Rahajeng Sisters (Sumber Foto:Instagram/@mariarahajeng)

Begini Cara Bikin Konten Populer Ala Eliz dan Maria Rahajeng

13 June 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pada era digital seperti sekarang, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan, bahkan ketika kita hanya duduk manis sambil berselancar di media sosial. Saat ini pun banyak orang yang mulai melakukan monetisasi pada akun media sosial dengan memproduksi konten-konten kreatif.

Salah satunya akun kreator konten populer Indonesia, Rahajeng Sisters yang dimiliki oleh si kembar Maria dan Eliz Rahajeng. Keduanya telah lama aktif sebagai influencer untuk konten fesyen, beauty, dan travel. Dalam perjalanannya, tak jarang mereka menghadapi berbagai tantangan, khususnya saat momen pandemi Covid-19.

"Saat pandemi, kita sebagai kreator mencoba berpikir out of the box dan banyak bereksperimen," kata Eliz.


Lantaran adanya keterbatasan untuk membuat konten travel saat pandemi, tak mungkin Eliz dan Maria hanya fokus pada tema fesyen dan beauty saja. Keduanya banyak mengeksplorasi tema konten baru, seperti komedi dengan mengajak seluruh anggota keluarganya termasuk mama dan papa mereka. 

Eliz dan Maria juga pernah juga mencoba konten dance, padahal mereka sendiri bukan penari profesional. Tapi, lama kelamaan usaha tersebut membuahkan hasil dan banyak yang suka dengan versi baru dari diri mereka.

"Kamu sebagai kreator punya kontrol dan power untuk membuat kontenmu sendiri, misalnya mau bikin konten seperti apa dan apa yang disukai followers-mu," kata Eliz.

Baca juga: Yuk Pahami Cara Kerja Algoritma Instagram Biar Monetisasi Akun Jadi Pol

Wanita kelahiran 1991 tersebut juga selalu berpesan untuk menjadi diri sendiri dan coba temukan versi dirimu yang lebih otentik dari kebanyakan orang. Ini kemudian akan membuat orang-orang tertarik dengan kontenmu, sehingga bisa menarik audiens baru yang bisa menambah views dan followers.

Dalam mengoptimalkan monetisasi media sosial, Rahajeng Sisters juga mengungkapkan pemikiran kreatifnya. Misalnya bagaimana supaya konten-konten yang dihasilkan terasa lebih personal dan sampai ke audiens yang dituju.

Salah satu caranya dengan mengikuti tren terbaru, berkolaborasi dengan kreator lain dan brand, serta mengeksplorasi fitur-fitur baru di platform media sosial.

"Mengikuti tren sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan audiens yang lebih besar, dan jangan lupa menggunakan hashtag dan keyword pada postingan," kata Eliz.

Rahajeng Sisters sendiri mengikuti banyak tren populer seperti musik, film, dan budaya populer lainnya. Kuncinya adalah ikuti tren namun tetap buat versimu sendiri yang original untuk meningkatkan personal branding. Selanjutnya adalah berkolaborasi dengan brand dan kreator lainnya.

"Kolaborasi akan memungkinkan satu konten terlihat dari dua akun atau platform berbeda, artinya kontenmu bisa menyasar audiens yang lebih beragam lagi, sehingga akan ada lebih banyak engagement," kata Maria.

Baca juga: 5 Tipe Konten Populer Ini Ampuh Mendongkrak Engagement

Terakhir selalu update dengan fitur-fitur baru di platform media sosial. Ketika ada audio atau template reels yang sedang populer, artinya secara algoritma ini sedang digunakan oleh banyak pengguna Instagram. Dengan menggunakan fitur tersebut, kontenmu kontenmu dilihat dan ditemukan banyak orang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip Kecanggihan dan Desain Indonesia Arena yang Bakal Jadi Venue Indonesia Open 2024

BERIKUTNYA

Satu Dekade BTS: Debut Dengan Agensi Kecil Hingga Pecahkan Rekor K-Pop Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: