Kubis Ungu (Sumber gambar: Freepik)

Manfaat Kubis Ungu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker dan Baik Buat Jantung

02 June 2023   |   17:11 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kubis atau kol ungu merupakan salah satu sayuran berwarna mencolok yang sering Genhype temukan dalam salad. Dari segi cita rasanya tidak jauh beda dengan kol hijau. Namun, sayuran ungu ini memiliki kandungan vitamin A lebih banyak dari yang berwarna hijau. 

Dalam 90 gram kol ungu mentah terkandung berbagai macam nutrisi, di antaranya 1 gram protein, 7 gram karbohidrat,  2 gram serat, 56 persen Vitamin C, 28 persen Vitamin K: AKG, 11 persen Vitamin B6, 6 persen Vitamin A, 5 persen Potasium, 5 persen Thiamin, dan 5 persen Riboflavin.

Baca juga: Korea Selatan Atasi Krisis Kimchi, Cek 5 Manfaat Kesehatannya Yuk

Selain kandungan nutrisi di atas, kol ungu juga mengandung zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, copper, dan juga zinc. Sehingga membuat sayuran tersebut dikategorikan dalam makanan yang mengandung mineral penting. Nah Genhype, yuk simak sejumlah manfaat kol ungu untuk kesehatan tubuh.


1. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Circulation, kandungan anthocyanin pada kubis ungu berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.


2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kubis ungu kaya akan kandungan vitamin C, yakni antioksidan penting yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan menstimulasi aktivitas sel darah putih, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Diketahui seporsi kubis ungu mengandung 51 mg vitamin C, sementara kol hijau hanya memiliki 37 mg vitamin C.


3. Mencegah kanker

Sayuran berwarna ungu tersebut juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Lantaran kol ungi memiliki kandungan antioksidan seperti indoles dan anthocyanin di dalamnya.

Terdapat 36 Jenis anthocyanin yang terkandung di dalamnya dan zat indoles yang berperan dalam menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.


4. Sumber antioksidan  

Kubis ungu juga merupakan sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat radikal bebas. Antioksidan ini meliputi vitamin C, karoten, dan flavonoid seperti anthocyanin dan kaempferol.  

Dibandingkan dengan kubis biasa, kandungan antioksidan kubis ungu 4,5 kali lebih tinggi. Bahkan menariknya lagi, kubis ungu termasuk dalam kategori makanan yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi. 


5. Mengatasi inflamasi

Kubis ungu dapat membantu mengatasi inflamasi yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Sayuran ini dapat mengurangi inflamasi pencernaan sebanyak 22-40 persen karena adanya kandungan sulfur berupa sulforaphane di dalamnyam

Selain itu, kubis ungu juga digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi arthritis atau radang sendi. Orang dewasa yang menderita radang sendi bisa menempelkan sayuran ini sekali sehari untuk mengurangi rasa nyeri.


6. Memperkuat massa tulang

Di dalam kubis ungu terdapat mineral penting seperti kalsium, mangan, zinc, vitamin C dan vitamin K yang penting dalam pembentukan tulang. Kombinasi nutrisi dalam sayuran ini juga dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan.

Baca juga: Sering Ada di Restoran China, Intip 5 Manfaat Sayur Kailan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tiket Konser ONE OK ROCK Siap Dijual, Catat Harga dan Cara Membelinya!

BERIKUTNYA

6 Kiat Memilih Produk Micellar Water sebagai Pembersih Makeup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: