Bendera Indonesia (Sumber gambar: Aboodi Vesakaran/Pexels)

Ini Sejarah & Cara Merayakan Hari Lahir Pancasila yang Diperingati Setiap 1 Juni

01 June 2023   |   10:04 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 1 Juni, Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara dalam perjalanan panjang Indonesia sebagai bangsa. Saking berharganya, kelahiran Pancasila menjadi salah satu hari penting bagi bangsa Indonesia.

Keputusan Presiden Republik Indonesia No 24 Tahun 2016 telah menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional. Namun, beberapa institusi badan dan pendidikan kerap menyelenggarakan upcara sebagai bentuk penghormatan terhadap hari lahirnya dasar negara ini.

Mengetahui sejarah lahirnya Pancasila merupakan bagian penting bagi warga negara Indonesia. Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan positif baik secara individua tau bersama-sama.


Sejarah Hari Lahir Pancasila

Lahirnya Pancasila tidak lepas dari perjuangan leluhur dalam memerdekakan Indonesia. Namun secara singkat, terpilihnya 1 Juni sebagai lahirnya Pancasila merujuk pada momen sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kala itu, BPUPKI tengah berupaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Sidang pertama mengenai perumusan dasar negara ini dimulai pada 29 Mei 1945.

Anggota BPUPKI membas bagaimana dasar-dasar yang mengatur Indonesia merdeka. Kemudian pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan gagasan mengenai konsep Pancasila sebagai dasar negara. Soekarno membeberkan konsep ini dalam pidatonya yang bertajuk Lahirnya Pancasila. Panca diartikan sebagai lima, sementara Sila berarti asas. Soekarno menyampaikan lima asas yang menjadi dasar bagi Indonesia merdeka. Sila pertama, mengenai Kebangsaan, sila kedua, mengenai Internasionalisme, Sila ketiga, tentang Demokrasi, Sila keempat, mengenai Keadilan Sosial, dan sila kelima, tentang Ketuhanan.

Berbekal dari konsep tersebut, Pancasila disempurnakan bersama dengan peramuan Undang-Undang Dasar. Adalah panitia Sembilan yang mengambil bagian untuk merumuskan ini adalah Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo. Akhirnya, Pancasila disahkan sebagai dasar negara dalam sidang PPKI pada 18 Agustus 1945.


Cara Merayakan Hari Lahir Pancasila


Baca juga: Selamat Hari Lahir Pancasila! Berikut Rekomendasi Ucapan yang Bermakna Bagi Teman dan Kolega


1. Mendatangi Museum

Menjelajahi museum bisa menjadi salah satu opsi untuk merayakan semarak kelahiran Pancasila. Indonesia memiliki museum yang bisa disambangi untuk menambah wawasan mengenai Pancasila. Salah satunya adalah Gedung Pancasila yang berada di kawasan Jakarta Pusat. Dulunya, gedung ini dinamai Gedung Volksraad sebelum berubah menjadi Gedung Pancasila. Di sana, sejarah panjang Pancasila jelang kemerdekaan Indonesia terpampang jelas.

Selain Gedung Pancasila, berwisata ke Monumen Nasional (Monas) juga bisa menjadi pilihan Genhype untuk memperingati lahirnya Pancasila ini. Di sana, catatan proses lahirnya Pancasila divisualisasikan. Salah satunya adalah gambaran saat anggota PPKI berdiskusi di satu meja besar untuk membahas pengesahan Pancasila sebagai dasar negara.


2. Menerapkan Poin dari Nilai Pancasila

Pancasila sudah menjadi landasan kehidupan warga Indonesia. Dalam merayakan momen spesial ini, menerapkan poin-poin penting dari nilai Pancasila juga bisa dilakukan untuk memperingati lahirnya Pancasila. Misalnya dalam sila kedua, yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Genhype bisa menerapkan sikap tolong menolong kepada sesama warga melalui kegiataan kemanusiaan.

Pada sila ketiga, yang berbunyi Kesatuan Indonesia, kamu bisa menembangkan sikap saling menghargai, mencintai Tanah Air, dan mementingkan kepentingan bersama. Setiap sila memiliki poin penerapan yang bisa Genhype lakukan untuk menyemarakkan Hari lahir Pancasila ini.
 

3. Mengikuti Upacara Bendera

Ikut dalam gelaran upacara bendera juga bisa dilakukan untuk menggelorakan semangat Pancasila. Momen satu tahun sekali ini dapat diisi dengan mengikuti upcara dengan hikmat di ruang publik. Instansi pendidikan dan pemerintah biasanya mengadakan upacara bendera saat Hari Lahir Pancasila. Begitupun dengan lingkungan kantor yang biasanya mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai peringatan kelahiran Pancasila.

Bagi Genhype yang ingin menyaksikan momen upacara bendera Hari Lahir Pancasila, kamu bisa menyaksikannya secara daring melalui siaran langsung di platform YouTube Sekretariat Presiden atau Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).


4. Berbagi Pesan Positif di Media Sosial

Cara mudah yang bisa diterapkan untuk merayakan momen ini adalah dengan menyebarkan pesan positif di media sosial. Memanfaatkan media sosial untuk berbagi nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan dengan mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila, berbagi semangat Pancasila, hingga menebarkan poin-poin penting terkait dengan Pancasila.

Genhype juga dapat berbagi rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan untuk menggelorakan Pancasila, bahkan bisa membuka diskusi-diskusi terkait dengan momen kelahiran Pancasila hingga kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila, Apa Bedanya dengan Hari Lahir Pancasila?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

WhatsApp Uji Coba Fitur Screen Sharing

BERIKUTNYA

Selain Serial Jurnal Risa, Yuk Tonton 5 Film Horor dari Danur Universe

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: