Ilustrasi diet penurunan berat badan. (Dok. Diana Polekhina dari Unsplash)

Coba 5 Kiat Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

12 July 2021   |   11:37 WIB

Proses menurunkan berat badan bisa jadi tantangan tersendiri secara fisik dan mental bagi sebagian Genhype. Mulai dari komitmen untuk mengikuti pola makan yang ketat sampai konsisten berolahraga dan melakukan aktivitas fisik.

Meski upaya untuk menurunkan badan bisa saja sangat besar, tapi lima tips di bawah ini bisa dilakukan buat Genhype yang mau menurunkan badan melalui kebiasaan sehari-hari yang lebih mudah untuk dilakukan. Yuk dicoba!

1. Masak makanan sendiri
 

Ilustrasi memasak. (Dok. Conscious Design dari Unsplash)

Ilustrasi memasak. (Dok. Conscious Design dari Unsplash)

Memasak makanan sendiri di rumah atau tempat tinggal Genhype merupakan salah satu kiat untuk bisa lebih mudah menurunkan berat badan. Sebab, memasak makanan sendiri berarti bisa mengendalikan bahan dan takaran yang digunakan serta bisa jadi kesempatan untuk mencoba berbagai masakan buatan sendiri yang lebih sehat.

Selain itu, memasak makanan sendiri juga terbukti bisa mengurangi kecenderungan makan berlebihan dan bisa lebih sehat.

2. Makan dengan penuh pertimbangan dan lebih lambat
 

Ilustrasi makan. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi makan. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Percaya enggak percaya, makan dengan cepat terbukti bisa meningkatkan kalori yang masuk ke dalam tubuh layaknya ketika Genhype mengonsumsi makanan cepat saji. Karena itu, penting sekali buat Genhype untuk makan dengan lebih lambat untuk mencegah risiko tersebut.

Makan dengan lambat juga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang tanpa jumlah makanan yang lebih banyak sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh juga lebih sedikit.

3. Kelilingi diri dengan makanan sehat
 

Ilustrasi makanan sehat. (Dok. Dan Gold dari Unsplash)

Ilustrasi makanan sehat. (Dok. Dan Gold dari Unsplash)

Secara sains, jenis makanan yang dikonsumsi seseorang bisa dilihat dari makanan apa yang ada di sekitarnya sehingga Genhype perlu membiasakan untuk membeli makanan yang segar dan sehat.

4. Kurangi stres, perbanyak sumber vitamin D dan konsumsi air putih
 

Ilustrasi minum air putih. (Dok. Johnny McClung dari Unsplash)

Ilustrasi minum air putih. (Dok. Johnny McClung dari Unsplash)

Salah satu hambatan yang terkait langsung dengan penurunan berat badan adalah tingkat stres pada seseorang, di mana stres bersama dengan kekurangan tidur bisa menyebabkan kenaikan berat badan akibat ketidakseimbangan hormon. Karena itu, Genhype harus bisa mengelola stres.

Beberapa kiatnya adalah dengan mengonsumsi air putih dan berjemur di bawah matahari untuk mendapatkan nutrisi vitamin D dan hidrasi pada tubuh. Keduanya juga merupakan kunci untuk menurunkan badan lho!

5. Kendalikan kebiasaan ngemil
 

Ilustrasi camilan. (Dok. Maksim Shutov dari Unsplash)

Ilustrasi camilan. (Dok. Maksim Shutov dari Unsplash)

Suka makan camilan ketika sedang ada waktu lowong atau merasa kelaparan? Camilan memang terasa asyik ketika dikonsumsi, apalagi camilan yang manis dan asin. Tapi, jika Genhype masih punya kebiasaan ini, coba untuk ganti cemilan tersebut dengan buah-buahan atau camilan rendah kalori seperti kacang dan popcorn.

SEBELUMNYA

Cokelat Jadi Salah Satu Camilan Favorit pada Masa Pandemi, Penjualan Naik Berkali Lipat

BERIKUTNYA

Nikmatnya Sensasi Ayam Goreng Renyah dengan Saos Pedas Samyang Ala Korea

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: