sumber foto: instagram/canro.simarmata

3 Taman Nasional yang Indah di Indonesia Tapi Banyak Cerita Angker

06 June 2023   |   07:00 WIB

Taman nasional biasanya merupakan kawasan konservasi alam yang memiliki flora dan fauna yang dilindungi, karena keberadaannya yang langka, bahkan bisa terancam punah. Di Indonesia, ada banyak taman nasional yang indah dan menarik untuk dikunjungi serta cocok untuk dijadikan tempat untuk refreshing saat liburan tiba.

Kini kita bisa mengunjungi taman nasional dengan syarat harus mematuhi aturan yang ketat agar mencegah terjadi kerusakan pada lingkungan yang dilestarikan tersebut. 

Adanya ekosistem asli tersebut ternyata tidak hanya menjadikan tempat tinggal para hewan dan tumbuhan saja. Setiap taman memiliki cerita mistis tersendiri yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Baca juga: 5 Museum yang Disebut Paling Angker di Jakarta

Di balik keindahan taman nasional, ternyata ada saja beredar cerita mistis, yang justru membuat sebagian orang penasaran untuk mengunjunginya. Berikut beberapa taman nasional yang dikenal sangat angker. 


1.    Taman Nasional Baluran 

Taman ini berlokasi di area hutan Sumberawu, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Tengah. Taman nasional baluran tidak kalah mistisnya. Tempat dengan predikatnya taman nasional paling angker di Indonesia bahkan pernah menjadi trending topic di Twitter. 

Pengalaman mistis yang sering dialami oleh orang yang berkunjung umumnya terjadi saat mereka melewati jalur eksotis hutan Baluran Situbondo-Banyuwangi. Dengan melewati jalur tersebut akan dibuat terpukau dengan pemandangan savananya. 

Namun, di balik itu semua bisa saja menjumpai aura mistis dari taman tersebut terutama jika melewatinya malam hari. Berdasarkan cerita mitos yang beredar, di jalur itu terkadang muncul sosok penampakan orang tanpa kepala berada di pinggir jalan, ada juga mobil yang sedang lewat dilangkahi oleh kaki besar, dan suara tangisan. Tapi cerita itu hanya menjadi semacam dongeng saja yang menjadi daya tarik dari kearifan lokal.


2.    Taman Nasional Ujung Kulon

Berlokasi di Provinsi Banten, Taman Nasional ini merupakan salah satu warisan dunia yang menyimpan banyak keindahan dan pemandangan alamnya yang eksotis. Akan tetapi, di balik itu menyimpan cerita mistis yang sudah mendarah daging. 

Sebagai tempat yang bukan area hunian penduduk, tentu selalu terdengar cerita tentang keberadaan para makhluk astral serta dianggap sebagai tempat sakral. Maka dari itu, beberapa mitos dan kearifan lokalnya patut diketahui jika ingin berkunjung ke salah satu tempat paling angker di Indonesia. 

Taman Nasional Ujung Kulon ini terkenal dengan Gua Sanghyang Sirah yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para makhluk gaib. Aktivitas tersebut dipercaya dilakukan oleh bangsa jin yang menjadi pengikut Prabu Siliwangi yang pernah bersemedi di goa tersebut. Sekali lagi, kabar itu hingga saat ini hanya menjadi cerita mitos yang tidak dapat dibuktikan secara faktual.


3.    Taman Nasional Tanjung Putting

Selain dikenal sebagai tempat konservasi Orang Utan, taman nasional ini menyimpan cerita mistis yang memperoleh anggapan sebagai salah satu taman yang paling angker di Indonesia. Terdapat Sungai Sekonyer yang menjadi saksi bisu tenggelamnya perahu wisatawan. 

Karena peristiwa tersebut, banyak warga yang menceritakan bahwa kerap melihat kemunculan bangkai kapal itu. Selain kemunculan kapal, beberapa pohon yang berada di kawasan taman ini terutama yang bercabang membentuk huruf Y atau L diyakini menjadi titik yang berpenghuni.

Baca juga: 5 Fakta Unik Menara Saidah Jakarta, Gedung Mewah yang Disebut Angker

Ya itulah taman nasional yang indah dan eksotis di Indonesia yang memiliki kisah mistis, sebagai bagian dari 'bumbu cerita' yang sering didengar para wisatawan ketika berkunjung ke daerah tersebut.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Relevansi Jadi Kunci Persaingan, Begini Strategi Bisnis ala CEO Dapur Cokelat

BERIKUTNYA

Rahasia Cita Rasa Ayam Goreng Berkah Rachmat yang Bertahan Sejak 1960

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: