Jerome Kurnia di film Kuasa Gelap. (Sumber gambar: Paragon Pictures)

Angkat Ritual Eksorsisme dari Kisah Nyata, Film Kuasa Gelap Tayang 3 Oktober 2024

06 August 2024   |   20:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah rumah produksi terus berlomba-lomba memproduksi film horor dengan ragam cerita. Terbaru, ada film horor Kuasa Gelap garapan Ideosource Entertainment dan Paragon Pictures. Disutradarai oleh Bobby Prasetyo, kisah film Kuasa Gelap mengangkat tema eksorsisme atau ritual pengusiran setan dengan latar belakang agama Katolik.

Paragon Pictures baru saja merilis teaser trailer dan poster film Kuasa Gelap, yang menampilkan kengerian eksorsisme yang dilakukan pada seorang remaja lantaran kerasukan iblis. Pengusiran setan itu dilakukan oleh Romo Rendra (diperankan oleh Lukman Sardi) dan Romo Thomas (Jerome Kurnia).

Baca juga: 5 Fakta Seru Kuasa Gelap, Film Eksorsis Lokal tentang Pengusiran Setan

Teaser berdurasi kurang dari satu menit itu dibuka dengan cuplikan ritual keagamaan yang sedang berlangsung di sebuah gereja. Lalu klip berlanjut dengan menampilkan cuplikan Romo Rendra dan Romo Thomas yang tengah mempersiapkan peralatan dan kitab suci untuk melakukan eksorsisme.

Video itu juga menampilkan Kayla (Lea Ciarachel) yang mengalami kerasukan setelah dihantui oleh penampakan seorang biarawati di kamarnya. Suasana mencekam ketika teaser menampilkan cuplikan adegan pengusiran setan yang dilakukan oleh Romo Rendra dan Romo Thomas kepada Kayla.

Kayla berteriak hingga badannya terlempar dan berubah menjadi sosok yang mengerikan lantaran kerasukan iblis dalam tubuhnya. Suasana semakin mengerikan berkat musik skoring keras sekaligus mencekam.

"90 persen kasus kerasukan yang dilaporkan ke Gereja Katolik adalah masalah kesehatan mental. Hanya 10 persen yang benar-benar membutuhkan ritual eksorsisme. Di film ini, kita akan menyaksikan ritual eksorsisme berdasarkan kasus nyata," demikian tulis Paragon Pictures dalam keterangan teaser film Kuasa Gelap.
 


Selain teaser, Paragon Pictures juga merilis poster resmi film Kuasa Gelap. Poster itu menampilkan aktris Lea Ciarachel dengan raut wajah mengerikan dengan rambut yang berantakan. Di depan wajahnya, ada seseorang yang tengah memegang kalung salib, sebagai simbol keyakinan umat Katolik.

"Film ini bukan hanya tentang kengerian, tetapi juga menggali sisi manusiawi dari kasus nyata eksorsisme. Kami berharap penonton dapat merasakan kedalaman emosional dan realisme dalam film ini," kata Produser Eksekutif Ideosource Entertainment, Andi Boediman, dalam keterangan persnya.

Mengangkat tema eksorsisme atau ritual pengusiran setan dengan latar belakang agama Katolik, film Kuasa Gelap mengisahkan perjalanan seorang pastor yang meragukan imannya. Dia mendapati dirinya harus terlibat dalam pengusiran setan yang menguasai seorang remaja.

Kisah film ini berawal ketika Kayla (Lea Ciarachel) mengalami kerasukan, dan Romo Rendra dan Romo Thomas ditugaskan untuk melakukan ritual eksorsisme seperti biasanya. Tetapi, ternyata kasus yang dialami Kayla lebih serius daripada yang terlihat.

Maya (Astrid Tiar), Ibu Kayla yang mempunyai masa lalu gelap diduga mempunyai andil dalam peliknya kasus kerasukan yang dialami sang anak. Kasus kerasukan ini pun makin serius saat iblis di dalam tubuh Kayla bukan saja mengancam nyawa Kayla, tapi juga nyawa Maya dan teman-temannya.
 


Arvin Sutedja selaku produser mengatakan kisah film Kuasa Gelap terinspirasi dari kisah nyata pengusiran setan di Indonesia. Dalam proses penggarapannya, kata Arvin, pihaknya meneliti kasus eksorsisme di Indonesia secara intensif.

Tim juga berkonsultasi dengan para Romo yang memiliki pengalaman langsung di lapangan, serta melibatkan pihak gereja dalam tahap produksi film, mulai dari riset, pengembangan naskah, persiapan syuting, hingga proses pengambilan gambar. Termasuk, mengikuti workshop eksorsisme dengan Romo Katolik yang diakui sebagai Exorcist oleh Vatican.

“Kami melakukan riset dengan menghadiri seminar eksorsisme di Pontianak dan mempelajari ritual eksorsisme di Solo. Kami memastikan integritas ritual ini dan melakukan audiensi dengan Institusi Gereja Katolik," katanya.
 

Hal itu diamini oleh Bobby Prasetyo selaku sutradara. Menurutnya, penggarapan film Kuasa Gelap telah melalui riset mendalam, sampai-sampai menjadi proses persiapan paling ekstensif dari semua film yang pernah dikerjakannya. Para pemain dan kru dari seluruh departemen, lanjutnya, menunjukkan totalitasnya selama masa persiapan.

"Kami menciptakan atmosfer yang mencekam dan autentik, melalui pengalaman nyata eksorsisme di Indonesia. Saya yakin film ini akan memberikan pengalaman horor yang baru dan mendebarkan bagi penonton," katanya.

Film Kuasa Gelap dibintangi oleh Lukman Sardi, Jerome Kurnia, Astrid Tiar, Lea Ciarachel, Freya JKT48, dan Delia Husein. Kuasa Gelap akan tayang pada 3 Oktober 2024 di seluruh bioskop Indonesia.

Baca juga: Film Kuasa Gelap Terinspirasi Kisah Nyata Pengusiran Setan di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

House of the Dragon Tamat di Season 4, HBO Siapkan Serial Baru dari Game of Thrones

BERIKUTNYA

Jangan Lewatkan Sarapan, Ini Manfaat Sarapan Sehat untuk Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: