Ilustrasi perempuan menggunakan produk micellar water (Sumber Foto: Freepik)

6 Kiat Memilih Produk Micellar Water sebagai Pembersih Makeup

02 June 2023   |   19:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ada beragam jenis produk pembersih wajah, misalnya yang terbuat dari bahan dasar air, seperti micellar water atau yang terbuat dari bahan dasar minyak seperti oil cleanser. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan jenis kulitmu atau berdasarkan preferensi mu sendiri.

Bagi kamu yang merupakan penggemar micellar water, kabar baiknya, produk ini cocok untuk semua tipe kulit. Micellar water mampu mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran tanpa mengikis minyak alami kulit.

Produk ini diformulasikan dengan molekul micellar yang secara aktif akan menarik sisa makeup dan kotoran seperti magnet. Karenanya, micellar water mampu membersihkan wajah dengan cepat tanpa perlu dibilas lagi. 

Namun, banyaknya brand yang beredar di pasaran pasti membuatmu bingung saat memilihnya. Selain itu tak sedikit juga yang menganggap bahwa semua produk micellar water itu sama, padahal kandungan dan khasiatnya bisa berbeda. Yuk, simak tips memilih produk micellar water. 

Baca juga: Begini 4 Tip Merapikan Koleksi Makeup & Skincare di Rumah
 

1. Kenali Tipe Kulitmu

Apakah kulit kamu termasuk tipe berminyak, kering, normal atau bahkan sensitif? Pertimbangkan kondisi kulit saat akan memilih produk perawatan wajah. Misalnya untuk tipe kulit kering, kamu bisa memilih micellar water dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit.

Sementara untuk tipe kulit sensitif, sebaiknya hindari produk micellar water dengan kandungan yang berpotensi memicu iritasi kulit, seperti alkohol atau fragrance. Adapun, untuk tipe kulit berminyak hindari produk yang memiliki kandungan minyak. Kemudian untuk tipe kulit normal kamu bisa memilih produk micellar water dengan jenis apa pun.


2. Pilih Produk yang Berbahan Dasar Air

Pilihlah micellar water yang terbuat dari air yang sudah dijernihkan atau dimurnikan. Ini penting karena ada beberapa produk yang hanya menggunakan cosmetic quality water, di mana jenis air ini masih menyimpan bakteri yang melepaskan endotoksin saat proses filtrasi. Bakteri tersebut jika memasuki kulit dapat menimbulkan peradangan pada kulit. 


3. Pilih yang Bisa Membersihkan Makeup Waterproof

Walaupun semua produk micellar water mampu membersihkan sisa makeup dan kotoran, akan lebih baik jika kamu memilih produk yang bisa mengangkat makeup waterproof atau tahan air. Biasanya produk tersebut bekerja dua kali lebih optimal dalam membersihkan wajah. 

Kamu pun tak perlu mengusap wajah terlalu keras dan waktu untuk membersihkan makeup jadi lebih singkat. Akan tetapi biasanya, micellar water yang dapat mengangkat makeup waterproof memiliki kandungan minyak sehingga tidak disarankan untuk pemilik tipe kulit oily.


4. Cek Kandungan Pembersihnya

Pastikan komposisi micellar water aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk kulit seperti mercury. Sebaiknya kamu juga memilih produk dari brand yang sudah terkenal dan terpercaya, sehingga semua komposisi produknya sudah dipastikan aman untuk digunakan.


5. Cari yang Mengandung Pengawet

Perlu diketahui bahwa micellar water 90 persen terbuat dari air, oleh karena itu produk ini perlu pengawet supaya tahan lama. Tentu saja pengawet tersebut sudah aman untuk kulit wajah.

Selain memperpanjang usia produk, pengawet juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jamur. Lantaran di dalam air mudah sekali tumbuh jamur dan bakteri. Karenanya micellar water yang berbahan dasar air sebaiknya mengandung pengawet supaya tidak cepat jamuran.


6. Hindari yang Mengandung Banyak Bahan Aditif

Bagi kamu pemilik tipe kulit sensitif, hindari produk yang mengandung bahan aditif dalam jumlah besar. untungnya sebagian besar produk micellar water memang tidak mengandung alkohol. Namun selain alkohol, kamu juga sebaiknya menghindari bahan pewarna, pewangi, dan paraben.

Nah, setelah kamu menemukan produk yang cocok untuk kulit pastikan juga apakah aman digunakan dalam jangka waktu panjang. Saat melihat adanya tanda-tanda iritasi yang muncul setelah menggunakan micellar water, segera hentikan pemakaiannya ya! 

Baca juga: 6 Kiat Makeup saat Pakai Softlens Supaya Mata Tidak Gatal & Iritasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Manfaat Kubis Ungu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker dan Baik Buat Jantung

BERIKUTNYA

Episode Final Siap Tayang, Ini 5 Alasan Drakor Doctor Cha Wajib Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: