerja Usaid menangangani masalah di lapangan. Laga Indonesia vs Palestina merupakan laga timnas pertama yang ditangani Usaid. Sebelumnya, dia merupakan asisten wasit ke-4 untuk Piala AFC 2022 antara Singapura vs Vietnam.

Pertandingan internasional menjadi uji coba penjagaan bagi Usaid. Sebagai wasit baru di ranah internasional, dua laga Indonesia kontra Palestina dan Argentina menjadi debut yang penting untuk memperkenalkannya di mata internasional. Sebelumnya Usaid aktif sebagai wasit di liga domestik Malaysia. Sepanjang semester pertama 2023, Usaid memimpin enam pertandingan domestik dengan mengeluarkan total 17 kartu kuning dan 2 kartu merah.

Baca juga: Lokasi Nobar & Cara Nonton Streaming FIFA Matchday Indonesia vs Argentina

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Eksplorasi Gaya Fesyen dengan Motif Batik Betawi

BERIKUTNYA

7 Tip Ciptakan Dapur Estetik ala Kimbab Family

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: