Lambang Garuda dengan nilai Pancasila. (Sumber gambar : Mufid Majnun/Unsplash)

Selamat Hari Lahir Pancasila! Berikut Rekomendasi Ucapan yang Bermakna Bagi Teman dan Kolega

31 May 2023   |   23:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dikemukakan melalui pidato spontan Presiden Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan), pada 1 Juni 1945. Sejak saat itu, momentum tersebut dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila dan selalu diperingati setiap tahunnya. 

Besok, hari bersejarah ini akan diperingati kembali diperingati. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023). 

Baca juga: Makna Lagu Gugur Bunga yang Jadi Penutup Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Upacara skala besar tesebut akan dihadiri sejumlah pejabat hinga tokoh bangsa. Tidak terkecuali Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri yang menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 

Selain di Monas, biasanya instansi pemerintah dan sekolah di seluruh daerah juga menggelar upacara bendera. Tentu dalam upacara tersebut, teks Pancasila akan dibacakan. Adapun tahun ini, tema Hari Lahir Pancasila yakni gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Selain upacara, kamu juga bisa merayakan Hari Lahir Pancasila dengan cara sederhana. Salah satunya dengan mengirimkan ucapan kepada keluarga, kerabat, teman, ataupun kolega. 

Buat kamu yang bingung seperti apa kata-kata yang pas untuk dikirimkan pada Hari Lahir Pancasila, simak rekomendasinya berikut ini yuk, Genhype

1. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari perkokoh nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan. Teruslah bergandengan tangan mempertahankan persatuan.

2. Suku, budaya, bahasa, dan agama kita boleh saja berbeda, tetapi kita tetap satu bangsa dan satu negara yang terikat nilai luhur Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila!

3. Ayo tetap berjuang bersama mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab di tengah arus gelombang perubahan yang pesat.  Jaga kesatuan dan persatuan, selesaikan semua perbedaan atau selisih paham dengan musyawarah. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

4. Selamat Harlah Pancasila 2023, Maribergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. 

5. Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat bagi kita semua bahwa butir-butir Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, mari wujudkan Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh!

6. Pancasila bukan hanya sekadar dilafalkan saat upacara bendera, tetapi juga harus diterapkan di kehidupan nyata. Selamat Hari Lahir Pancasila!

7. Pancasila tangguh, negara utuh. Mari perkokoh persatuan bangsa dalam Bhineka Tunggal Ika. Selamat Hari Lahir Pancasila.

8. Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Tetap bersatu dalam ketuhanan dan persatuan. Selamat Hari Lahir Pancasila.

9. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Mari bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai, dan menghormati. Semangat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

10. Di tengah gaduh politik, tetap bersatu dalam semangat Pancasila.   Rawatlah Kebhinekaan, persatuan, dan tuntaskan perbedaan dengan permusyawaratan yang bijaksana. Selamat Hari Lahir Pancasila, kawan!

Baca juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila, Apa Bedanya dengan Hari Lahir Pancasila?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

8 Grup Band Rock Alternatif yang Populer pada Era 2000-an Selain Coldplay

BERIKUTNYA

Penggemar Musik Jazz Merapat, Begini Cara Pembelian Tiket BNI Java Jazz 2023 di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: