Film Anatomy of a Fall Besutan Justine Triet berhasil meraih Palme d'Or di Fesrival Film Cannes 2023. (Sumber gambar: IMDb)

Daftar Pemenang Festival Film Cannes 2023, Anatomy of a Fall Besutan Justine Triet Gondol Palme d'Or

29 May 2023   |   17:22 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Festival Film Cannes menjadi salah satu ajang penghargan yang paling dinantikan oleh insan perfilman dunia. Kompetisi penobatan deretan penggiat layar lebar ini juga telah menginjak penyelenggaran ke-76 di tahun yang berlangsung di Prancis pada 16-27 Mei 2023.

Adapun, malam puncak penganugerahan Cannes berlangsung di Palais des Festivals et des Congrès, Prancis. Film-film ternama sepanjang 2023 pun turut disorot untuk diberikan apresiasi dalam ajang ini. Salah satunya adalah film thriller Prancis berjudul Anatomy of a Fall karya Justine Triet yang berhasil meraih Palme d'Or.

Dengan skenario naskah ditulis sendiri oleh Triet dan Arthur Harari, film ini juga mendapuk aktris Sandra Huller sebagai pemeran utama. Mengambil latar cerita di Jerman, film ini berkisah tentang seorang penulis yang ditahan karena diduga membunuh suaminya yang tergeletak tak bernyawa di bawah tumpukan salju.

Baca juga: Sejarah Standing Ovation Terlama di Festival Film Cannes, Ada yang 22 Menit Loh!
 

Namun, selain Anatomy of a Fall, Festival Film Cannes juga mengumumkan jajaran pemenang lain dari kategori kompetisi. Adapun dalam kategori ini Cannes mengumumkan nominasi Best Director jatuh pada Tran Anh Hung sebagai sutradara film The Pot-au-Feu. Sebuah drama romantis sejarah Prancis yang dibintangi oleh Juliette Binoche dan Benoît Magimel.

Tak hanya itu, Koji Yakusho juga berhasil membawa pulang piala Best Actor berkat aktingnya dalam film Perfect days. Sementara itu untuk kategori Best Actress jatuh kepada Merve Dizdar yang membintangi film About Dry Grasses besutan Bilge Ceylan. Dizdar pun menjadi aktris Turki pertama yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

Selain itu, penghargaan kedua atau runner-up dengan gelar Grand Prix diberikan kepada Jonathan Glazer berkat penyutradaraannya untuk film The Zone of Interest. Kendati hanya membuat segelintir film dalam dua dekade terakhir tapi sutradara asal London itu cukup mebuat kritikus tercekat dengan drama holocaust-nya yang dibintangi oleh Sandra Hueller.

Adapun, untuk posisi ketiga Jury Prize jatuh kepada Aki Kaurismaki untuk film Fallen Leaves. Sedangkan, Best Screenplay dimenangkan oleh Yuji Sakamoto untuk film Monster dan penghargaan Best Short Film jatuh ke tangan Flore Anna Buda untuk 27.

Berlangsung sejak 1946, sesuai namanya Cannes Film Festival diselenggarakan di kota Cannes,Prancis. Cannes saat ini pun telah menjadi ajang festival film bergengsi di dunia setara dengan Venice Film Festival di Italia, dan Oscars di Amerika Serikat.

Biasanya, festival Cannes akan berlangsung selama satu pekan dengan diputarnya film yang diikutkan festival. Selain itu para  sineas juga akan mengincar penghargaan tertingginya. Yaitu trofi Palem Emas (Palm d’Or) dan yang kedua Grand Prize yang diperkenalkan sejak 1955. 

Baca juga: Hadir ke Festival Film Cannes 2023, Bos MVP Pictures Raam Punjabi Cari Film & Benchmark Platform OTT
1
2


SEBELUMNYA

Kementerian Kesehatan Siapkan Vaksin Gratis untuk Melawan Kanker Leher Rahim di Indonesia

BERIKUTNYA

Ulasan Film Guardians of The Galaxy Vol 3, Misi Terakhir Para Penjaga Galaksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: