Sejumlah produk diprediksi baru akan diungkapkan di WWDC 2023 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Bocoran Produk Apple yang Diprediksi Muncul di WWDC 2023, Chip M2 Ultra hingga Headset AR/VR

04 June 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang bagi para pengembang atau developer yang diadakan oleh Apple, yakni Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 akan segera diadakan di Apple Park, Cupertino, California, pada 5-9 Juni waktu setempat. Sejumlah produk baru diprediksi akan diperkenalkan atau diluncurkan pada ajang tersebut.

Salah satu yang memberitakan kemunculan produk terbaru dari Apple di ajang WWDC tahun ini adalah Indiana Express. Dilaporkan bahwa Apple kemungkinan akan menunjukkan fitur dan kemampuan iOS 17, watchOS 10, dan MacOS 14 kepada dunia.

Selain itu, perusahaan juga disebut bakal memperkenalkan sejumlah perangkat keras, seperti mixed reality headset, MacBook Air 15 inci, Mac Pro, dan sebagainya. 

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Apple Pay di Indonesia, Tinggal Tap dari iPhone dan Apple Watch

Sementara itu, dalam rilis yang dikeluarkan oleh Apple tentang WWDC 2023, perusahaan menuliskan ajang ini akan menyoroti kemajuan terbaru dalam iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

Tidak hanya itu, perusahaan juga akan memberikan akses ke pengembang untuk saling mengenal dan mencari pengetahuan dari teknisi Apple mengenai teknologi atau alat baru yang sedang dikembangkan.

Sejauh ini, belum ada pernyataan apapun dari Apple tentang produk baru yang akan diluncurkan atau diperkenalkan dalam ajang tersebut. Namun demikian, sudah banyak rumor, bocoran, dan prediksi apa saja yang bakal jadi highlight pada gelaran tersebut. Berikut beberapa di antaranya dikutip Hypeabis.id dari Indiana Express.  
 

Headset AR/VR Apple

Mixed-reality headset ini disebut akan menjadi karya pertama perusahaan setelah bekerja keras selama 7 tahun, jika diluncurkan atau diperkenalkan dalam ajang WWDC 2023. Apple disebutkan tidak pernah benar-benar mengonfirmasi keberadaan headset tersebut. Namun, sejumlah bocoran dan spekulasi mengarah ke perusahaan dan produk tersebut.

Produk yang disebut sebagai Realitypro itu disebut sebagai perangkat premium dengan biaya lebih dari US$3.000 dan menjadi salah satu perangkat paling canggih yang dapat digunakan. Perangkat keras ini disebut bakal memiliki dua layar 4K dengan resolusi tinggi, RAM 12 GB, penyimpanan internal 512 GB, dan menggunakan xrOS yang juga mendukung untuk aplikasi iPad.

Indiana Express menuliskan bahwa perangkat ini akan memberikan pengalaman AR (augmented reality) dan VR (virtual reality) kepada penggunanya. Mereka bisa mengubah dari AR ke VR atau keduanya secara mulus.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa perusahaan telah membangun daerah khusus di Apple Park guna menunjukkan fitur dan kemampuan headset RealityPro setelah diungkapkan nanti.
 

MacBook Air 15 Inci

Produk lainnya yang diprediksi akan diperkenalkan oleh Apple di ajang WWDC 2023 adalah MacBook Air 15 inci. Perangkat keras MacBook Air selalu memiliki ukuran yang kecil dan kompak sejak diperkenalkan oleh perusahaan. Kehadiran MacBook berukuran 15 inci menjadi yang terbesar jika dibandingkan dengan yang pernah diluncurkan oleh perusahaan. 

MacBook Air 15 inci disebut-sebut serupa dengan MacBook Air M2 saat ini, sehingga terdapat kemungkinan akan menawarkan fitur dan kemampuan yang sama lantaran mendapatkan prosesor M2 yang sama.

Layar 15 inci yang tersemat juga kemungkinan akan membuat baterai yang disediakan memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan model saat ini. Kondisi tersebut dapat membuat harga barang yang satu ini sedikit lebih mahal.
 

Mac Studio

Produk selanjutnya adalah Mac Studio dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dengan prosesor M2 Max dan M2 Ultra yang memiliki 24 core CPU, 60 core GPU, dan memori hingga 192 GB. Mac Studio terbaru diprediksi memiliki bentuk serupa dengan pendahulunya.

Perbedaan antara produk terbaru yang diprediksi akan diperkenalkan atau diluncurkan terdapat pada kinerjanya. Adapun, perusahaan ini dituliskan telah mengonfirmasi program trade-in untuk Mac Studio. 
 

Mac Pro

Produk yang satu ini diperkirakan akan menggunakan prosesor M2 Ultra berdasarkan laporan yang paling baru. Berbeda dengan Mac Studio, Mac Pro diprediksi akan memiliki penyimpanan yang dan memori yang dapat diperbesar oleh penggunanya.

Mac Pro dituliskan sebagai produk ambisius lain dari Apple dan juga merupakan Mac terakhir yang belum menerima pembaruan. Sebelum laporan terbaru, perusahaan disebut sedang mengerjakan chip M2 Extreme untuk produk ini. 

Baca juga: 5 Fitur Baru di iOS 16.5, Tab Olahraga Apple News sampai Tap to Pay

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Refleksi Mimpi & Realitas Dunia Alternatif Syakieb Sungkar di Pameran Dreams

BERIKUTNYA

Hari Ketiga BNI Java Jazz Festival 2023, Endah N Rhesa Tampil Memukau dengan Formasi Extended

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: