Ilustrasi musisi bermain gitar (sumber gambar Unsplash/Jasper Garratt)

Bukan Cuma Juilliard School, Yuk Cek 6 Kampus Musik Terbaik di Dunia Ini

13 June 2023   |   21:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sekolah The Juilliard School di New York baru-baru ini menjadi perbincangan hangat netizen Indonesia. Pasalnya, salah satu kampus seni terbaik di dunia itu dipilih Putri Ariani, penyanyi Indonesia yang meraih Golden Buzzer di ajang America's Got Talent, sebagai kampus impian untuk melanjutkan pendidikan tingginya di bidang musik.

The Juilliard School memang bukan sembarang kampus. Institusi pendidikan ini setidaknya telah melahirkan ratusan talenta berbakat yang berhasil meraih penghargaan internasional. Berdiri sejak 1905, universitas di Amerika Serikat ini juga dikenal sebagai kampus elit dan bergengsi di dunia.

Baca juga: Eksklusif Fryda Lucyana: Kiat Penyanyi Lawas Menggebrak Industri Musik

Namun dalam dunia akademisi ternyata tak hanya Juilliard School saja loh Genhype yang populer sebagai kampus musik terbaik. Nah, biar enggak penasaran berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber beberapa di antaranya dalam ulasan berikut.

1. Berklee College of Music
 

Dikenal sebagai salah satu kampus musik terbaik, Berklee College of Music hanya berfokus untuk menghasilkan artis yang naik ke puncak tangga lagu dan memiliki percakapan budaya pop. Jebolan kampus ini pun banyak yang sukses baik sebagai komposer klasik, modern dan terkenal di dunia.

Berdiri sejak 1945, kampus ini terletak di Boston, Amerika Serikat dan menjadi tujuan para siswa penikmat musik di seluruh dunia. Adapun alumni dari universitas Berklee College of Music seperti Melissa Etheridge, Quincy Jones, dan tentu saja musisi fenomenal John Mayer.

2. Yalle School of Music
 

Berlokasi di New Haven, Connecticut kampus ini juga bukanlah institusi pendidikan kaleng-kaleng. Yalle School of Music sendiri merupakan salah satu kampus musik tertua yang berdiri sejak 1894  dan telah menghasilkan ribuan alumni yang ikut meramaikan blantika musik dunia.

Kendati berada di sebuah kota kecil, reputasi sekolah musik ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kalian pun bisa memilihnya sebagai salah satu tujuan bila ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang musik. Adapun beberapa alumninya yang terkenal adalah Marco Beltrami, Michael Daugherty, dan Matt Brubeck.

3. New England Conservatory of Music
 


Berada di satu kota yang sama dengan Berklee College, kampus New England Conservatory of Music juga dikenal sebagai kampus seni terbaik di dunia. Bila pada universitas Berklee lebih memfokuskan pada upaya untuk mencetak penyanyi terkenal, kampus ini justru mencetak pemain musik yang bernas.

Adapun beberapa alumni kampus ini juga telah menjadi beberapa yang terbaik di dunia baik pada instrumen senar, tiupan kayu, dan kuningan. Beberapa di antaranya termasuk Vic Firth yang dikenal sebagai musisi sekaligus pembuat jenama stick drum. Kemudian ada juga penyanyi  Neal E. Boyd dan Aoife O'Donovan pemenang Grammy pada 2020.

4. University of Southern California Thornton School of Music
 



Sekolah Musik Thornton adalah salah satu institusi musik tertua di Amerika dan berhasil mengeluarkan bakat-bakat langka di industri musik. kampus ini dikenal memiliki fokus pada musik jazz dan klasik meski akhirnya juga membuka untuk kontemporer.

Berdiri sejak 1884, Thornton School of Music berlokasi di Los Angeles dan menjadi salah satu kampus legendaris di sana. Pasalnya jebolan universitas ini adalah musisi-musisi legendaris dunia seperti Herb Alpert, James Newton Howard dan James Horner.

5. Curtis Institute of Music
 

Meskipun tidak secara khusus dikenal sebagai salah satu kota musik terbaik di Amerika, tapi Philadelphia memiliki kampus seni yang patut diperhitungkan. Salah satunya adalah Curtis Institute of Music yang saat ini sudah berusia hampir satu abad sejak didirikan pada 1924.

Adapun kampus ini dikenal sebagai sekolah musik yang fokus terhadap musik-musik opera sehingga sangat cocok menjadi tujuan Genhype jika ingin belajar musik klasik. Beberapa alumni kampus ini adalah musisi Leonard Bernstein, David Brooks dan Lang Lang.

6. Royal Academy of Music
 

Jika kamu ingin bepergian ke luar negeri sekaligus mengambil studi musik, Royal Academy of Music adalah jawaban yang kamu butuhkan. Pasalnya sekolah ini juga menerima siswa dari banyak negara untuk belajar musik meski seleksi untuk masuk ke universitas ini sangatlah ketat.

Baca juga: Bukan Kaleng-kaleng, Ini Profil Juilliard School, Kampus Seni Elit di Amerika Pilihan Putri Ariani

Keunikan dari kampus ini  adalah juga terhubung dengan University of London yang tentunya dapat memperluas pergaulan kalian. Jebolan dari kampus seni ini juga bukanlah sembarangan. Beberapa di antaranya adalah penyanyi Elton John, dan  Annie Lennox yang namanya sudah tak asing lagi di blantika musik dunia.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Serunya Masak Ayam Woku Bareng Chef Samuel Tumbelaka di Acara Cooking Class Hypeabis.id X BATIQA Hotel

BERIKUTNYA

5 Fakta Seru Kuasa Gelap, Film Eksorsis Lokal tentang Pengusiran Setan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: