Java Jazz merupakan satu dari sederet festival jaz di Tanah Air yang dihelat setiap tahun. (Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Suka Musik Jazz? Yuk Intip 7 Festival Jazz Terbesar di Indonesia

02 June 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Jazz Gunung

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jazz Gunung (@jazzgunung)


Mau nonton festival jaz sambil menikmati keindahan alam Indonesia? Jawabannya ada di Festival Jazz Gunung yang digelar setiap tahunnya di daerah pegunungan Gunung Bromo. Ya, di festival ini kamu akan disuguhi penampilan para musisi jazz terbaik di alam terbuka berlatar pegunungan.

Adapun dalam konsernya, Jazz Gunung biasanya menghadirkan komposisi jazz bernuansa etnik yang unik dan menarik, seperti Dewa Budjana, Balawan, hingga Kuaetnika. Sejuknya pegunungan yang berpadu dengan alunan jazz etnik tak ayal menciptakan momen langka yang sulit dilupakan, sebab kamu bisa menikmatinya dalam satu waktu. 
 

5. Jazz Atas Awan

Selain Jazz Gunung yang digagas almarhum Djaduk Ferianto, Indonesia juga punya Jazz Atas Awan yang dilangsungkan di dataran tinggi Dieng. Kombinasi lanskap alam, seni tradisi, dan musik jazz hingga kontemporer dipastikan bakal membuat kalian puas untuk menikmati acara tahunan ini.

Program Jazz Atas Awan sebenarnya merupakan bagian dari Dieng Culture festival yang dihelat sebagai bagian rasa syukur masyarakat di Pegunungan Dieng. Selain jazz acara yang sering dikunjungi termasuk tradisi ruwatan pemotongan rambut gimbal, Festival Film Dieng, Minum Purwaceng Bersama, Festival Lampion, dan sebagainya.
 

6. Ijen Summer Jazz

Sama seperti Jazz Gunung dan Jazz Atas Awan, Ijen Summer Jazz juga diselenggarakan di panggung terbuka, tepatnya di Jiwa Jawa Resort Ijen,Banyuwangi, Jawa Timur. Keunikan dari festival ini adalah antara penonton dan musisi bisa salin berinteraksi satu sama lain sehingga gelaran berlangsung lebih intim.

Selain itu, Ijen Summer Jazz juga memberikan panorama pegunungan Raung dan Meranti yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Sembari menonton pertunjukan, kamu juga  bisa melihat ratusan patung tembikar berwujud penari gandrung yang tersebar di area persawahan yang menjadi salah satu ikon tari klasik asal Banyuwangi. 
 

7. Mahakam Jazz Fiesta

Gelaran festival jazz tak hanya diadakan di Pulau Jawa saja lo. Di Pulau Kalimantan tepatnya Kota Samarinda juga ada Mahakam Jazz Fiesta yang dihelat setiap tahunnya. Keunikan dari festival ini adalah digelar di tepi sungai Mahakam yang legendaris dengan menampilkan deretan musisi jazz terkenal. 

Nah, itulah sederet festival musik jazz yang bisa kamu nikmati di berbagai daerah Indonesia Genhype. Dengan keunikannya masing-masing tentu sayang untuk melewatkan event tahunan yang pastinya meriah dan semarak itu. Jadi, kapan nih kalian mulai nonton festival musik jazz?

Baca juga: Penantian 3 Tahun, ONE OK ROCK Siap Konser di Jakarta September 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Euforia Konser Musik Tak Padam, Indonesia Bersiap Jadi Negara Tujuan Konser Dunia?

BERIKUTNYA

Cara Membangun Kesan Pertama yang Baik & Menarik di Aplikasi Kencan Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: