Awi Suryadi (Sumber gambar: Instagram.com/awisuryadi)

Tantangan Mengemas Jagat Film Horor, Begini Cerita Awi Suryadi Garap Danur Universe

03 April 2023   |   18:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara selalu memiliki tantangan tersendiri dalam mengemas film. Bahkan film yang diadaptasi dari wahana lainnya, sebut saja novel atau komik, tak melulu membuat penggarapan cerita menjadi lebih mudah. Utamanya dalam film horor yang memiliki pengembangan cerita kompleks dan tak boleh salah langkah.

Ada banyak konsep yang harus dipertimbangkan di dalamnya, begitu kata seorang sutradara film horor, Awi Suryadi. Nama Awi Suryadi terkenal sebagai peramu di balik film-film Danur, film yang jalan ceritanya diangkat dari novel-novel laris karya Risa Saraswati.

Baca juga: Iblis Dalam Darah Jadi Film Horor Religi Pembuka Ramadan 2023

Sebagaimana diketahui, Risa Saraswati telah banyak menelurkan novel bergenre horor yang diambil dari kisah pribadinya. Kesuksesan alihwahana novel menjadi film berpindah menjadi tantangan baru di tangan sutradara.

Apalagi, Danur yang kini telah memiliki tiga seri film utama, belum termasuk seri spin-off pun semakin laris manis. Saking populernya, Awi Suryadi bersama rumah produksi MD Pictures memutuskan untuk membuat Danur memiliki jagatnya sendiri yang disebut sebagai Danur Universe.

“Tadinya kita enggak ada omongan buat kembangin Danur Universe. Fokus aja sama satu film perdana kita. Konsep Danur Universe ini baru muncul setelah terjadinya Danur yang pertama itu. Saya sebagai sutrdara bilang, coba kita bikin Danur Universe supaya kita bisa bikin banyak spin-off, seperti Ivanna, Asih, dan lainnya yang sekarang sudah ada ya,” jelas Awi kepada Hypeabis.id pada 23 Maret 2023.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DANUR Universe (@danurmovie)


Bukan mudah membuat film horor yang berseri. Tengok saja film-film dari jagat sinema lain dengan banyaknya spin-off dan jalan cerita panjang. Diperlukan konsistensi, pencarian ide, dan ekseskusi yang hati-hati serta matang untuk membuat satu filmnya. Awi tak menampik jika ada tantangan besar untuk membuat fim horor dengan seri yang banyak.

Menurutnya, salah satu tantangan terbesar adalah membentuk karakter hantu dalam film yang harus terlihat unik dan berbeda. Selain itu, film horor memerlukan latar belakang cerita yang dramatis, sehingga alur ceirta dari satu film ke sekuel lanjutnya harus snagat diperhatikan.

“Kita harus bikin penonton peduli dengan film kita. Horor bukan berarti sekedar ngangetin, nakutin, jumpscare, dan lainnya. Tetapi juga perlu bikin cerita yang bikin penonton bisa menyelam ke karakternya,” tegas Awi.

Tantangan lainnya adalah ide yang tak boleh mengenal kata habis. Awi menyebut, sejauh ini Danur Universe belum kehabisan baan cerita. Inspirasinya selalu ada dari cerita yang dibuat Risa. Namun, sebagai film yang mengambil cerita dari karya Risa Saraswati, Awi harus menilik lebih dalam bagaimana film tampil beda dan unik dari novelnya.

“Risa pasti paham bahwa karya novelnya belum tentu sepenuhnya bisa translate ke film. Jadi kita ambil sebagai inspirasi saja. Misal di novel Risa, tidak semua hantunya jahat, sedangkan dalam karya film, kita perlu hantu yang jahat sebagai tontonan horor,” jelasnya.

Saat ini, Danur Universe tengah getol menggarap seri baru lainnya. Awi membocorkan, film Danur ke-4 sudah masuk perencanaan bersama dengan seri spin-off dari Danur Universe bertajuk Cantik. Meski demikian, sejauh mana proses dan tanggal perilisannya belum bisa diinformasikan kepada khalayak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

20 Ucapan Jumat Agung yang Penuh Doa, Cocok Dijadikan Status Media Sosial

BERIKUTNYA

5 Makanan Super Agar Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: