Pemain tim nasional Indonesia (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

Cek Profil Timnas Indonesia yang Siap Menjamu Argentina dalam Laga FIFA Matchday

05 June 2023   |   19:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia (timnas) akan bertanding melawan timnas Argentina dalam FIFA Matchday yang akan berlangsung pada 19 Juni 2023. Pertemuan kedua tim ditunggu-tunggu oleh para pencinta sepak bola di dalam negeri, setidaknya dapat menjadi laga hiburan setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Timnas Argentina adalah tim paling kuat dalam sepak bola dunia pada saat ini. Tim tersebut merupakan juara Piala Dunia Qatar. Tidak hanya itu, sejumlah pemain bintang juga bertebaran di dalam tim itu.

Baca juga: Raih Emas SEA Games 2023, Simak 10 Drama & Kejadian Menarik Kemenangan Timnas Indonesia vs Thailand

Dengan melihat fakta yang ada, pertandingan yang akan berlangsung nanti bukan pertandingan yang mudah bagi Timnas Merah Putih. Namun, pasukan Garuda bisa meraih banyak pelajaran dan pengalaman ketika bertemu dengan Lionel Messi dan kawan-kawan.

Pada saat ini, FIFA mencantumkan tim nasional sepak bola putra Indonesia menempati peringkat 149 dengan 1046,14 poin. Garuda lebih baik dari tim nasional Lesotho atau Dominician Republic yang masing-masing memiliki poin 1046,02 dan 1038,13.

Tidak hanya itu, FIFA juga menunjukkan bahwa rata-rata peringkat Indonesia adalah 132 dengan peringkat tertinggi yang pernah diraih 76. Sementara itu, peringkat paling rendah adalah 191.

Saat ini, timnas Indonesia dilatih oleh Shin Tae-Yong, yakni seorang pria berkebangsaan Korea Selatan. Sebelum menjadi seorang pelatih, pria yang lahir pada 1970 silam ini merupakan mantan pemain sepak bola.

Tim yang pernah dibelanya adalah Queensland Roar dan Seongnam Ilhwa Chunma. Sementara itu, asisten pelatih timnas Indonesia adalah Nova Arianto yang juga mantan pemain sepak bola Indonesia.

Dikutip dari laman PSSI, para pemain akan memulai pemusatan latihan lebih awal, yakni 5 Juni 2023 di Surabaya, Jawa Timur. Sejumlah pemain terbaik yang bermain di dalam maupun luar negeri akan dipanggil untuk menjadi bagian ketika tim nasional Indonesia melawan tim naisonal Argentina, termasuk sejumlah pemain naturalisasi.

Dalam pertandingan itu, PSSI menuliskan semua pencinta bola akan tertuju kepada pertarugan antara pemain naturalisasi Indonesia, yakni Jordi Amat melawan Lionel Messi. Pertemuan keduanya disebut bukan yang pertama kalinya.

Jordi pernah berhadapan dengan Messi saat masih bermain di La Liga untuk Espanyol, Real Betis, dan Rayo Vallecano. Selain Jordi, pemain lain yang akan ikut serta dalam pertandingan melawan tim nasional Argentina adalah Edo Febriansyah, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Reza Arya Pratama.

Kemudian Yacob Sayuri, Yance Sayuri, Syahrul Trisna, Andy Setyo, Dimas Drajat, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Dendy Sulistyawan, Ernando Ari, Facruddin Aryanto, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Shayne Pattynama.

Baca juga: Pensiun, Zlatan Ibrahimovic Ucap Selamat Tinggal Sepak Bola

Lalu, ada juga pemain Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Elkan Baggott. Total terdapat 26 pemain yang telah dipanggil oleh Shin Tae-Yong.

Untuk diketahii, sejauh ini, tim nasional Argentina menjadi tim dengan peringkat tertinggi yang akan dihadapi oleh tim nasional Indonesia. Sebelum menghadapi Lionel Messi dan kawan-kawan, tim Garuda akan menghadapi Palestina pada 14 Juni 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penyebab Anak Susah Makan dan Sering GTM, Begini Kiat-kiat Mengatasinya

BERIKUTNYA

Rilis Besok, Cek Harga & Spesifikasi Game Diablo IV dari Blizzard Entertainment

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: