Tim dan pemain film Kuasa Gelap. (Sumber gambar: Paragon Pictures)

Film Kuasa Gelap Siap Tayang di 33 Negara lewat Jalur Distribusi Pre-Sale

21 August 2024   |   18:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film horor lokal tidak hanya digandrungi oleh penonton di dalam negeri, tetapi juga mendapatkan tempat di kancah internasional. Film horor Kuasa Gelap besutan rumah produksi Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment dibeli dengan sistem distribusi pre-sale di 33 negara di seluruh dunia. 

Produser Paragon Pictures Andi Boediman mengungkapkan meski baru akan tayang di Indonesia pada 3 Oktober 2024, film Kuasa Gelap telah dibeli hak distribusinya dengan sistem pre-sale di 33 negara di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Kuasa Gelap nantinya akan tayang di bioskop di seluruh negara tersebut.

Baca juga: Digarap 6 Tahun, Intip Cerita Proses Produksi Film Horor Kuasa Gelap

"Jadi theatrical release, film kami akan tayang di bioskop di negara-negara itu. Yang sudah dikonfirmasi ada 33 negara, seperti negara-negara Amerika Latin, Eropa Timur, dan Rusia," katanya saat ditemui Hypeabis.id di XXI Epicentrum Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Pre-sale atau pre-buy adalah salah satu sistem kerja sama distribusi film yang dikenal di dunia perfilman. Mengutip dari Forbes, pre-sale adalah perjanjian distribusi terbatas untuk negara tertentu yang dibuat sebelum sebuah film rampung diproduksi, atau bahkan sering kali sebelum dimulainya penggarapan film.

Sebagian besar sistem pre-sale melibatkan distributor asing yang bersedia untuk membayar sejumlah uang yang disebut sebagai uang muka atau jaminan minimum, sebagai imbalan atas hak-hak tertentu dalam film tersebut di suatu negara untuk jangka waktu terbatas. 

Selain uang muka, distributor juga biasanya memberikan sebagian keuntungan dalam bentuk royalti ketika pendapatan film tersebut tembus melebihi box office di negara mereka.
 

Capaian yang diraih film Kuasa Gelap tidak terlepas dari suksesnya film produksi Paragon Pictures sebelumnya, Kalian Pantas Mati, yang menjadi box office di Rusia pada tahun 2024. Padahal, film dengan judul bahasa Inggris Tainted Soul itu dirilis di Indonesia pada 2022. 

Berdasarkan data Box Office Mojo, Tainted Soul menjadi film box office ketiga di Rusia per Januari 2024. Film itu tercatat meraup pendapatan hingga US$1 juta di Rusia. Posisinya berada di belakang film Rusia The Master and Margarita yang menduduki posisi pertama dengan US$27 juta dan film Air yang disutradarai Ben Affleck dengan US$5,4 juta yang menempati posisi kedua.

Sistem pre-sale menjadi salah satu pilihan agar sebuah film bisa ditayangkan di bioskop internasional. Andi mengatakan berbeda dengan Hollywood, Indonesia tidak memiliki infrastruktur distribusi film secara sistematis di jaringan bioskop internasional. Lantaran tidak memiliki infrastruktur tersebut, produser perlu mencari distributor internasional dari berbagai negara.

Hal itu biasanya terjadi di acara-acara film market yang digelar di sejumlah negara. "Kami sebagai produser jualan di film market. Nanti setiap negara itu ada distributor lokalnya, dan mereka biasanya cari film-film dari negara lain. Nah biasanya mereka mau beli hak distribusi film untuk negaranya," ucapnya.
 

Sementara itu, mengangkat tema eksorsisme atau ritual pengusiran setan dengan latar belakang agama Katolik, film Kuasa Gelap mengisahkan perjalanan seorang pastor yang meragukan imannya. Dia mendapati dirinya harus terlibat dalam pengusiran setan yang menguasai seorang remaja.

Kisah film ini berawal ketika Kayla (diperankan oleh Lea Ciarachel) mengalami kerasukan, dan Romo Rendra (Lukman Sardi) dan Romo Thomas (Jerome Kurnia) ditugaskan untuk melakukan ritual eksorsisme seperti biasanya. Tetapi, ternyata kasus yang dialami Kayla lebih serius daripada yang terlihat. 

Maya (Astrid Tiar), Ibu Kayla yang mempunyai masa lalu gelap diduga mempunyai andil dalam peliknya kasus kerasukan yang dialami sang anak. Kasus kerasukan ini pun makin serius saat iblis di dalam tubuh Kayla bukan saja mengancam nyawa Kayla, tapi juga nyawa Maya dan teman-temannya.

Film Kuasa Gelap dibintangi oleh Lukman Sardi, Jerome Kurnia, Astrid Tiar, Lea Ciarachel, Freya JKT48, dan Delia Husein. Disutradarai oleh Bobby Prasetyo, film ini diproduseri oleh Robert Ronny, Andi Boediman sebagai produser eksekutif, dan Arvin Sutedja serta Pandu Birantoro sebagai co-producer.

Adapun, film Kuasa Gelap dijadwalkan tayang di bioskop pada 3 Oktober 2024.

Baca juga: Cerita Jerome Kurnia & Lukman Sardi Jadi Pastor di Film Horor Kuasa Gelap

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kasus Mpox di Indonesia Melonjak, Kenali Cara Penularan dan Gejalanya

BERIKUTNYA

Musisi Ne-Yo Gelar Tur Keliling Asia, Indonesia Kebagian Akhir Oktober 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: