Tumis kailan bawang putih menjadi menu yang tersedia di restoran China. (Sumber gambar : Instagram/Makoto_k1972)

Sering Ada di Restoran China, Intip 5 Manfaat Sayur Kailan

01 July 2022   |   19:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tumis kailan menjadi kuliner khas restoran China. Biasanya sayuran berdaun tebal, datar, mengkilap, berwarna hijau, dengan batang tebal dan pucuk bunga ini dimasak dengan cara dikukus atau ditumis menggunakan saus tiram, kecap asin, dan bawang putih cincang yang digoreng. Kailan disebut juga sebagai brokoli China (gai lan).

Sayur kailan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional hingga modern. Mengutip HealWithFood.org, sayuran hijau bergizi ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti pereda asma hingga mengatasi kanker. Berikut ini manfaat sayur kailan yang dirangkum Hypeabis.id.

Baca juga8 Manfaat Sayur Gambas dari Jaga Kesehatan Mata hingga Cegah Diabetes
 

1. Membantu penderita asma

Kailan mengandung asam folat yang tinggi. Sebuah studi yang terbit dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology pada Juni 2009 menemukan bahwa orang dengan kadar folat plasma terendah 40 persen berisiko menderita mengi daripada orang yang memiliki kadar folat tinggi. Dengan kandungan ini, penderita asma dapat memperoleh manfaat kesehatan tambahan dengan mengonsumsi kailan. 


2. Menyehatkan jantung

Batang kailan mengandung vitamin K. Beberapa studi menunjukkan vitamin K menyehatkan jantung karena kemampuannya yang mengarahkan kalsium ke dalam jaringan tulang, bukan arteri. 


3. Cegah alzheimer

Kaya vitamin-K dan asam omega 3, sayur kailan dipercaya mencegah penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan neuron di otak manusia. Contoh makanan lain yang mengandung vitamin E adalah mangga, pepaya, alpukat, tomat, paprika merah, bayam, dan roti dan serealia.

Baca jugaKenali Faktor Risiko dan Penanganan Alzheimer


4. Menyehatkan mata

Sama seperti brokoli kailan sarat dengan karotenoid. Karotenoid dan vitamin A memainkan beberapa peran penting dalam tubuh manusia, tetapi manfaat kesehatannya yang mungkin paling terkenal berkaitan dengan sifat melindungi kesehatan mata.

Sebuah penelitian yang terbit dalam The Journal of American Medical Association pada 1994 melaporkan bahwa karotenoid terbukti membantu mencegah katarak, gangguan penglihatan pada malam hari, dan retinitis pigmentosa atau penyakit mata ketika dinding belakang mata (retina) rusak.
 

5. Penangkal kanker

Kailan mengandung senyawa glukosinolat yang terbatas di dalam tubuh manusia. Senyawa ini pada prosesnya berubah menjadi seperti isothiocyanate yang juga dikenal sebagai minyak mustard. Minyak ini menginduksi enzim Fase II , enzim detoksifikasi yang memfasilitasi penghapusan karsinogen dari tubuh, dan merangsang apoptosis (penghancuran diri) pada sel kanker.

Kailan juga dipercaya menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, dan ovarium. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rilis Hari Ini, J-Hope Tampilkan Gairah dan Ambisi dalam Video Klip More

BERIKUTNYA

Seller, Simak 7 Cara Cepat Cuan saat Festival Belanja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: