Penampilan Cory Wong di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Aksi Rancak Gitaris Cory Wong Sukses Menyihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2023

03 June 2023   |   21:54 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gitaris papan atas dunia Cory Wong berhasil memukau mata penonton di gelaran hari kedua BNI Java Jazz Festival 2023. Tampil bersama delapan personil pengiring raungan gitarnya sukses menakik telinga dalam temaram suasana pada Sabtu, (3/6/23).

Tak ada nyanyian dari atau suara yang keluar dari mulutnya. Namun semua itu tergantikan melalu bahasa musik yang saling mengisi antara bunyi gebukan drum, lengkingan saksofon dan sesekali tingkah nada yang genit dari jari tangan sang musisi.

Dikenal sebagai gitaris andal Cory memang telah melanglang buana ke berbagai negara lewat aksinya yang ciamik. Kali ini, sosok yang identik dengan gitar Fender Stratocaste itu pun kembali menampilkan aksi unik dengan iringan langgam jazz yang mewah.

Baca juga: Joey Alexander Si Bocah Ajaib Tampil Memukau di BNI Java Jazz Festival 2023

Hampir kurang lebih satu jam penonton yang mayoritas duduk di bangku BNI Hall tampak menggerak-gerakkan tubuh dan kaki mereka mengikuti alunan musik. Cory Wing juga tampil dengan necis mengenakan jaket abu-abu dan kaos motif sembari mengalunkan instrumen Kenni and the Jet.

Penampilan Cory Wong di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Penampilan Cory Wong di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Ya, saat kebanyakan gitaris bercita-cita untuk berada  di garda terdepan band yang hobi bermain solo, Cory memang memilih jalan berbeda. Lelaki asal Amerika Serikat ini merasa tidak masalah saat menjadi seorang rhytm gitaris yang memainkan lick untuk mengiringi sebuah komposisi musik jazz.

"Masih bisa bersenang-senang? Mari kita lanjutkan malam yang romantis ini," papar Cory Wong sebelum akhirnya memainkan komposisi lagu Let's Go dan gitarnya kembali meraung-raung memasuki telinga pengunjung.

Aksi komposer Better, featuring Cody Fry and Dynamo ini juga semakin rancak saat memainkan beberapa karya hitnya yang sontak disambut tempik sorak pengunjung. Mereka seolah dibawa memasuki suasana magis saat komposisi Smoke Show dengan beat yang cepat mengguncang panggung.

Dengan iringan dua saksofon, satu terompet dan dua trombon, gitaris yang mengenal dunia alat petik sejak umur sembilan tahun ini pun sukses membius penonton dalam ektase musik yang akan terus membekas dalam memori. 

Sekedar informasi Cory Wong merupakan gitaris kenamaan dunia yang telah berhadil menelurkan karya-karya fenomenal. Beberapa di antaranya adalah seperti album The Optimist (2018), Motivational Music for The Synchopated Soul (2019), dan  Turbo (2021) yang berkolaborasi dengan Dirty Loops.

Tak hanya itu dalam albumnya yang bertajuk Wong’s Café dan The Power Station musisi ini juga tidak hanya menampilkan solo-solo gitar apik nan lebai. Namun lewat album yang dirilis pada 2022 itu  dia  justru mendorong dan memberi kesempatan musisi lain untuk mengisi ruang-ruang musik dalam karyanya agar semakin lengkap.

Hal itu dapat dilihat pada lagu Concrete featuring Mark Letitieri. Lalu, Massive yang digarap bersama Joe Satriani dan Cosmic featuring Tom Misch. Bahkan  dalam karyanya yang terkenal, Better dia juga  menghadirkan Cody Fry dan Dynamo untuk mengisi ruang-ruang kosong di lengkingan gitarnya.

Selain Cory Wong,  di hari kedua gelaran Java Jazz Fetival 2023 ini, artis luar negeri yang naik panggung antara lain Patty Austin, Peter Cincotti, MAX, Maurice Brown with Brian Simpson Playing the Song of Herb Alpert dan sebagainya. Sedangkan artis Tanah Air yang memeriahkan hari kedua Java Jazz 2023 di antaranya Deredia, Oslo Ibrahim , Adhitia Sofyan, MLD Projects dan masih banyak lagi.

Baca juga: Patti Austin Ajak Penonton Nostalgia di BNI Java Jazz Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Festival Lokananta 2023, Project Pop Ajak Penonton Goyang dan Moshing

BERIKUTNYA

Banyak Cerita dan Cinta dari Yovie Widianto di Panggung BNI Java Jazz Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: