Teaser debut BTS pada 2013 dan foto terbaru BTS 2023. (Sumber foto: BigHit Entertainment/HYBE)

Satu Dekade BTS: Debut Dengan Agensi Kecil Hingga Pecahkan Rekor K-Pop Dunia

13 June 2023   |   15:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

BTS menjadi boy group yang paling berpengaruh di dunia saat ini. Mereka bahkan disebut sebagai aset nasional Korea Selatan karena memberi dampak besar bagi perekonomian negara dengan eksistensinya di kancah global. Semua ini tidak lepas dari kerja keras para member, perusahaan, dan tentunya ARMY, penggemar mereka yang sangat loyal.

Debut pada 13 Juni 2023, BTS menginjak usia 10 tahun hari ini. Memulai karier dengan agensi kecil bernama BigHit yang didirikan produser Bang Shi-Hyuk, siapa sangka, mereka mampu membuat perusahaannya masuk ke dalam tiga besar bahkan memuncaki industri K-Pop.

Baca juga: Intip 5 Kemeriahan Ultah BTS di Korea, Merchandise Serba Ungu Hingga Kesempatan Bertemu Langsung dengan RM

Bukan sekadar menjadi grup idola, BTS banyak menginspirasi para remaja untuk terus berkarya dan tidak menyerah pada kehidupan. Sedikit cinta-cintaan, mayoritas isi lagu yang dibawakan grup ini tentang mencintai diri sendiri, kerja keras, kegembiraan, dan semangat dalam menghadapi hidup. Alhasil, banyak orang yang menyukai lagu BTS dan kerap kali lagu mereka memuncaki tangga musik lokal hingga dunia.  

BTS juga memboyong banyak pencapaian dan penghargaan musik di Korea dan global. Seperti apa kiprah mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini.


2013 

 

Pada 2013, BTS kependekan dari Bulletproof Boys memulai debutnya melaui album single pertama mereka, 2 Cool 4 Skool. Album hip-hop berdurasi 27 menit ini menyoroti tekad para anggota bahwa musisi harus membuat suara mereka didengar melalui musik yang dibuat.

Setiap anggota memamerkan kehebatan musik mereka dengan mengambil bagian dalam menciptakan lirik dan musik untuk setiap lagu di album tersebut. Di lagu utama debut No More Dream, BTS sejak awal berbicara tentang perlunya melepaskan diri dari batasan masyarakat untuk mencapai impian sendiri dan bukan impian orang lain.

Pada tahun yang sama mereka juga menulis O!RUL8,2?, sebagai kelanjutan dari album single 2 Cool 4 Skool. Awal tahun memang tidak mudah untuk boy group pendatang baru. Namun, BTS dengan album debutnya berhasil meraih penghargaan Rookie of The Year dari MelOn Music Awards.


2014

 

BTS pada tahun tersebut secara resmi memulai aktivitasnya di luar negeri. Mereka tampil di festival KCON 2014 di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada September tahun itu, BTS masuk ke pasar Jepang dengan merilis No More Dream dalam bahasa Jepang. Lagu itu menempati posisi 3 di Oricon single chart.

Grup ini pun mulai membangun basis penggemar mereka melalui melalui media sosial dan menggelar fanmeeting resmi mereka bertajuk Muster. Tentunya, BTS Festa yang akhirnya digelar setiap tahun untuk merayakan hari debut mereka.

Melalui album 2 Cool 4 Skool dan O!RUL8,2?, BTS turut memenangkan sejumlah penghargaan dari Golden Disk Awards, Gaon Chart Music Awards, Golden Disk Awards, MTV Europe Music Awards, Seoul Music Awards, dan Soompi Awards.


2015

 

Peruntungan BTS berubah pada 2015 dengan dimulainya album trilogi Hwa Yang Yeon Hwa (The Most Beautiful Moment in Life) atau yang juga dikenal sebagai era Youth. Mengambil pesan cinta diri ke tingkat yang lebih dalam, RM dan kawan-kawan memproduksi musik mereka sendiri kala itu.

Seri album memulai kesuksesan global grup, dengan The Most Beautiful Moment in Life, Part 2 mencapai No. 171 di tangga album Billboard. Pada tahun ini, BTS memenangkan total 9 penghargaan di Korea dan Jepang.


2016

 

Setelah menutup trilogi Youth dengan The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever, karier BTS benar-benar melejit, dengan LP keduanya, Wings yang menyapu tangga musik lokal dan internasional. Wings memasuki tangga lagu resmi Inggris sebagai album K-pop pertama yang berhasil melakukannya. Album ini juga dinobatkan sebagai salah satu dari 25 Album K-pop Terbaik tahun 2010an oleh Billboard.


2017

 

BTS memenangkan trofi pertamanya di Billboard Music Awards pada 2017, mengalahkan sang petahana enam kali Justin Bieber dalam kategori top social artist award. Sejak saat itu, BTS memenangkan kategori serupa dalam lima tahun berikutnya. 

Pada tahun ini, BTS juga menjadi artis Korea pertama yang menang di BBMA. Mereka mengambil panggung utama di American Music Awards sebagai artis Korea pertama yang tampil di sana.

RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook terus membuat terobosan dengan musiknya. Seri album lainnya, Love Yourself dimulai. Membuka serial ini, Love Yourself: Her debut di No. 7 Billboard 200, menjadi pencapaian tertinggi album dari penyanyi Asia. Sementara itu, DNA menempati No. 85 di Hot 100 single chart, menjadi album K-pop pertama yang memasuki kedua chart sekaligus.

BTS juga terus menulis sejarah baru di negerinya sendiri. Love Yourself: Her mencatat 1.051.546 pre-order selama periode 25-31 Agustus, menjadikan BTS grup K-pop pertama yang mencapai dan melewati satu juta pre-order dengan satu album. Rekor ini sebelumnya dipecahkan oleh grup asuhan JYP Entertainment, g.o.d., dengan album mereka Chapter 4 yang dirilis pada 2001.

Mengutip Korea Herald, pada 2017, BTS juga bermitra dengan UNICEF untuk menyebarkan pesan untuk mencintai diri sendiri. Bergandengan tangan dengan organisasi nirlaba ini, BTS memulai kampanye #ENDviolence dan #Lovemyself yang berlanjut hingga 2021.
1
2


SEBELUMNYA

Begini Cara Bikin Konten Populer Ala Eliz dan Maria Rahajeng

BERIKUTNYA

Cara Membuat My Top 5: BTS Songs di Spotify

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: