Geoff Max (Sumber gambar: Geoff Max/ Lazada)

Geoff Max Beberkan Strategi Jual Ratusan Ribu Sepatu Setiap Bulan

09 June 2023   |   19:46 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Banyak produk buatan Indonesia saat ini yang kualitasnya tidak kalah dibandingkan dengan produk dari luar negeri, termasuk sepatu atau sneaker lokal yang belakangan sedang menjadi tren fesyen di kalangan anak muda. Fenomena ini turut memengaruhi pertumbuhan bisnis sepatu lokal, khususnya di Bandung, Jawa Barat. 

Salah satu merek sepatu lokal asal Bandung yang saat ini banyak diminati adalah Geoff Max. Merek sepatu lokal yang didirikan oleh dua sahabat, Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada 2012 ini terkenal di kalangan pencinta musik dan olahraga ekstrem.

Kala itu mereka menciptakan Geoff Max karena merasa miris melihat banyaknya anak muda yang suka dengan sepatu buatan luar negeri hingga membeli jenis replikanya. Yusuf mengatakan awal mula membuat brand sepatu ini karena dirinya melihat bahwa kualitas sepatu buatan lokal tidak kalah dibandingkan produk luar negeri.

Baca juga: Makin Moncer, Tren Belanja Produk Lokal Jadi Pilihan Generasi Muda

“Jadi jika ada produk lokal yang bagus, kenapa harus memilih imitasi brand luar,” ujarnya, dikutip dari keterangan rilis, Jumat  (9/6/2023).

Dari situ dia pun mulai berbisnis sepatu dengan kemampuan pengetahuan seadanya, membuat desain sendiri hingga proses pembuatan. Meski dengan modal kecil, tetapi Yusuf dan Fauzan tetap berusaha menghadirkan sepatu dengan bahan yang cukup berkualitas.

Untuk bisa bertahan hingga sekarang, Yusuf mengakui jika mereka terus lakukan inovasi dan beradaptasi dengan tren pasar. Mereka juga gencar berpromosi melalui kerja sama dengan band-band tanah air dan internasional.

“Kami melihat kecenderungan orang membeli suatu produk ketika produk itu dipakai oleh idolanya. Dari situlah kami makin dikenal luas, khususnya para penikmat musik dan olahraga skateboard,” ujar Yusuf.

Geoff Max kini menjadi salah satu merek sepatu lokal asal Bandung yang mampu bersaing dengan merek lainnya di pasar lokal maupun internasional. Yusuf dan Fauzan tak hanya mengandalkan penjualan secara offline saja, tetapi juga masuk ke dunia penjualan online pada 2018 untuk mendukung penjualan offline.

Meski sempat terdampak pandemi, penjualan Geoff Max secara online justru mampu mencapai ratusan ribu produk per bulannya. Di sinilah Yusuf dan Fauzan menyadari pentingnya pengelolaan logistik yang mumpuni yang memudahkan mereka dalam operasional tokonya serta memastikan pelanggan bisa menerima produknya dengan cepat dan aman. 

Sebab, Yusuf menemukan seiring pertumbuhan bisnis Geoff Max ada tantangan yang dihadapi terutama dalam pengelolaan operasional logistik. Apalagi dengan meningkatnya pesanan secara online, pihaknya harus memastikan setiap pesanan ditangani dengan baik dan dikirim hingga sampai ke tangan pelanggan.

Geoff Max memilih menggunakan layanan Multi Channel Logistics (MCL) dari unit usaha logistik Lazada Indonesia, Lazada Logistics untuk pengelolaan logistiknya. Layanan ini menyederhanakan dan merampingkan seluruh proses, sebab Lazada Logistics mengatur pemenuhan pesanan mulai dari pengambilan produk hingga pengiriman.

“Dengan menggunakan layanan ini, kami bisa mengoptimalkan proses pemenuhan pesanan sehingga pelanggan bisa menerima produk dengan lebih cepat dan aman,” jelasnya.

Baca juga: Begini Strategi Brand Aggregator Bawa Brand Lokal Naik Kelas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kemenparekraf Usulkan 24 Oktober 2023 Jadi Hari Ekonomi Kreatif Nasional

BERIKUTNYA

Dijual Mulai 13 Juni, Cek Harga Tiket & Seat Plan Konser Charlie Puth di  Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: