Cuplikan serial Jurnal Risa (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

Selain Serial Jurnal Risa, Yuk Tonton 5 Film Horor dari Danur Universe

01 June 2023   |   11:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, penulis sekaligus kreator konten Risa Saraswati mempersembahkan serial horor perdananya bertajuk Jurnal Risa. Serial horor petualangan ini akan melengkapi kisah dalam Danur Universe dengan menghadirkan cerita masa kecil Risa dan para sepupunya.

Berlatar pada tahun 1990-an, Jurnal Risa diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati yang berjudul Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah. Sebelum Risa aktif dengan kanal YouTube Jurnal Risa yang telah berhasil meraup lebih dari 6 juta subscribers hingga saat ini, kisah horor Risa Saraswati berawal dari grup band Sarasvati dengan aliran musik horor.

Setelah ramai menjadi perbincangan di Twitter dengan hashtag #Ghostwit dan penulisan buku yang mengangkat kisah nyata, Risa Saraswati mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan MD Entertainment untuk mengangkat kisah populer tersebut menjadi suatu film berjudul Danur: I Can See Ghosts (2017).

Kesuksesan film tersebut menjadi awal dari pengembangan Danur Universe, sebutan untuk jagat film horor yang mengangkat kisah-kisah tim Jurnal Risa. Sama seperti film Danur: I Can See Ghosts, serial Jurnal Risa yang kini tayang di Disney+ Hotstar juga disutradarai oleh Awi Suryadi. 

Sebelum menonton serial Jurnal Risa, yuk tonton beberapa judul film dengan kisah misteri yang seru yang tergabung dalam Danur Universe berikut ini.
 

1. Danur: I Can See Ghosts

 

g

Sumber gambar: Disney+ Hotstar


Sebagai rangkaian film pertama Danur Universe, Danur: I Can See Ghosts memperkenalkan Risa Saraswati dan teman-teman hantunya yaitu Peter, Janshen, serta William. Risa yang senang berteman dengan ketiganya, tidak menyadari bahwa ketiga hantu tersebut akan membahayakan dirinya.

Ibu Risa, Elly, berusaha menyelamatkan putrinya dari teman-teman hantu tersebut. Diadaptasi dari novel Gerbang Dialog Danur, film ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Kinaryosih, Gama Haritz, Emiliano Cortizo, Kevin Bzezovski Taroreh, Sandrinna Michelle, dan Shareefa Daanish.
 

2. Danur 2: Maddah

 

Sumber gambar: Disney+ Hotstar

Sumber gambar: Disney+ Hotstar


Melanjutkan kisah Risa bersama Peter, Janshen, dan William, Danur 2: Maddah mengisahkan Risa dan Riri saat menginap di rumah pamannya yaitu Ahmad, yang tinggal bersama istrinya, Tina, dan anak mereka, Angki. Sayangnya, Risa diganggu oleh hantu wanita di rumah tersebut, yang ternyata memiliki ikatan misterius dengan Ahmad.

Meski Peter dan teman-temannya melarang Risa agar jangan berurusan dengan roh jahat tersebut, Risa bersikeras untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi. Diadaptasi dari novel Maddah, film ini kembali dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Sandrinna Michelle, yang kali ini bersama Bucek Depp, Sophia Latjuba, dan Shawn Adrian.
 

3. Danur 3: Sunyaruri

 

Sumber gambar: Disney+ Hotstar

Sumber gambar: Disney+ Hotstar


Risa yang telah beranjak dewasa kini menjalin hubungan dengan pria bernama Dimas. Namun, Risa tak berani menceritakan persahabatannya dengan teman-teman hantunya kepada Dimas, sehingga Risa memutuskan untuk menutup mata batinnya dan menjalani hidup normal.

Meski begitu, Risa tetap bisa merasakan ada hantu jahat yang mengincarnya. Apakah Risa bisa terus menjalani hidup normalnya? Masih dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Sandrinna Michelle, Danur 3: Sunyaruri juga turut menampilkan Rizky Nazar, Umay Shahab, Chicco Kurniawan, Syifa Hadju, dan Dea Panendra.
 

4. Asih 1

 

Sumber gambar: Disney+ Hotstar

Sumber gambar: Disney+ Hotstar


Kisah film ini berawal dari seorang wanita bernama Ita yang sedang menantikan kelahiran bayinya, dan telah mendapat peringatan dari bidannya untuk terus waspada terhadap bayinya karena takut diganggu oleh kuntilanak. Ketakutan menjadi kenyataan saat bayinya lahir dan ada hantu bernama Asih yang telah mengikutinya bahkan dari sebelum lahir.

Terdapat benang merah penting untuk karakter Riri (adiknya Risa) dalam cerita Asih dan Danur, yang hanya bisa diketahui dengan menonton film-filmnya. Film Asih 1 dibintangi oleh Citra Kirana, Darius Sinathrya, Shareefa Daanish, dan Djenar Maesa Ayu.

5. Asih 2
 

Sumber gambar: Disney+ Hotstar

Sumber gambar: Disney+ Hotstar


Film Asih 2 bermula dari kisah seorang anak kecil yang tertabrak mobil dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Sylvia, dokter yang merawat anak tersebut, merasa tersentuh hatinya, dan memutuskan mengangkat anak itu menjadi anaknya dengan nama pemberiannya yaitu Ana.

Tanpa Sylvia sadari bahwa dia tak hanya membawa Ana pulang ke rumahnya, tapi juga hantu Asih yang telah mengasuh Ana selama 6 tahun. Asih 2 dibintangi oleh Marsha Timothy, Anantya Kirana, Shareefa Daanish, dan Ully Triani.

Baca juga: Cek 5 Fakta Menarik Film Horor Evil Dead Rise, Sudah Tayang di Bioskop Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ini Sejarah & Cara Merayakan Hari Lahir Pancasila yang Diperingati Setiap 1 Juni

BERIKUTNYA

Duh, Riset Sebut Cuma 12 Persen Masyarakat RI yang Punya Akses Air Bersih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: