Penampilan Endah N Rhesa di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Hari Ketiga BNI Java Jazz Festival 2023, Endah N Rhesa Tampil Memukau dengan Formasi Extended

04 June 2023   |   17:49 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Duo penyanyi Endah N Rhesa tampil memukau di gelaran hari ketiga BNI Java Jazz Festival 2023 dalam formasi Extended. Nuansa lembut alunan jaz dari musisi ini perlahan mengiringi sore yang masih cukup terik di JIExpo Kemayoran Jakarta pada Minggu, (4/6/23).

Endah, sang vokalis tampil dalam balutan kardigan berwarna kehijauan dan rok terusan berwarna putih. Sementara Rhesa, sang basis juga tampil dalam setelan yang sama hanya ditambah topi fedora yang membuat dirinya tampil jatmika namun tetap simpel.

"Apa kabar semuanya. Berikut adalah lagu yang mungkin juga doa. Ketika kalian sudah menemui orang yang sudah diyakini akan hidup bersama hingga ajal menjemput. Inilah dia Menua Bersama dengan Endah N Rhesa," teriak penyanyi berkacamata itu.

Baca juga: Aksi Rancak Gitaris Cory Wong Sukses Menyihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2023
 

(Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

(Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Lalu perlahan dentuman bas dan nada-nada folk dari gitar Endah merambati udara. Tampak segelintir penonton juga berdendang sembari berpelukan dengan pasangannya di panggung Pertamina Hall. Tanpa terasa udara menghangat dalam nuansa romantis yang pekat.

Sesaat sebelum lagu menuju refrain kedua sejoli itu juga berimprovisasi dengan suara mulut dan tappingan bas dari sang suami. Dari yang semula hanya sekedar nada-nada gurauan tapi seiring waktu terus berubah jadi langgam yang adem di telinga. 

Seiring matahari yang mulai tergelincir ke arah barat bumi, nomor hit lain dari duo ini juga mengalun pelan. Lagu Sun Goes Down seolah memberi ruang pada sang Surya untuk balik ke peraduannya agar esok bisa kembali, laiknya fitrah semesta yang terus berputar sesuai garis edar.

"Saatnya adegan suami istri di sini ya. Tolong orang ketiga dan keempat minggir dulu," tutur Endah yang meminta pianis dan drummer mereka mundur ke belakang panggung.

Lalu keduanya pun berkolaborasi dengan memainkan gitar berdua sembari menyanyikan tembang pendek. Mereka tampak lincah berbagi peran antara dentingan melodi dan betotan bas dalam satu alat musik. 

Tak hanya itu keduanya juga ikut mengajak penonton bernyanyi mengikuti nada yang mereka mainkan. Setelahnya mereka pun turut mengubah lirik-lirik lagu untuk memberi penghormatan pada gelaran BNI Java Jazz Festival 2023.

Secara keseluruhan penampilan pasangan musisi ini pun cukup kompak. Terlebih dengan tambahan musisi pengiring di instrumental piano yakni Restha Wirananda dan drum Jessi Mates yang membuat aksi mereka jadi jauh berbeda dari biasanya.

Hal itu pun terbukti saat Endah N Rhesa Extended ini melantunkan nomor hit When You Love Someone. Keduanya memberi kesempatan sang pianis untuk melakukan aksi solo dan sejenak membuka intro lagu dengan permainan pianonya yang berdentang.

"Lagu ini untuk kalian yang masih belum berani menyatakan rasa pada seseorang yang kalian sayangi. Lebih baik menyatakan perasaan daripada nanti terlambat dan berakhir penyesalan," ucap Endah sebelum permainan piano mengalun.
 

(Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

(Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Dissa, (25) salah satu penonton yang ditemui Hypeabis.id usai acara pun mengaku puas dengan penampilan Endah N Rhesa. Perempuan asal Kemayoran ini memang telah lama menanti aksi kedua musisi itu yang sudah jarang off air di atas panggung.

Menurutnya penampilan terbaru dari formasi Extended ini pun sangat berbeda serta memberi kesan lebih ceria. Dia mengungkap dengan hadirnya dua musisi tambahan cukup membuat Endah N Rhesa jadi lebih semarak dan hangat.

"Dengan formasi ini jadi lebih terasa beda aj sih taste-nya. Nggak nyangka juga kalau mereka bakal mengajak musisi lain untuk sepanggung, tapi aksinya memang jadi lebih gokil," ucap Dissa.

Setelah tampil kurang lebih 50 menit dari pukul 16.15 hingga 17.05 WIB, grup ini pun menutup aksi mereka dengan lagi favorit para pengunjung, Pulang ke Pamulang dan Liburan Indie. Adapun, dalam kedua lagu terakhir ini para penonton pun berajojing ria sambil sesekali memanggil kedua musisi.

Sekadar informasi Endah n Rhesa adalah proyek musikal yang terbentuk dari akustik gitar, bass dan vokal. Warna yang mereka bentuk dari tiga instrumen ini adalah folk, jazz, blues, rock and roll dan s. Mereka berdua dipertemukan di sebuah band dan sudah malang-melintang di industri musik Tanah Air. 

Baca juga: Joey Alexander Si Bocah Ajaib Tampil Memukau di BNI Java Jazz Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bocoran Produk Apple yang Diprediksi Muncul di WWDC 2023, Chip M2 Ultra hingga Headset AR/VR

BERIKUTNYA

BNI Java Jazz Festival 2023 dan Konsep Konser Keberlanjutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: