Teaser debut BTS pada 2013 dan foto terbaru BTS 2023. (Sumber foto: BigHit Entertainment/HYBE)

Satu Dekade BTS: Debut Dengan Agensi Kecil Hingga Pecahkan Rekor K-Pop Dunia

13 June 2023   |   15:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

2018 

 

Pada Mei 2012=8, LP ketiga BTS, Love Yourself: Tear melesat ke No.1 tangga lagu Billboard 200. Itu adalah album Korea pertama yang menduduki puncak tangga album Amerika. Untuk merayakan prestasi tersebut, Presiden Moon Jae-in merilis pernyataan resmi yang memuji pencapaian BTS.

Love Yourself: Answer juga menduduki puncak Billboard 200, menjadi album K-pop pertama yang memenangkan emas dari akademi rekaman Amerika pada November dan platinum pada 2020.

Grup ini juga menang di AMAs untuk pertama kalinya. Pada September, BTS membawa pesan 'Love Yourself' di markas PBB. Sebagai grup Korea Selatan pertama yang berpidato di sesi PBB, sang leader RM berbicara kepada kaum muda di seluruh dunia tentang merangkul keberagaman dan keberanian serta kebebasan untuk mengutarakan pendapat.


2019

 

Pada Februari 2019, BTS menjadi artis Korea pertama yang memberikan penghargaan di Grammy. Superstar global juga memperluas narasi cinta diri melalui seri baru, Map of the Soul

Seri pertama, Map of the Soul: Persona, menduduki puncak Tangga Lagu Resmi Inggris sebagai penyanyi Korea Selatan pertama dan menjadi grup pertama sejak The Beatles yang menduduki puncak Billboard 200 tiga kali dalam waktu kurang dari setahun. BTS turut menggelar tur dunia bertajuk Love Yourself: Speak Yourself di beberapa tempat paling terkenal di dunia, termasuk Stadion Wembley London dan Lapangan Citi New York.


2020

 

Di tengah pandemi Covid-19 LP keempat BTS, Map of the Soul: 7 menduduki puncak tangga musik di seluruh dunia, dan dinobatkan sebagai album terlaris pada 2020 secara global. Mereka juga membuat sejarah dengan lagu bahasa Inggris pertama Dynamite yang mencapai No. 1 di tangga lagu Billboard Hot 100, menjadi lagu KPop pertama dalam jajaran tersebut.

Sementara album berikutnya Be dengan lagu utamanya Life Goes On juga mencatat sejarah sebagai artis Korea pertama yang memuncaki chart album dan single Billboard sekaligus. Dengan pesan lagu tersebut, BTS berbicara kepada para pemuda secara virtual di PBB melalui sebuah video.


2021

 

BTS mendapatkan nominasi Grammy, menjadi artis K-Pop pertama dalam acara penghargaan tersebut. Mereka juga memenangkan kategori artis tahun ini di AMAs, menjadi boy band Asia pertama yang memenangkan hadiah utama di penghargaan musik Amerika.

Pada Mei tahun yang sama, video klip untuk single Butter mengumpulkan 20 juta penayangan dalam waktu kurang dari satu jam, dan lagu tersebut memulai debutnya di No. 1 di Billboard Hot 100.

Berkompetisi dengan diri sendiri, lagu baru Permission to Dance melengserkan Butter dari posisi teratas Billboard. Namun, Butter merebut kembali posisi teratas itu dan menduduki puncak tangga lagu selama 10 minggu berturut-turut. 

Pada September, BTS melakukan kunjungan keduanya ke markas besar PBB di New York sebagai utusan khusus presiden. Mendampingi presiden Korea Selatan ke Majelis Umum PBB, kelompok tersebut memberikan pidato tentang mengatasi tantangan pandemi.


2022

 
1
2


SEBELUMNYA

Begini Cara Bikin Konten Populer Ala Eliz dan Maria Rahajeng

BERIKUTNYA

Cara Membuat My Top 5: BTS Songs di Spotify

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: