Java Jazz merupakan satu dari sederet festival jaz di Tanah Air yang dihelat setiap tahun. (Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Suka Musik Jazz? Yuk Intip 7 Festival Jazz Terbesar di Indonesia

02 June 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Festival musik memiliki peran besar dalam mempromosikan Indonesia ke khalayak luas, termasuk wisatawan mancanegara. Nusantara juga memiliki segudang festival musik yang dikemas dengan cara unik lewat beragam aliran yang terus berkembang. 

Salah satunya adalah aliran musik jazz atau jaz yang kian banyak diminati generasi muda. Di Indonesia, konser dan festival jaz juga tersebar di berbagai daerah. Beberapa di antaranya juga melakukan pendekatan dengan gabungan alat musik tradisional. 

Nah, bagi yang menyukai musik jazz atau baru mengenalnya, berikut sederet festival musik jazz yang bisa kalian nikmati di berbagai daerah yang pastinya menghibur dan sayang untuk dilewatkan. 

Baca juga: Euforia Konser Musik Tak Padam, Indonesia Bersiap Jadi Negara Tujuan Konser Dunia?


1. Java Jazz Festival

 

Java Jazz merupakan salah satu festival musik yang memiliki banyak penggemar, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Dihelat sejak 2005, Java Jazz Festival adalah festival musik tahunan yang selalu menampilkan berbagai musisi jaz legendaris papan atas, baik dari dalam maupun luar negeri yang siap menghibur kalian. 

Festival ini merupakan surga dunianya para pencinta musik jaz karena bakal memanjakan telinga dengan deretan lagu jazz terbaik yang pernah ada. Tahun ini Java Jazz juga kembali digelar di JIEXPO Kemayoran pada 2-4 Juni 2023 dengan menampilkan ratusan musisi dari dalam dan luar negeri.

Mengusung tajuk Let Music Lead Your Memories, Java Jazz 2023 akan menampilkan tamu spesial seperti Stephen Sanchez, The Chicago Experience Feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey, musisi MAX, dan gitaris nominasi Grammy, Corry Wong.

Tak hanya dari luar negeri, Java Jazz Festival juga bakal menghadirkan musisi Indonesia antara lain Vina Panduwinata, Fariz RM, Adhitia Sofyan, hingga Barry Likumahuwa. 
 

2. Jazz Goes to Campus

 

Festival Jazz Goes to Campus atau yang lebih akrab disingkat JGTC merupakan konser musik jaz yang sudah ada sejak 1976. Sesuai namanya, festival ini selalu dihelat di kampus Universitas Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan musik jaz pada khalayak yang lebih luas, khususnya mahasiswa dan masyarakat akar rumput. 

Lantaran berlangsung di kampus, harga tiket untuk menikmati acara ini pun relatif lebih ekonomis. Namun kalian tak perlu khawatir, sebab acara ini juga selalu dimeriahkan oleh deretan musisi jazz papan atas Indonesia hingga bintang kelas dunia seperti Tohpati, Barry Likumahuwa. The Groove, hingga Indra Lesmana.  
 

3. Prambanan Jazz

 

Menikmati musik jazz dengan latar Candi Prambanan tentu akan melahirkan kesan berbeda nan estetik. Ya, festival yang dimulai sejak 2015 ini memang mencoba mengemas jaz dengan cara yang unik, yaitu menikmati konser sekaligus berwisata menikmati keindahan arsitektur masa lalu sembari mendengarkan alunan jazz yang ciamik.

Adapun, konser yang digagas oleh Rajawali Indonesia ini juga selalu menghadirkan bintang tamu yang luar biasa yang dipastikan menghibur kalian. Penampilan kolaborasi antara mahakarya musik dan mahakarya Candi Prambanan tentunya bakal menjadi kenangan yang tak terlupakan seumur hidup. 

Baca juga: Presale Tiket Konser Dewa 19 x All Stars Dibuka Tahap Dua
1
2


SEBELUMNYA

Euforia Konser Musik Tak Padam, Indonesia Bersiap Jadi Negara Tujuan Konser Dunia?

BERIKUTNYA

Cara Membangun Kesan Pertama yang Baik & Menarik di Aplikasi Kencan Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: