Ilustrasi pekerjaan yang dicari pada 2023. (Sumber gambar: Freepik/Lifestylememory)

Tren Pekerjaan 2023, Cek 5 Keterampilan Teknologi yang Dicari Perusahaan

07 January 2023   |   08:15 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Dunia kerja terus berubah menyesuaikan perkembangan zaman. Saat ini, teknologi dan digital sangat diutamakan mayoritas perusahaan. Ditambah pandemi Covid-19, digitalisasi menjadi keharusan agar bisa bertahan dan tetap terkoneksi dengan klien, nasabah, maupun pelanggan. 

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang saat ini mencari pekerja yang memiliki skill di bidang teknologi dan digital untuk beradaptasi dengan kondisi di dunia. Berikut keterampilan teknologi dan digital yang paling dicari perusahaan pada 2023. 


1. Web Developer

Menurut laporan JobStreet Outlook 2022-2023: Hiring, Compensation and Benefits Report, website adalah bagaikan muka perusahaan di internet. Website digunakan untuk memperkenalkan profil perusahaan, promosi, dan juga menjual produk atau jasa yang dimiliki.

Baca jugaCek Nih, 5 Pekerjaan dengan Prospek Masa Depan Cerah

Untuk itu, peran Web Developer sangat dibutuhkan saat ini agar website perusahaan mudah diakses dan dapat menarik konsumen. Website perusahaan pun perlu diupdate secara rutin sesuai tren yang ada.


2. Copywriter

Peran Copywriter akan selalu dibutuhkan pada era internet ini karena setiap sektor pekerjaan memerlukan tulisan sebagai bagian yang tidak terlepas dari keperluan pengembangan produk. Copywriter bertujuan membuat tulisan yang lebih persuasif untuk keperluan marketing perusahaan. Copywriter dibutuhkan untuk membuat campaign sebuah brand agar membangun awareness tentang jasa atau barang yang perusahaan tawarkan.


3. Data Communicator/ Storyteller

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tableau dari Forrester, pada 2025, 70 persen pekerjaan akan melibatkan pekerjaan langsung dengan data. Ini berarti bahwa setiap organisasi akan membutuhkan orang-orang dengan keterampilan untuk menafsirkan, menerjemahkan, dan mengkomunikasikannya.

Keahlian ini adalah tentang kemampuan untuk mengomunikasikan wawasan dengan cara yang efektif tetapi juga harus menarik. 

Data Communicator yang terampil dapat melihat dan mengomunikasikan narasi seputar data. Secara praktis, ini bisa berarti menjelaskan dari mana gagasan berasal, mengapa itu penting bagi bisnis, dan cara terbaik untuk menerapkannya. Data menjadi inti dari strategi lebih banyak bisnis.


4. Digital Marketing

Digital Marketing merupakan suatu pekerjaan yang sangat dibutuhkan untuk memasarkan barang atau jasa melalui platform digital. Tiap platform digital memiliki tren dan cara kerjanya sendiri untuk dapat memasarkan produk atau jasa.

Seperti diketahui, tren di media sosial bergerak cepat, sehingga seorang Digital Marketing perlu beradaptasi dengan cepat. Maka dari itu, posisi ini adalah kunci untuk perusahaan bisa bersaing di era yang serba digital.


5. Cybersecurity

Keamanan dunia maya sangat penting bagi setiap perusahaan. Tidak lagi terbatas pada departemen teknologi informasi (TI), setiap karyawan diharapkan bertanggung jawab atas keamanan data yang dipercayakan dan membangun ketahanan di area operasi mereka. Menurut Forbes, diperkirakan 10 juta profesional yang bisa mengoperasikan keamanan sabar akan dipekerjakan selama 2023.

Rumah dan kerja jarak jauh, internet of things (IoT), dan migrasi berkelanjutan dari semakin banyak aspek kehidupan ke domain digital serta metaverse, semuanya memiliki implikasi besar terhadap cara-cara yang berpotensi dilakukan penjahat dunia maya. Oleh karenanya, profesional keamanan dunia maya dibutuhkan.

Para profesional ini nantinya memanfaatkan artificial intelegence (AI) untuk memprediksi dan melawan serangan peretasan serta DDOS. Seraya itu, mereka juga mengadopsi pendekatan psikologis yang diperlukan untuk bertahan dari pendekatan teknologi rendah yang berbasis di sekitar rekayasa sosial.

Baca jugaLadies, Ingin Berkarier di Industri Teknologi? Ini 5 Tipsnya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Viral Kucing Kokom Jadi PNS di PUPR, Intip Profil 3 Anabul Sultan Ini Yuk

BERIKUTNYA

Cek Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Via Online & Offline

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: