Penampilan Joey Alexander di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Joey Alexander Si Bocah Ajaib Tampil Memukau di BNI Java Jazz Festival 2023

03 June 2023   |   21:11 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kehadiran Joey Alexander di panggung BNI Java Jazz Festival 2022 disambut antusias para pencinta musik jaz. Pianis instrumentalis yang dikenal dengan sebutan Bocah Ajaib itu memang punya sederet karya keren yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Penonton sudah memadati panggung Teh Botol Sosro Hall sebelum acara dimulai.

Pianis berbakat Joey Alexander membuka penampilannya di panggung BNI Java Jazz Festival 2023 dengan karyanya berudul Warna. Lagu Warna merupakan karya instrumental bernuansa jaz dari album dengan nama yang sama. Dentingan pianonya mengalun indah dan jadi pembuka yang manis.

Di album Warna, Alexander menampilkan sisi yang cukup berbeda. Pianis asal Indonesia ini tampil lebih tenang dibanding saat ia menciptakan lagu-lagu terdahulunya. Melodi yang dimainkannya mudah menyentuh hati banyak orang.

Baca juga: Hari Kedua BNI Java Jazz Festival 2023, Adhitia Sofyan Bawakan Album Baru Secara Live Pertama Kali

Transformasi karyanya itu memang telah mendapat sejumlah pujian dari pengamat musik. Setelah menghebohkan dunia sejak usianya masih belia, kini jalur kariernya dianggap makin tertata apik dan memiliki pola yang lebih menarik.

Alexander tidak tampil sendiri. Alunan piano indahnya ditemani dentum drum dan bas yang membuat lagu-lagu instrumentalnya makin kaya dan megah. Trio penampil ini sukses menghibur ratusan penikmat jaz yang hadir di Teh Botol Sosro Hall BNI Java Jazz Festival 2023. 

Penampilan Joey Alexander di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Penampilan Joey Alexander di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Pada akhir lagu Warna, musik yang dihadirkan oleh Alexander makin nge-beat. Dia terlihat sangat menikmati penampilannya di salah satu festival jaz terbesar di dunia ini. Beberapa kali, jarinya menghentak tajam. Tak sekali, Alexander juga memainkan pianonya sambil berdiri dan berjingkrak.

Penampilannya yang apik itu juga berpadu dengan manis saat dirinya membuka obrolan dengan penonton. Pianis berbakat itu menyapa penonton dan mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di panggungnya malam ini. Dia senang karena penonton jazz saat ini cukup banyak.

"Terima kasih yang sudah hadir di sini. Semoga kita bisa enjoy dengan musik yang akan dibawakan. Malam ini, saya juga akan mengenalkan musik saya sendiri di panggung ini," ucap Alexander.

Benar saja, setelah lagu pertamanya menghibur dan diganjar tepuk tangan meriah, Alexander kembali memukau penonton. Kali ini, dia membawakan lagu Angel Eyes. Lagu ini berada di salah satu album barunya, Origin.

Lagu kedua ini pun langsung disambut gemuruh tepuk tangan penonton. Penampilan yang spektakuler dan intens benar-benar telah memukai penonton. Tidak hanya Indonesia, sejumlah penonton dari warga negara asing juga terlihat amtusias menyaksikan aksi Alexander.

Nama Joey Alexander memang telah mendunia. Pianis kelahiran 2003 asal Indonesia ini dianggap punya bakat spesial sejak ia kecil. Kariernya pun cemerlang dan dipuji meski usianya masih belia saat itu.

Dalam usia masih tujuh tahun, Alexander telah menguasai teknik permainan piano dan improvisasi yang penting dalam aliran jaz. Album musik perdananya berjudul My Favorite Things dirilis pada saat usianya masih 11 tahun. Lewat album ini, Alexander mendapatkan nominasi Anugerah Grammy untuk dua kategori, yakni Best Instrumental Jazz Album dan Best Jazz Solo Improvisation.

Tak hanya itu, karyanya tersebut juga mengantarkan Alexander di usianya yang belia tampil dengan penyanyi terkenal, seperti Adele, Ed Sheeran, Bruno Mars, hingga Taylor Swift.

Meski prestasinya mentereng, Alexander diketahui belaiar musik otodidak sejak usianya enam tahun. Namun, dia berhasil membuktikan hal itu bukan halangan. Alexander juga dikenal sebagai artis Indonesia pertama yang masuk Billboard 200 Amerika Serikat lewat albumnya My Favorite Things pada 2015. Dia juga menjadi artis asal Indonesia kedua yang sukses masuk Chart Billboard setelah Anggun.

Baca juga: Patti Austin Ajak Penonton Nostalgia di BNI Java Jazz Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Grup Band Indie Deredia Bawakan Album Baru di BNI Java Jazz Festival 2023

BERIKUTNYA

Festival Lokananta 2023, Project Pop Ajak Penonton Goyang dan Moshing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: