Penampilan MLD Jazz Project di BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Banyak Cerita dan Cinta dari Yovie Widianto di Panggung BNI Java Jazz Festival 2023

03 June 2023   |   22:02 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lagu-lagu indah karya komposer ternama Yovie Widianto mengalun indah di panggung BNI Java Jazz Festival 2023. Yovie memang dijadwalkan tampil pada malam kedua di MLD Hall pada Sabtu, 3 Juni 2023. Yovie tampil bersama dengan para pemenang MLD Jazz Project.

Panggung Yovie dimulai pukul 19.15 WIB. Musisi yang menciptakan banyak lagu hit itu terlihat belum muncul ke panggung saat lagu pertama dinyanyikan. Aksi panggung hanya diisi oleh MLD Jazz Project. Namun, hal itu tak mengurangi keseruan acaranya.

Penonton yang sudah sedari awal menanti lagu-lagu Yovie dinyanyikan pun langsung berjingkrak. Lagu-lagu Yovie memang lekat dengan kehidupan percintaan anak-anak muda saat ini. Permainan lampu yang ciamik juga membuat suasana panggung yang ditampilkan MLD Jazz Project lebih hidup.

Baca juga: Aksi Rancak Gitaris Cory Wong Sukses Menyihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2023

MLD Jazz Project diisi oleh Puspallia Panggabean ( Vokal), Timoti Hutagalung (Drum), Noah (Piano), Yosua Sondakh (Gitar), Anggi Harahap (Saxophone), dan Hafiz Aga (Bass). Ini adalah proyek musik yang lahir dari para pemenang kompetisi pencarian bakat MLDare2Perform Season 4 yang berlangsung pada 2019 lalu.

MLDare2Perform telah diadakan sebanyak 4 season di mana season pertama diadakan pada akhir 2015. MLDare2Perform Season 4 merupakan ajang pencarian bakat musisi muda dengan genre Jaz di seluruh Indonesia yang terbagi dalam 6 kategori yaitu vokal, drum, bass, gitar, piano dan saxophone dengan seleksi ketat oleh juri yang telah lama berkiprah di belantika musik Jaz Indonesia yaitu Syaharani, Nikita Domas, Aksan Sjuman, Indro Hardjodikoro, Adra Karim dan Devian Zikri.

Penampilan para penggawa MLD Jazz Project terbilang kompak dan cukup menghibur. Terlebih, lagu yang mereka nyanyikan adalah karya Yovie yang sudah memiliki tempat di hati para penonton.

Misalnya, saat lagu Andai Dia Tahu yang dipopulerkan Kahitna dibawakan. Riuh sorakan penonton langsung menggema. Interaksi yang terbangun antara penyanyi dan penonton menghasilkan nuansa yang menarik. Lagu ini sukses menghidupkan suasana meski Yovie belum juga tampak.

Setelahnya, lagu-lagu seperti Mantan Terindah dan Setahun Kemarin juga ikut dibawakan. Saat suasana mulai memanas, sosok yang dinanti akhirnya datang ke atas panggung. Yovie Widianto baru naik ke atas panggung pukul 19.50 WIB dan kolaborasi yang terjadi setelahnya sangat memanjakan mata dan telinga.

Di sela-sela penampilannya, Yovie berbagi banyak cerita soal cinta, pertemanan, dan karier bermusiknya. Dia bangga dengan lagu-lagu yang diciptakannya dan dibawakan beberapa artis, termasuk Kahitna, masih diterima dan dinyanyikan oleh banyak orang hingga saat ini. Meski salah satu vokalis Kahitna Carlo Saba sudah tiada, tetapi apa yang pernah dibawakannya tetap menjadi kenangan yang indah.

Yovie juga sempat ditanya di atas panggung soal apa rahasia lagu-lagu yang diciptakannya kebanyakan menjadi hit dan punya arti mendalam bagi para penikmatnya. Yovie menjawab singkat dan menyebut ada peran dari berbagai hal di balik kesuksesannya.

"Jadi, bukan hanya komposernya saja yang hebat, kalian yang sayang sama lagu ini juga berkontribusi, lalu penyanyi juga punya peran," ucap Yovie

Sebagai komposer, Yovie telah menciptakan banyak lagu hit dan berbagai penghargaan. Dia juga jadi salah satu komposer di dunia yang lagunya yang lagunya telah didengarkan lebih dari 2 miliar orang di salah satu platform streaming.

Usianya saat ini sudah menginjak 55 tahun, tetapi Yovie masih aktif di dunia musik. Beberapa kali lagunya juga dinyanyikan oleh para penyanyi muda yang membuat kiprahnya belum berhenti meski usianya tak lagi muda.

Pada momen ini, Yovie juga teringat dengan Glenn Fredly, salah satu musisi hebat yang sempat membawakan beberapa karyanya. Untuk mengenang Glenn, secara spesial Yovie lalu membawakan lagu Putih.

Baca juga: Joey Alexander Si Bocah Ajaib Tampil Memukau di BNI Java Jazz Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Aksi Rancak Gitaris Cory Wong Sukses Menyihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2023

BERIKUTNYA

Anak Musik Merapat, Menteri BUMN Erick Thohir & Sejumlah Legenda Hidup Musik Indonesia Resmikan Lokananta Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: