Pemeran Kuasa Gelap (Sumber gambar: Instagram.com/robertronny)

5 Fakta Seru Kuasa Gelap, Film Eksorsis Lokal tentang Pengusiran Setan

13 June 2023   |   21:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Industri horor lokal terus bertabuh. Meski naik turun, sejumlah film lokal dengan genre horor mulai menemui titik terang. Minat penonton akan film horor lokal pun makin bertambah. Buktinya, empat dari 10 film terlaris sepanjang masa di Indonesia sukses mengacak genre romantis dan drama yang selama ini dominan.

Misalnya, KKN di Desa Penari dengan total 10 juta penonton sukses menggeser Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Satu di antara deretan film horor lain sukses menggelorakan film dengan genre mengerikan ini. Namun, film horor masih banyak didominasi oleh konsep hantu berbasis urban legend di tengah masyarakat.

Baca juga: Tantangan Mengemas Jagat Film Horor, Begini Cerita Awi Suryadi Garap Danur Universe

Genre sub-horor seperti eksorsis agaknya belum banyak di layar kaca lokal. Film Qodrat mungkin mewakili satu di antara genre eksorsis yang masih beum maksimal di Indonesia. Film berjudul Kuasa Gelap siap memberi warna baru dalam genre ini. Apa perbedaan yang ditawarkan oleh film Kuasa Gelap? Yuk simak fakta serunya!
 

Pemeran Kuasa Gelap (Sumber gambar: Instagram.com/robertronny)

Pemeran Kuasa Gelap (Sumber gambar: Instagram.com/robertronny)

 

1. Diperankan Aktor Top

Film produksi Ideosource Entertainment dan Paragon Pictures ini membawa deretan aktor dan aktris ternama dalam proyek film besar. Lukman Sardi, aktor legendaris yang terkenal dalam film Sang Pencerah akan menjadi pentolan utama dalam film Kuasa Gelap. Lukman akan memerankan karakter pastor yang hadir di sepanjang film ini.

Bukan hanya Lukman Sardi, Jerome Kurnia hingga Astrid Tiar juga akan mengisi film Kuasa Gelap. Menariknya, Kuasa Gelap merupakan film horor pertama yang akan dilakoni Astrid Tiar. Sebelumnya, model asal Jakarta ini banyak berperan dalam drama romantis seperti Critival Eleven yang rilis 2017, atau Ananta yang tayang pada 2018.
 

2. Terinspirasi Kisah Nyata

Kuasa Gelap mengangkat kisah yang terinspirasi dari kisah nyata kejadian eksorsis di Indonesia. Disutradara Bobby Prasetya, tema ini pertama kali muncul setelah produser Eksekutif Paragon Picture, Robert Ronny menilik kasus eksorsisme yang pernah ditangani oleh Gereja Katolik di Indonesia.

Robert tak menyangka jika eksorsisme berbasis agama Katolik juga ada dan terjadi di Indonesia. Kemudian idenya berangkat dari eksorsisme katolik di negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Menurtnya, angle ini memang terlihat berbeda tetapi sangat unik. Apalagi, film Indonesia belum banyak mengeksplorasi genre eksorsis.
 

3. Riset Mendalam

Ide membuat film Kuasa Gelap ini sudah ada sejak 2018. Namun untuk mencapai produksi, diperlukan riset yang panjang dan mendalam. Apalagi saat itu situasi pandemi menghalang sejumlah tahap produksi. Selain jajaran produser dan sutradara, Lukman Sardi sebagai pemeran utama Kuasa Gelap juga ikut melakukan riset demi pendalaman karakter.

Bahkan, Lukman sempat menemui beberapa pastor untuk memperdalam wawasan soal eksorsisme. Diskusi dengan pastor ini juga dilakukan untuk memberi gambaran tentang kehidupan pastor, supaya dapat memenuhi ekspektasi penonton.
 

4. Siap Produksi Akhir Tahun

Proses syuting Kuasa Gelap akan dimulai pada akhir 2023. Namun, belum dapat dipastikan kapan tanggal yang tepat untuk memulai proses produksinya. Jelasnya, Robert menyebut Kuasa Gelap akan tayang di 2024 mendatang. Sebetulnya, proses syuting direncanakan akan berlangsung sebelum pandemi.

Tepat setelah ide Kuasa Gelap muncul, naskahnya telah diramu untuk diagendakan syuting ada 2020. Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat proyek ini terpaksa tertunda. Kuasa Gelap direncanakan syuting pada 2022, tetapi beberapa hal menyebabkan penundaan kembali terjadi. Akhirnya Kuasa Gelap mantap untuk syuting di tahun ini.
 

5. Menambah Film Bertema Pengusiran Setan

Sebagai informasi, eksorsisme merupakan praktik pengusiran setan atau makhluk halus dengan energi jahat yang merasuki jiwa seseorang. Singkatnya, orang yang mengalami peristiwa eksorsis dipercaya sedang kerasukan setan. Eksorsisme sendiri berasal dari kata exorkizein dalam Bahasa Yunani yang artinya mendesak.

Istilah ini sudah ada sejak zaman dahulu dan dilakukan dalam ajaran Katolik. Seiring waktu, film horor mulai mengangkat kejadian ini sebagai sub-genre horor. Misalnya The Exorcism of Emily Rose yang sukses menggebrak layar lebar pada 2005. Kejayaan genre ini terus berlanjut di mancanegara.

Baca juga: Selain Serial Jurnal Risa, Yuk Tonton 5 Film Horor dari Danur Universe

Terbaru, The Pope’s Exorcist yang meluncur pada April 2023 lalu. Di Indonesia, film dengan sub-genre ini masih sangat minim. Kuasa Gelap diharapkan akan membawa sub-genre ini semakin menggeliat di industri film lokal.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bukan Cuma Juilliard School, Yuk Cek 6 Kampus Musik Terbaik di Dunia Ini

BERIKUTNYA

Mom, Menunda Pemberian Vaksin pada Anak Bisa Berbahaya Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: