Mengelola asupan penting untuk mendapatkan tubuh ideal (Sumber: Unsplash)

5 Tip Punya Badan Ideal dengan Weight Loss Management & Mindful Eating

28 May 2023   |   14:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga berat badan ideal mungkin terdengar sulit diwujudkan. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya adalah dengan menerapkan weight loss management dan mindful eating. Dijamin kamu terbebas dari kondisi seperti obesitas yang berdampak buruk bagi kesehatan. 

Spesialis Gizi Klinik Eka Hospital BSD dr. Oki Yonathan menjelaskan bahwa berat badan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari asupan makanan, gaya hidup, hingga genetik. Jika tidak dijaga dan dikelola dengan baik, masalah seperti obesitas bisa saja terjadi. 

Namun demikian, menurunkan berat badan dengan cara ekstrem juga berdampak buruk bagi kesehatan. Kamu mungkin bisa mengalami malnutrisi. Oleh karena weight loss management dan mindful eating, menurut Oki, bisa menjadi opsi yang baik untuk mendapat berat badan ideal.

Baca juga: 5 Cara Makan yang Baik Supaya Berat Badan Cepat Turun, Jangan Mengunyah Asal-asalan

Weight loss management merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan cara menjaga kesehatan berat badan serta memastikan berat badan berada dalam keadaan yang proporsional. Biasanya, hal ini lebih bersifat fisik atau hal-hal yang dapat dipraktikkan secara langsung.

Sementara itu, mindful eating dapat membantu mengubah pandangan kamu terhadap makanan serta pada saat menikmati makanan. Oki menyebut hal ini akan mempengaruhi psikologis serta bagaimana kamu memandang makanan. 

“Dengan menggabungkan kedua hal tersebut, kamu bisa menjaga berat badan dengan baik selagi menjaga kesehatan fisik dan mental,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Minggu (28/5/2023). 

Oki menuturkan kedua upaya itu memiliki banyak manfaat. Selain menjaga berat badan, kamu lebih menikmati makanan, mencegah obesitas, menurunkan risiko masalah kesehatan, hingga menjaga kesehatan mental .

Lantas bagaimana menerapkannya? Oki mengatakan kamu cukup melakukan perubahan kecil. Seperti berolahraga 30 menit sehari, tidak makan saat menonton teve, atau beralih ke camilan rendah kalori. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan weight loss management dan mindful eating
 

1. Makan Perlahan

Hal sepele yang sering dilewatkan banyak orang dalam mengonsumsi makanan yaitu cara makan yang terlalu rakus dan cepat. Mengonsumsi makanan dengan terburu-buru hanya akan meningkatkan rasa lapar sehingga menyebabkan kamu lebih banyak makan. 

Selain tidak terburu-buru saat makan, Oki menyarankan agar sebelum makan, minum segelas air terlebih dahulu dan usahakan menikmati setiap suap makanan yang kamu makan ya. 
 

2. Kurangi Junk Food

Mengonsumsi makanan rendah gizi atau bisa dikenal dengan istilah junk food mungkin terasa lebih praktis, terutama jika aktivitas kamu terlalu padat. Namun, makanan cepat saji menurut Oki cenderung memiliki nilai kalori yang tinggi. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi makanan cepat saji dan beralih ke makanan yang kamu olah sendiri di rumah. 
 

3.  Catat Asupan Kalori Harian

Mencatat asupan kalori dapat membantu kamu melihat kelebihan maupun kekurangan kalori serta nutrisi dari makanan. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memilah dan mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi dalam sehari dan pada akhirnya pola makan yang sehat akan terbentuk dengan sendirinya. 
 

4. Jangan Lewatkan Jadwal Makan

Hindari melewatkan sarapan atau jadwal makan. Oki menegaskan melewatkan jadwal makan hanya akan membuat rasa lapar kamu semakin tinggi, sehingga kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan. Tetap konsumsi makanan 3 kali sehari dengan porsi yang selayaknya. 
 

5. Perbanyak Aktivitas Fisik

Satu-satunya cara membakar kalori berlebih yaitu dengan melakukan aktivitas fisik. Dengan beraktivitas fisik 30 menit sehari, kamu sudah membakar sekitar 75-100 kalori. Aktivitas fisik juga tidak harus dilakukan dengan berolahraga, melainkan bisa juga membersihkan rumah atau pergi berjalan-jalan di luar. 

Baca juga: Jangan Ekstrem! Ini Batas Maksimal Turun Berat Badan Saat Diet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sinopsis American Born Chinese, Ketika Anak Raja Kera Sun Wukong Mencari Kitab Gulungan Keempat

BERIKUTNYA

Pameran Reformas!h In Absentia: Menyelami Momen-Momen Bersejarah Mei 1998

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: