Ilustrasi lowongan pekerjaan (sumber gambar Unsplash/Clem Onojeghuo)

Era Digital, Cek 5 Profesi yang Paling Banyak Dicari di Jakarta

12 March 2023   |   19:00 WIB

Jakarta, sebagai pusat ekonomi Indonesia hingga sekarang masih menjadi tujuan masyarakat untuk mencari pekerjaan. Tidak sedikit warga dari luar daerah yang mencoba peruntungan dengan merantau ke ibu kota demi meningkatkan kualitas hidup. 

Namun, persaingan dan daya kompetensi turut menjadi salah satu faktor yang menentukan seseorang bisa meniti karier di Jakarta atau tidak. Tak hanya itu, pesatnya perkembangan teknologi juga berimbas dengan lahirnya berbagai profesi baru di berbagai bidang kerja. 

Menurut laporan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) proyeksi pekerjaan yang paling banyak dicari adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pasalnya, penggunaan teknologi digital saat ini sudah banyak diterapkan berbagai perusahaan untuk menjalankan program kerja mereka.

Nah, bagi Genhype yang sedang mencari pekerjaan, berikut daftar profesi yang paling banyak diburu oleh masyarakat di Jakarta dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber resmi.

Baca juga: Ini 4 Pilihan Profesi Buat Para Pencinta Gim 


1. Content Creator

Permintaan yang tinggi dari pengguna internet untuk konten-konten berkualitas tak urung membuat profesi pembuat konten (content creator) tumbuh dengan pesat. Saat ini bahkan content creator juga dibutuhkan beberapa perusahaan sebagai ujung tombak dalam kegiatan pemasaran mereka.

Tak hanya itu, pascapandemi kreator konten juga menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati masyarakat, terutama milenial dan generasi z. Namun, profesi ini tentu membutuhkan skill yang baik serta kreativitas tinggi agar dapat menghasilkan konten-konten bermutu.
 

2. Digital Marketing

Profesi ini menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari karena permintaan yang tinggi dari berbagai perusahaan untuk meningkatkan eksposur mereka di platform digital. Sebab, dengan adanya tren media sosial, profesi ini berguna untuk mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen. 

Digital marketing juga memiliki banyak aspek yang berbeda di berbagai perusahaan. Namun, secara keseluruhan punya tugas yang sama yakni mengoptimalisasikan search engine optimization (SEO) di berbagai laman pencari internet. Salah satunya saat konsumen ingin mencari produk dan jasa yang mereka inginkan.
 

3. Data Scientist

Data Scientist diperkirakan bakal menjadi profesi yang masih relevan dan terus dicari oleh masyarakat hingga 2030, menurut Business Insider. Hal ini karena banyak perusahaan di berbagai bidang akan bergantung pada profesi ini untuk mengembangkan prospek bisnis mereka ke depannya.

Secara umum, pekerjaan ini merupakan bentuk penggabungan dari ilmu pemrograman komputer, statistik, dan matematika. Data Scientist mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar (big data) yang terstruktur dan tidak terstruktur di internet sebagai acuan untuk memprediksi perilaku konsumen. 
 

4. Human Resources

Profesi Human resources (HR) kemungkinan tidak akan lekang oleh waktu dan terus menjadi pekerjaan yang paling diburu masyarakat. Pasalnya, HR adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola seluruh proses sumber daya manusia (SDM) di perusahaan, mulai dari rekrutmen, seleksi, hingga pengembangan karir karyawan.

Selain itu, HR punya peran penting, yakni mengelola hubungan antara karyawan dan perusahaan, serta menjaga komunikasi yang baik dengan organisasi di dalamnya. Kemampuan HR dalam mengelola SDM inilah yang bakal menjadi faktor keberlangsungan sebuah perusahaan. 
 

5. Web Developer

Situs atau website merupakan halaman depan suatu perusahaan di platform digital untuk mengenalkan produk mereka di internet. Oleh karena itu profesi developer web terus dibutuhkan perusahaan untuk mempromosikan serta menjual produk dan jasa yang mereka miliki.

Adapun, profesi web developer dibutuhkan agar situs perusahaan mudah diakses dan dapat menarik minat konsumen. Tak hanya itu, situs perusahaan pun perlu terus diperbarui secara rutin sesuai tren agar konsumen senantiasa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Nah, itulah 5 profesi yang paling banyak diburu para pelamar kerja di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Genhype. Jadi, sudah melatih skill dan hendak melamar di bidang apa?

Baca juga: Genhype Ingin Jadi Pilot Drone Profesional? Siapkan 5 Hal Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
SEBELUMNYA

Mengintip Fasilitas 101 Urban Jakarta Thamrin, Dihiasi Banyak Lukisan & Punya Cafe Rooftop

BERIKUTNYA

Penonton Konser BLACKPINK Protes Tidak Kebagian Kursi, Melly Goeslaw Sampai Jongkok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: