Kimchi, acar tradisional Korea Selatan yang semakin populer. (Sumber gambar : Freepik/Jcom)

Korea Selatan Atasi Krisis Kimchi, Cek 5 Manfaat Kesehatannya Yuk

09 October 2022   |   08:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perubahan iklim berdampak buruk pada makanan tradisional Korea Selatan, kimchi. Bisa dikatakan Ngeri Gingseng ini sedang mengalami krisis acar pedas tersebut. Harganya semakin mahal karena kubis sebagai bahan utama kimchi ukurannya semakin kecil dan stoknya langka karena cuaca yang buruk.

Petani di Korea Selatan mengatakan perubahan iklim telah membuat mereka lebih sulit untuk menanam kubis. Mereka harus menghadapi suhu tinggi dan hujan lebih dari biasanya.

Para penjual kimchi pun kesulitan menghasilkan uang karena harga kubis yang berlipat ganda. Selain itu, kimchi semakin populer di seluruh dunia sehingga ada lebih banyak kompetisi. Pembuat makanan di China pun berlomba menanam kubis dan membuat kimchi, lalu menjualnya kepada orang-orang di Korea Selatan.

Kimchi yang berasal dari China harganya jauh lebih murah dan akhirnya memiliki porsi 40 persen pasar. Situasi ini membuat para pembuat kimchi kewalahan. Sebuah studi oleh Korea Rating & Data menunjukkan bahwa sekitar 1.000 pembuat kimchi Korea Selatan beralih membuat produk lain pada tahun lalu.

Baca juga: Selain Baechu Kimchi, Ini 7 Variasi Kimchi yang Bisa Genhype Coba

Menghadapi fenomena ini, pemerintah Korea Selatan lantas membuat rencana untuk membangun dua tempat penampungan besar untuk kubis. Tempat-tempat ini dibuat seluas tiga lapangan sepak bola dan diprediksi menampung 10.000 ton kubis setiap hari.

Sementara itu, kimchi memang makin populer di dunia seiring gelombang halyu yang disebarkan Negeri Gingseng ini. Namun demikian, kimchi bukan sekadar lauk waijb yang selalu hadir untuk melengkapi menu makanan di Korea Selatan.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsinya. Berikut manfaat kimchi yang dirangkum Hypeabis.id. 


1. Lengkap nutrisi dan rendah kalori

Kubis sebagai salah satu bahan utama dalam kimchi mengandung vitamin A dan C, 10 mineral yang berbeda, serta lebih dari 34 asam amino.

Karena kimchi sangat bervariasi dalam bahan, profil gizi yang tepat berbeda antara batch dan merek. Semua sama, porsi 1-cangkir (150 gram) berisi sekitar (4 Sumber Terpercaya, 5 Sumber Terpercaya):

Kubis juga mengandung vitamin K dan riboflavin. Vitamin K memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme tulang dan pembekuan darah. Sementara riboflavin membantu mengatur produksi energi, pertumbuhan sel, dan metabolisme.

Diatmbah proses fermentasi, kimchi dapat mengembangkan nutrisi tambahan yang lebih mudah diserap oleh tubuh. 


2. Sumber prebiotik untuk meningkatkan imun

Proses fermentasi membuat kimchi mengandung bakteri sehat atau lactobacillus yang membantu proses pencernaan tubuh. Fermentasi terjadi ketika pati atau gula diubah menjadi alkohol atau asam oleh organisme seperti ragi, jamur, atau bakteri.

Fermentasi juga menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri ramah lainnya berkembang dan berkembang biak. Ini termasuk probiotik, yang merupakan mikroorganisme hidup yang menawarkan manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. 

Makan makanan fermentasi yang mengandung probiotik dapat membantu menjaga flora usus yang sehat dan mengurangi gejala negatif dari kondisi yang berhubungan dengan pencernaan.

Bakteri Lactobacillus di kimchi dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dalam sebuah penelitian pada tikus yang disuntikkan bakteri Lactobacillus plantarum, memiliki tingkat tumor penanda inflamasi nekrosis faktor alpha (TNF alpha) lebih rendah daripada kelompok kontrol. Tingkat alfa TNF ini sering meningkat selama infeksi dan penyakit.
1
2


SEBELUMNYA

Rilis Album CHARLIE, Simak Tracklist & Kisah Kolaborasi Charlie Puth X Jungkook BTS

BERIKUTNYA

Hypereport: Serunya Hobi Balap Tamiya yang Kini digandrungi Anak Gede

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: