Ilustrasi makanan penjaga berat badan ideal (Sumber gambar: Freepik)

7 Makanan Sehat & Enak Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

26 October 2022   |   13:33 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga berat badan tetap ideal bukan perkara mudah. Selain rajin berolahraga, konsumsi makanan yang berimbang juga jadi kunci penting. Sebab, ada beberapa makanan yang dapat memicu berat badan naik secara signifikan. Oleh karena itu, sebaiknya asupan makanan harus diatur dengan baik.

Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention, berat badan yang ideal bisa dijaga dengan cara mengonsumsi makanan yang punya banyak warna. Dalam sepiring nasi, usahakan tidak hanya ada lauk protein saja.

Tambahkanlah beberapa sayuran segar untuk mendampingi lauk protein. Selain itu, konsumsi buah-buahan, biji-bijian, dan produk susu juga efektif menjaga berat badan sehat dan tetap ideal.

Baca juga: 5 Makanan Nutrisi Tinggi Bantu Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anak

Namun, menjaga asupan makanan bukan berarti tidak boleh makan enak. Masih ada banyak orang yang salah kaprah bahwa makanan sehat dan baik untuk badan selalu memiliki rasa kurang enak. Padahal, ada beberapa makanan sehat yang memiliki raza lezat.

Berikut beberapa rekomendasi makanan sehat, dan juga enak yang dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.
 

1. Telur

Melansir dari Healthline, telur adalah makanan terbaik untuk mempertahankan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Telur sangat padat nutrisi. Menariknya, hampir semua nutrisi ditemukan di kuning telur, seperti kolin dan vitamin D.

Namun, putih telur juga memiliki kandungan protein sekitar 4-5 gram yang juga bermanfaat untuk tubuh. Tingginya protein dan lemak dalam telur juga membantu seseorang akan kenyang lebih lama. Namun, bagi yang memiliki penyakit kolesterol, kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsi telur.
 

2. Salmon

Tidak hanya enak dimakan, ikan salmon juga kaya akan kandungan gizi. Salmon punya protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting lain. Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Kombinasi tersebut membuat orang akan merasa kenyang lebih lama. Jadi, kamu akan lebih mudah mencapai berat badan ideal yang lebih sehat.
 

3. Dada Ayam

Secara nutrisi, daging dada ayam memiliki proten dan zat besi yang tinggi. Namun, sebaiknya kamu mengonsumsi daging dada ayam yang tanpa kulit.

Selain dada ayam, beberapa jenis daging lain yang tanpa lemak juga bisa dijadikan alternatif. Kombinasi tersebut sangat baik untuk membantu manajemen berat badan sekaligus kesehatan jantung.
 

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Misalnya, lentil, kacang hitam, kacang merah, dan beberapa lainnya. Kacang termasuk makanan yang tinggi protein dan lemak sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat membantu kamu menghindari memakan camilan yang akan membuat berat badan malah naik.


5. Keju Cottage

Salah satu produk susu yang paling kaya protein ialah keju cottage. Mengonsumsi keju cottage dapat memenuhi asupan protein harianmu. Selain membuat tubuh merasa lebih kenyang, protein juga dapat membangun dan memelihara otot.

Selain itu, kandungan kalsium yang terkandung didalamnya juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh membakar lemak. Sebagai variasi, kamu bisa bergantian mengonsumsi keju cottage atau yoghurt.


6. Alpukat

Alpukat adalah buah yang cukup unik. Sebab, sebagian besar buah tinggi karbohidrat. Namun, alpukat justru kaya akan serat dan lemak sehat. Kandungan asam oleat tak jenuh  yang ada di alpukat juga ditemukan di dalam minyak zaitun.

Alpukat juga jadi buah yang dapat membantu seseorang kenyang lebih lama. kandungan lemaknya juga dapat meningkatkan beberapa antioksidan karotenoid. Namun, alpukat juga termasuk buah padat energi. Jadi, porsi makannya perlu diperhatikan dengan baik.
 

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang dapat menyempurnakan usaha mempertahankan berat badan ideal. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik ialah kangkung, bayam, sawi hijau, lobak, dan beberapa lainnya.

Baca juga: 7 Makanan Enak yang Bisa Bantu Turunkan Darah Tinggi

Sayuran hijau juga mengandung tilakoid, senyawa yang dikaitkan dengan peningkatan manajemen nafsu makan seseorang. Selain itu, kandungan serat dan mikronutrien juga sangat baik untuk diet.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bunda, Begini Cara Alami Menurunkan Demam & Panas pada Anak

BERIKUTNYA

Cek 5 Resep MPASI yang Praktis Untuk Si Kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: