Ilustrasi pembayaran Apple Pay (Sumber gambar: Christian Koepke/Unsplash)

Cara Menggunakan Fitur Apple Pay di Indonesia, Tinggal Tap dari iPhone dan Apple Watch

29 May 2023   |   09:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan, fitur pembayaran contactless semakin marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebetulnya, teknologi ini sudah lama digunakan sebagai metode pembayaran di luar negeri. Namun pandemi Covid-19 menjadi titik balik fitur pembayaran contactless semakin meningkat di dunia, terutama Indonesia. Studi yang dilakukan Visa mengungkap, satu di antara tiga konsumen menggunakan fitur contactless berbasis kartu sejak pandemi terjadi.

Kini tren contactless tidak hanya berputar pada bentuk fisik kartu. Smartphone yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia mulai dimanfaatkan untuk metode pembayaran. Hanya dengan menyambungkan akun bank dengan smartpone, pengguna tinggal melakukan metode tap atau tempel pada mesin bayar. Fitur ini diwujudkan oleh smartphone dan produk besutan Apple. Metode pembayaran Apple Pay sudah diperkenalkan Apple sejak 2014.

Baca juga: 5 Fitur Baru di iOS 16.5, Tab Olahraga Apple News sampai Tap to Pay

Apple Pay diperkenalkan sebagai metode pembayaran dengan bank berbasis kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan transaksi lebih ringkas dan aman. Apple Pay bisa menjembatani metode bayar contactless dari akun bank pengguna saat melakukan transaksi.

Sejak rilis 9 tahun lalu, Apple Pay sudah didukung oleh ratusan bank di dunia. Namun hingga saat ini, hanya beberapa negara yang sudah didukung oleh fitur pembayaran ini. Melansir Apple, wilayah Asia Pasifik yang telah didukung fitur Apple Pay adalah Australia, China, Hong Kong, Jepang, Makau, Malaysia, New Zealand, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan. Dari daftar negara Asia Pasifik tersebut, Indonesia belum masuk dalam jaringan pembayaran Apple Pay.

Meski begitu, fitur Apple Pay tetap bisa digunakan dengan memanfaatkan fitur aplikasi ketiga. Salah satunya adalah layanan babnk digital bernama Wise yang sudah bisa digunakan di Indonesia. Wise bisa menautkan Apple Pay untuk melakukan metode pembayaran lewat iPhone atau Apple Watch. Untuk Genhype yang ingin melakukan pembayaran dari Apple Pay lewat aplikasi Wise, yuk simak cara berikut:
 

Ilustrasi pembayaran Apple Pay (Sumber gambar: CardMapr/Unsplash)

Ilustrasi pembayaran Apple Pay (Sumber gambar: CardMapr/Unsplash)

 
  1. Unduh aplikasi Wise di App Store
  2. Registrasi akun Wise dengan melengkapi data dan informasi pribadi
  3. Buka browser Safari, masuk ke laman Wise dan login ke akun yang sudah dibuat
  4. Masuk ke laman profil, klik Details, kemudian ubah bagian negara menjadi Switzerland atau negara yang sudah didukung Apple Pay. Selesaikan dengan klik simpan
  5. Klik Card, kemudian klik Get Yours Now pada tamnpilan kartu Wise dengan logo Visa berwarna ungu
  6. Verifikasi identitas sesuai dengan data informasi yang legal seperti KTP atau Paspor. Verifikasi akan memakan waktu kurang lebih 1 jam
  7. Setelah terverifikasi, buka aplikasi Wise dan tambahkan kartu pembayaran yang sudah terverifikasi ke Apple Wallet
  8. Isi saldo Wise untuk transaksi. Kamu bisa mengisi dengan mata uang dollar dan membayarnya dalam Rupiah.
  9. Untuk menggunakan metode Apple Pay saat transaksi, cukup tekan bagian power button sebanyak dua kali, lalu lakukan verifikasi wajah melalui Face ID
  10. Tap atau tempelkan perangkat iPhone atau Apple Watch di mesin pembayaran seperti EDC. Saldo akan otomatis memotong sesuai dengan nominal transaksi.

Baca juga: Apple Rilis Warna Kuning untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Cek Varian Lain

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Lionel Messi Resmi Dipanggil Scaloni untuk Laga Persahabatan Asia, Pasti ke Indonesia?

BERIKUTNYA

Sejarah & Tujuan Hari Lansia Nasional yang Diperingati Tiap 29 Mei

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: