Ilustrasi (sumber gambar : Practicum Indonesia)

Ingin Beralih ke Dunia Digital? Berikut 10 Profesi yang Paling Diminati

05 June 2023   |   13:52 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di tengah perkembangan teknologi yang terus berubah, kebutuhan akan tenaga kerja siap pakai di bidang digital juga ikut meningkat. Nah, bagi Genhype yang ingin berkarir atau beralih profesi ke dalam dunia teknologi, engga ada salahnya untuk mencoba beberapa profesi ini.

Berdasarkan hasil riset dari Practicum Indonesia, setidaknya ada 10  profesi yang dinilai paling menarik bagi orang-orang yang sedang memikirkan atau merencanakan untuk beralih profesi ke dunia digital. 

Apa saja itu? Berikut daftar profesi yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber resmi.

Baca juga: Era Digital, Cek 5 Profesi yang Paling Banyak Dicari di Jakarta


1. Digital Marketing

Seorang digital marketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing. Seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ia juga bertugas untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, serta visibilitas perusahaan.


2. Data Analyst/Scientist

Seorang Data Analyst merupakan orang yang berperan dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan kedepannya


3. Website Developer

Web Developer bertugas membangun website yang responsif di berbagai perangkat. Artinya, tampilan dan fungsi tersebut harus kompatibel sesuai ukuran layar. Tampilan desain yang adaptif dengan berbagai macam device bisa meningkatkan user experience, sehingga ada peluang mendorong conversion.


4. IT Support

Pada dasarnya, IT Support adalah seorang teknisi di sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan atau network system.


5. Software Developer

Sementara software developer adalah seorang yang mengembangkan dan memelihara perangkat lunak yang digunakan di berbagai komputer. Pekerjaan utama software developer adalah mengembangkan berbagai komponen aplikasi yang sesuai dengan persyaratan yang diharapkan dari suatu produk.


6. Database Administrator

Database Administrator adalah seseorang yang bertugas untuk menyimpan dan melindungi data dengan menggunakan software. Data yang dilindungi bisa bermacam-macam mulai dari data keuangan seseorang sampai juga riwayat transaksi pengiriman barang.


7. Product Manager

Product Manager adalah suatu profesi yang bertugas untuk melakukan pengembangan produk dan bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut. Biasanya profesi ini bertugas untuk menemukan ide-ide yang berbeda dalam menciptakan suatu produk.


8. Network Engineering

Network Engineer adalah nama sebuah pekerjaan (profesi) yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi. Network Engineer akan dianggap berhasil ketika Jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi.


9. Cyber Security

Cyber Security merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal. Keamanan dunia maya sangat penting bagi setiap perusahaan. Menurut Forbes, diperkirakan 10 juta profesional yang bisa mengoperasikan keamanan sabar akan dipekerjakan selama 2023.


10. UI/UX Designer

Dengan kata lain, UI Designer adalah orang yang mendesain tampilan antarmuka sebuah aplikasi atau perangkat. Secara teknis, antarmuka yang terdapat dalam UI designer berkaitan dengan grafis, tata letak, dan aspek desain fisik dari sebuah aplikasi. Sementara UX Designer adalah orang yang mendesain pengalaman pengguna.

Baca juga: Tren Pekerjaan 2023, Cek 5 Keterampilan Teknologi yang Dicari Perusahaan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Film Dokumenter Indonesia Berkembang, Tapi Dukungan Pendanaan & Distribusi Masih Minim

BERIKUTNYA

ONIC Camp Wadahi Puluhan Gamers Peminat Esports Siapkan Mental Pro Player

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: