Penampilan Christina Perri di panggung Java Jazz 2015 (Sumber: Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam)

Dari Jessie J hingga Jason Mraz, Inilah Deretan Musisi Dunia yang Pernah Manggung di Java Jazz

28 May 2023   |   18:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pengujung Mei 2022, grup musik asal Washington DC, The Temptations Rev feat. Glenn Leonard tampil memukau di atas panggung Special Show Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022. Mereka membawakan total 15 lagu populer, yang dibuka dengan Standing on The Top, ditutup lewat I'm Losing You

Masih lekat dalam ingatan penulis, penampilan mereka menyuguhkan aksi panggung yang ciamik. Segi vokal lima anggota grup itu tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, mereka juga hadir dengan konsep koreografi yang jempolan, melengkapi pengalaman menonton konser utuh. Audio dan visual. 

Baca juga: The Temptations Rev feat. Glenn Leonard Pukau Penonton di Malam Terakhir BNI Java Jazz Festival 2022

Panggung Java Jazz Festival (JJF) menghadirkan pertunjukan yang meriah, seperti acaranya sendiri yang menawarkan ratusan musisi dari dalam dan luar negeri bagi para pencinta musik di Indonesia. Sejak pertama kali dihelat pada 2005, salah satu konser musik terbesar di Asia ini memang selalu dinantikan kehadirannya. 

Apalagi, JJF tiap tahunnya hadir dengan line up yang beragam - kini, tidak lagi terbatas pada musik bergenre jaz. Termasuk di antaranya adalah para bintang utama, yang merupakan musisi kelas wahid.

Mulai dari Jessie J hingga John Legends, berikut ini adalah deretan musisi dunia yang pernah menampilkan pertunjukan terbaiknya di panggung Java Jazz Festival. Yuk simak siapa saja daftarnya dalam ulasan berikut ini. 


1. Jessie J

Penampilan Jessie J di panggun Java Jazz 2015 (Sumber: Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam)

Penampilan Jessie J di panggun Java Jazz 2015 (Sumber: Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam)

Jessica Ellen Cornish atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Jessie J tampil di gelaran Java Jazz pada 2015. Ketika itu, dia membawakan lagu-lagu terkenal miliknya seperti Domino, Burnin’ Up, Who You Are, hingga Bang Bang

Bahkan pada kesempatan tersebut, penyanyi kelahiran 1988 itu membuat aksi yang cukup mengejutkan dan kontroversial. Menjelang penghujung acara, dia menanggalkan kaus luarnya, sehingga menyisakan pakaian dalam dan celana panjang. Memang, sebelumnya dia sempat mengatakan bahwa cuaca di Jakarta panas dan dia ingin bersenang-senang. 
 

2. John Legend

Pada ajang Java Jazz 2010, salah satu musisi kondang yang banyak dinantikan para penggemar musik Tanah Air adalah John Legend. Pelantun lagu All of Me itu membawakan lagu-lagu yang sudah tak asing lagi di telinga para penikmat, termasuk Use to Love U, Heaven Only Knows, Where Did My Baby Go, dan yang lainnya. 

Dia juga sempat menarik salah satu penonton ke atas panggung untuk bernyanyi bersama, yang tidak lain adalah presenter dan selebritas Melaney Ricardo. Di atas panggung Hall D2, dia tampil memukau dengan vokalnya yang khas, disertai dengan permainan pianonya yang piawai. 
 

3. Christina Perri

Christina Perri (Sumber: Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam)

Christina Perri (Sumber: Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam)

The 11th Jakarta International Java Jazz Festival yang berlangsung pada Maret 2015 juga menjadi panggung untuk salah satu musisi kelas dunia Christina Perri. Dia tampil anggun dengan padanan kemeja putih dan rok hitam. 

Perri melantunkan lagu-lagu mellow hingga up beat seperti Shot Me in The Heart, Run, Distance, dan Burning Gold. Tak mungkin ketinggalan, dia tentunya menyanyikan salah satu single paling hitnya yakni A Thousand Years yang langsung disambut histeris oleh seluruh penonton. 
 

4. Jason Mraz 

Penyanyi solo asal Amerika Serikat Jason Mraz juga pernah memeriahkan konser Java Jazz Festival, tepatnya pada gelaran 2009. Di atas panggung, dia tampil dengan setelah yang kasual, tapi tetap mampu membius para penikmat musiknya. Lagu-lagu seperti You and I Both, Make it Mine, Lucky, hingga I’m Yours membuat para pendengar ikut bersenandung ria. 
 

5. Chris Botti & Sting

Chris Botti dan Sting (Sumber: Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Chris Botti dan Sting (Sumber: Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat) 

Tak hanya menampilkan deretan para penyanyi dunia, acara ini juga jadi wadah para komponis dan pemain instrumen sohor. Contohnya, yang jadi salah satu momen menarik adalah kolaborasi antara Chris Botti dan Sting pada Java Jazz Festival 2016. Mereka berdua memang didapuk sebagai bintang utama acara pada tahun itu, yang menghasilkan kerumunan sesak di JIEXPO Kemayoran. 

Chris Botti dengan terompet andalannya dan Sting dengan suara khasnya jadi kolaborasi yang sangat apik. Keduanya memperdengarkan musik dari lagu Deborah Theme, When I Fall in Love, If I Ever Lose My Faith in You, dan Every Little Thing She Doesn't Magic. Sting juga mengajak Botti berduet membawakan lagu Seven Days yang disambut riuh tepuk tangan dan teriakan penonton. 


Java Jazz 2023 

Adapun, BNI Java Jazz Festival 2023 akan digelar pada 2-4 Juni bertempat di JIEXPO Kemayoran. Pada tahun ini, gelaran festival musik itu memasuki penyelenggaraan yang ke-18, dengan mengangkat tema Let Music Lead Your Memories

Java Festival Production selaku penyelenggara acara juga telah mengumumkan line up para musisi lokal dan internasional, yang siap mengisi panggung-panggung pertunjukan selama tiga hari berlangsung. Hingga artikel ini dibuat, Minggu (28/5/2023) setidaknya pihak promotor telah merilis daftar musisi utama atau yang biasanya disebut dengan Special Show pada hari pertama dan kedua. 

Mereka adalah Stephen Sanchez dan The Chicago Experience feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey pada hari pertama, 2 juni serta Cory Wong dan Max pada hari kedua, 3 Juni. Sementara itu, belum ada informasi musisi yang bakal jadi bintang utama pada hari ketiga, atau memang ditiadakan. 

Adapun, selain nama-nama tersebut, masih ada banyak nama penyanyi solo dan grup musik yang siap memeriahkan ajang Java Jazz Festival 2023. Di antaranya adalah Ardhito Pramono, Gangga, Gugun Blues Shelter, Kaleb J, Laufey dan lain-lain pada hari pertama gelaran. 

Ada juga Adhitia Sofyan, Cakra Khan, Joey Alexander, Lalahuta, Stacey Ryan pada hari kedua. Sementara hari ketiga atau penutup akan diisi oleh deretan musisi yang tak kalah menarik seperti Andien, Endah n Rhesa, Fiersa Besari, Vina Panduwinata, Deddy Dhukun, Fariz RM, Mus Mujiono with F-I-E-R-Y Band, hingga Ariel feat Bunga Citra Lestari. 

Selagi menantikan gelaran Java Jazz Festival kembali berlangsung, Genhype bisa menengok kembali sejumlah aksi panggung musisi lokal dan internasional di ajang tersebut dalam dokumentasi foto Hypeabis.id. Kalian bisa mengaksesnya dalam kanal Kilas Foto

Baca juga: Java Jazz Festival Siap Digelar Tahun Ini, Catat Tanggalnya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Pancake Oatmeal, Menu Sarapan Kilat Anti Ribet Penuh Gizi

BERIKUTNYA

Sinopsis American Born Chinese, Ketika Anak Raja Kera Sun Wukong Mencari Kitab Gulungan Keempat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: