Yakob Sayuri, pemain timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/pssi)

5 Pemain Indonesia Dijagokan Bisa Menjebol Gawang Argentina, Ada Asnawi Mangkualam dan Yakob Sayuri

19 June 2023   |   17:37 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Laga sepak bola bersejarah antara Indonesia melawan Argentina siap berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) hari ini, Senin (19/6/2023). Pasukan Garuda akan menjamu tim Tango yang siap bertanding tanpa Lionel Messi dan Angel Di Maria.

Meski begitu, banyak pemain top Argentina yang harus diwaspadai oleh anak asuh Shin Tae-yong di laga persahabatan ini. Meski melawan sang peringkat tertinggi FIFA, Indonesia tetap punya potensi mengacak-acak pertahanan Argentina dan menjebol gawang skuad La Seleccion.

Baca juga: Melihat 5 Pertandingan Terakhir Argentina dan Indonesia Sebelum Bertemu di FIFA Matchday

Shin Tae-yong sudah merilis nama-nama 26 pemain timnas yang berlatih dan siap dipilih menjadi line up Indonesia vs Argentina.

Dari 26 nama tersebut, banyak bintang bertabur prestasi yang sudah berpengalaman mengoyak musuh di rumput hijau. Berikut pemain Garuda yang potensial memberi skor di laga Indonesia vs Argentina:
.
 

1. Asnawi Mangkualam

Nama Asnawi Mangkualam Bahar muncul sebagai daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini juga potensial menurunkan Asnawi Mangkualam sebagai bek sebelah kanan. Meski berposisi di belakang, Asnawi acap kali melesat ke lini depan dan mencetak gol. Pemain yang bermain untuk liga Korea ini pernah mencetak dua gol saat bermain untuk Ansan Greeners.

Secara pertahanan, pemain asal Makassar ini dikenal cukup baik dalam menjaga pertahanan dari penjebolan gawang lawan. Pemain yang kini bergabung dengan Jeonnam itu diklaim memiliki taktik yang cepat dan tepat. Stamina dan kemampuan bertahanannya kerap mendapat pujian dari Jeonnam. Itu juga menjadi alasan Jeonnam menarik Asnawi ke dalam klub tersebut.
 

2. Rafael Struick

Rafel Struick memang baru memulai debutnya di laga FIFA Matchday saat melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Rabu (14/6/2023). Penampilan pertamanya bersama Timnas Indonesia itu  mendapat perhatian besar dari penggila bola dunia. Media Vietnam hingga Argentina sempat terpukau dengan performa Rafael yang terkenal dengan cara bermain ‘mengacak-acak’ pertahanan lawan. Bahkan Media Argentina bernama Ole memperingatkan Argentina untuk memberi perhatian pada kecerdikan Rafael.

Pemain berusia 20 tahun ini sedang bermain untuk klub ADO Den Haag. Bersa kalub tersebut, Rafael sudah mencetak satu gol dan dua kali assist dalam sepuluh laga terakhir. Sementara penanmpilannya saat mengoyak gawang Slovakia di laga uji tak resmi U-20 membuatnya semakin diwaspadai di laga skala internasional.
 

3. Jordi Amat

Pesepakbola asal Spanyol ini menempati posisi bek di lapangan. Jordi Amat kerap dienal dengan caranya mencetak gol yang terbilang Indah. Misalnya, dalam laga Indonesia melawan Burundi di mana Jordi sukses mencetak gol krusial di menit akhir sebelum wasit meniupkan pluit. Gol perdana tersebut cukup terkenang bagi Jordi Amat. Pasalnya, Indonesia bisa saja kalah jika Jordi tidak melesatkan gol terakhir tersebut.

Beriringan dengan momen tersebut, Jordi yang baru pindah ke klub Malaysa, Johon Darul Tazim juga mencetak gol perdananya pada Minggu (28/5/2023). Gol tersbeut sukses dicetak sebelum dia terbang ke Indonesia untuk menjalani latihan ketat sebelum membela Indonesia untuk melawan Palestina dan Argentina.
 

4. Yakob Sayuri

Yakob Sayuri punya sejuta alasan untuk membuat peluang sempurna memecah skor untuk Indonesia. Bek PSM Makassar tersebut hampir mencetak gol di laga Indonesia vs Palestina. Sayangnya, Yakob belum bisa membawa Indonesia menang. Yakob dinilai memiliki performa cekatan dalam menjaga pertahanan dan menembus lini depan.

Buktinya, Yakob sukses mencetak satu gol di laga melawan Burundi tepat di menit keenam, setelah umpan Stefano Lilipaly menemuinya. Bersama PSM Makasar pun, Yakob pun mencetak debut manis melalui dua gol mahanya ke gawang Persib. Kabarnya, Shin Tae-yong masih tetap menurukannya sebagai andalan lini belakang Garuda.
 

5. Marc Klok

Marc Klok dipercaya akan menjadi andalan sektor tengah sang Garuda di laga Indonesia vs Argentina ni. Gelandang asal Belanda ini memang kerap membuat lawan tak berkutik sejak menit-menit awal. Sejak bergabung, Marc Klok sukses memberi warna berbeda bagi skuad Merah Putih. Dia sering dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk memimpin lini tengah.

Baca juga: Lokasi Nobar & Cara Nonton Streaming FIFA Matchday Indonesia vs Argentina

Pemain berusia 30 tahun ini sukses membuat aliran bola datang dan pergi di sisi permainannya dengan baik. Kaki emasnya juga terbilang bahaya bagi lawan. Lewat kakinya, Indonesia memecah skor melawan Thailand di laga Piala AFF pada Desember 2022 lalu. Marc Klok digadang akan menjadi lawan kuat bagi sang kunci tengah Argentina, Rodrigo de Paul.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Serunya Berkuda Seperti Koboi dan Memberi Makan Hewan Ternak di The Ranch Cisarua

BERIKUTNYA

Siap Comeback Juli 2023, NewJeans Bakal Kolaborasi dengan Powerpuff Girls

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: