Ilustrasi ketegangan dan ketakutan saat menonton film horor. (Sumber gambar : Pexels/Samer Daboul)

Biar Enggak Terlalu Takut, Begini 5 Kiat Nonton Film Horor

14 July 2022   |   11:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Film horor dibuat untuk membangkitkan emosi seperti ketegangan, ketakutan, stres, dan keterkejutan. Semua dilakukan melalui manipulasi gambar, suara, dan cerita. Pascamenonton, film dengan genre ini pun bisa memberikan efek pada kesehatan mental seperti kecemasan hingga sulit tidur pada sejumlah orang.

Bagi pecinta film horor, mungkin sudah terbiasa mengalami sensasi tersebut atau bahkan tidak mengalaminya sama sekali. Namun buat kamu yang penasaran dengan film horor, berikut cara mengurangi dampak seram namun tetap menikmati sensasinya. 
 

1. Cari tahu subgenre yang cocok


Hal yang paling penting sebelum menonton film horor adalah mengetahui selera kamu. Ada banyak subgenre film horor yang bisa kamu pilih dan sesuaikan. Mulai dari drama horor, thriller, horor psikologis, slasher atau jagal, monster, supernatural, founf footage, dan horor komedi. 

Direktur Media Psychology Research Center Dr. Pamela Rutledge menyebut jika kamu tidak suka film horor yang menampilkan pembunuhan dan pertumpahan darah, kamu bisa memilih subgenre supernatural. Atau jika kamu selalu sulit tidur setelah menonton film horor, pilih film thriller psikologis. 
 

2. Tetapkan batasan untuk diri sendiri 


Kenyamanan saat menonton film itu penting. Jangan hanya karena ikut teman, kamu mengabaikan kenyamanan itu. 

"Jangan membuat diri Anda merasa tidak nyaman karena orang lain ingin menonton sesuatu yang mungkin membuat Anda kesal,” kata Rutledge dikutip dari Healthline, Rabu (14/7/2022).

Penting untuk menilai emosi kamu saat ini dan bagaimana kamu akan terpengaruh oleh apa yang ada di layar, terutama jika kamu memiliki kecenderungan ketakutan atau kecemasan.

"Jika mendapati diri Anda pemarah dan cemas, tinggalkan film horor dan tonton sesuatu yang memungkinkan Anda melarikan diri ke dunia lain," imbau Rutlegde.
 

islutrasi film horor/Freepik

ilustrasi film horor/Freepik

 

3. Jangan nonton maraton


Menonton film horor secara maraton sepanjang minggu atau bulan, dapat menimbulkan beberapa risiko. Sebuah studi pada 2017 yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan Rekreasi Universitas Toledo menyebut bahwa menonton film secara berlebihan dapat meningkatkan gejala kecemasan dan menganggu tidur. 

Studi ini juga menemukan bahwa peserta yang menonton lebih dari 2 jam setiap malam meningkatkan depresi. Riset juga menunjukkan menonton film horor secara maraton bisa menyebabkan kurangnya kontrol diri, dampak egatif bagi kesehatan tubuh, hingga pengabain tugas.
 

4. Bernafas sejenak


Jika kamu merasa terlalu tegang saat menonton film horor, kamu bisa menutup mata untuk tidak melihat adegan tersebut. Kamu juga bisa pergi ke kamar mandi untuk mengambil nafas guna menenangkan diri sejenak. 
 

5. Intip spoiler


Tidak ada salahnya kok menyimah spoiler film horor yang sedang tayang di bioskop atau platform over the top (OTT). Hal ini dapat bermanfaat untuk meredakan rasa tegang berlebih saat menonton film yang kamu tunggu-tunggu itu. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Dian Sastrowardoyo & Putri Marino Dikabarkan Main Bareng di Series 'Gadis Kretek'

BERIKUTNYA

Film Pengabdi Setan 2: Communion Bakal Hadirkan Kisah Teror yang Lebih Mencekam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: