Penampilan Vina Panduwinata dalam ajang BNI Java Jazz Festival 2022 di Jakarta Jumat, 27 Mei (Sumber gambar: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Hadirkan Ratusan Musisi, BNI Java Jazz 2023 Jadi Ajang Kolaborasi Musisi Lokal dan Internasional

31 May 2023   |   13:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pencinta musik jaz siap semringah. Pasalnya, festival tahunan jaz terbesar di dunia, Java Jazz siap digelar tahun ini. Menjadi gelaran ke-18, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 akan dihelat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran pada 2-4 Juni 2023.

Seperti tahun sebelumnya, festival musik ini akan membawa musisi Indonesia dan luar negeri untuk menghibur penikmat jazz di Tanah Air. Selama tiga malam, musisi-musisi berbakat bakal menghentak di festival yang mengusung tema Let Music Lead Your Memories itu.

Baca juga: Dari Jessie J hingga Jason Mraz, Inilah Deretan Musisi Dunia yang Pernah Manggung di Java Jazz

Direktur Utama Java Festival Production, Dewi Gontha mengatakan saat ini pihaknya juga terus mempersiapkan panggung Java Jazz. Tak hanya itu tahun ini juga akan ada banyak suguhan spesial  yang akan menghadirkan sederet musisi jazz terkenal  dan legendaris di dunia.

"Persiapan kita sekarang sudah 80 persen karena pekan depan para artis asing sudah mulai hadir," kata Dewi Gontha dikutip dari laman Kemenparekraf.
 
 


Melalui laman Twitternya, Java Jazz 2023 juga sudah mengumumkan line up spesial dengan menampilkan lebih banyak musisi hingga total ada sekitar 125 musisi yang akan tampil di atas panggung. Beberapa artis juga dihadirkan dalam pertunjukan kolaborasi musisi legendaris hingga musisi paling baru di Tanah Air.

Adapun beberapa musisi yang akan tampil juga beragam, mulai dari yang senior hingga masa kini. Beberapa di antaranya yang spesial tentu saja penampilan dari Stephen Sanchez, The Chicago Experience Feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey, musisi MAX, dan gitaris nominasi Grammy, Corry Wong. 

Selain itu, musisi dalam negeri juga turut memeriahkan festival tahunan Jazz yang berlangsung sejak 2005 ini. Di antaranya adalah Adhitya Sofyan, Andien, Endah n Rhesa, Ardhito Pramono, Alonzo Brata, Vina Panduwinata, Barry Likumahuwa hingga Sisitipsi. Kolaborasi antara musisi lokal dan internasional juga akan mewarnai Java Jazz tahun ini.

"Kolaborasi itu DNA Java Jazz Festival, karenanya kolaborasi musisi internasional dan lokal selalu kita hadirkan," kata Nikita Dompas, Divisi Program Java Festival Production.

Sementara itu untuk membuat festival berjalan lancar, penyelenggara pun akan membuat 12 panggung berbeda bagi para musisi yang tampil. Total juga aka adan 140 show selama festival berlangsung dengan lebih dari 40 show setiap hari yang dipastikan siap menghibur para penikmat musik jazz.

Gelaran Jakarta International Java Jazz Festival 2023  juga ditargetkan dapat menarik penonton lintas generasi yang diharap mampu mendorong upaya pencapaian target 8,5 juta wisman dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara  di tahun ini.

"Kemenparekraf berharap event seperti ini dapat menebar harapan dan semangat yang bisa dijadikan momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Bagi yang ingin menyaksikan festival ini, tiket Java Jazz Festival 2023 dapat dibeli di laman resminya atau  platform yang bekerjasama dengan Java Jazz. Adapun harga daily pass untuk satu hari adalah Rp1.025.000, sementara untuk tiket 3 Day Pass seharga Rp2.450.000. Namun untuk menonton special show pengunjung perlu membeli tiket terpisah yang dimulai dari Rp175.000-Rp200.000.

Sebagai tambahan informasi, Java Jazz merupakan event tahunan dan salah satu festival jazz terbesar di dunia. Pada 2010, festival ini juga  berhasil memecahkan rekor  sebagai Festival Jazz Terbesar di dunia dengan menghadirkan sebanyak 1.300 musisi, artis dan grup musik di 21 panggung yang pertam kali diadakan dalam satu kawasan.

Baca juga: Java Jazz Festival Siap Digelar Tahun Ini, Catat Tanggalnya!

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Yuk Simak Penjelasan Makna Filosofis Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat

BERIKUTNYA

Indonesia Kirimkan Dua Pebasket Muda ke Ajang Basketball Without Borders di Abu Dhabi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: