Makan yang Benak dan Sehat (Sumber Foto: Freepik)

5 Cara Makan yang Baik Supaya Berat Badan Cepat Turun, Jangan Mengunyah Asal-asalan

02 May 2023   |   21:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah kamu sudah menerapkan program diet yang baik dan benar, tapi rasanya berat badan tidak turun juga? Nah, bisa jadi cara makanmu yang salah. Penting sekali untuk mengatur pola makan, misalnya cara paling sederhana dengan memperhatikan kandungan gizi dan porsinya.

Dengan begitu, kalori dalam tubuh tidak menumpuk dan menyebabkan tubuh memiliki timbunan lemak yang tidak sehat. Pola makan yang buruk dan berlebihan akan membuat berat badan terus bertambah sehingga menyebabkan seseorang  mengalami obesitas. Yuk, simak cara makan yang baik untuk menurunkan berat badan!

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman yang Bikin Susah Tidur, Jangan Dikonsumsi saat Malam Hari
 

1. Tentukan Jenis Makanan & Porsinya

Penting sekali untuk mengawasi makanan apa saja yang kita masuk ke dalam tubuh dan berapa banyak porsinya. Sekalipun kamu mengonsumsi makanan padat nutrisi, apabila jumlahnya terlalu banyak juga tidak sehat. Artinya, kamu gagal memperhatikan jumlah kalori, sehingga dapat menyebabkan berat badan naik tidak terkontrol.

Apabila ingin menurunkan berat badan secara efektif, cobalah atur porsi makan dan selalu cek kalori setiap jenis makanan yang kita konsumsi. Sebisa mungkin ganti semua makanan dengan produk makanan rendah kalori.


2. Jangan Makan Larut Malam

Makan larut malam dapat menambah berat badan. Biasanya saat begadang tengah malam, kita selalu ingin mengonsumsi camilan berkalori tinggi, seperti keripik bahkan mie instan. Apalagi begadang juga tidak baik untuk kesehatan, sebab bisa menganggu kualitas tidur dan memicu insomnia. Sebaiknya makan malam lebih awal dan tidur tepat waktu.


3. Seimbangkan Nutrisi Makanan

Diet sehat bukan berarti kita harus memangkas semua kalori dengan mengonsumsi sedikit makanan. Hal tersebut justru bisa menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Cobalah belajar menyeimbangkan nutrisi dalam makanan, ini artinya piringmu harus mencakup protein, lemak, serat, sayuran, dan karbohidrat kompleks. 

Perhatikan juga perbedaan antara lemak sehat dan tidak sehat, perbedaan karbohidrat olahan dan karbohidrat kompleks, dan sebagainya. Konsumsilah lemak sehat dan karbohidrat kompleks untuk membantu penurunan berat badan yang lebih efektif.


4. Hindari Gangguan saat Makan

Menurut sebuah studi berjudul Kualitas dan Preferensi Makanan, orang yang mendengarkan musik sambil makan cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak, dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik sambil makan. Hal ini karena orang yang terganggu saat makan akan kehilangan fokusnya pada makanan.

Sehingga, mereka tak sadar bahwa perut sudah kenyang dan ingin terus makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuhnya. Nah, selain mendengarkan musik, sebaiknya kita juga tidak boleh makan sambil nonton tv atau bekerja.


5. Kunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan benar penting sekali untuk membantu penurunan berat badan. Kebiasan ini dapat membuat kita makan dengan lambat, serta membantu mengingat jumlah makanan yang sudah dimakan. Penelitian menunjukkan bahwa makan cepat-cepat dan tidak dikunyah dengan benar bisa menambah berat badan. 

Baca juga: 3 Tip Mengolah Sisa Makanan Lebaran agar Tidak Menjadi Sampah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Drakor & Variety Show yang Tayang Mei 2023 di Platform Streaming Viu

BERIKUTNYA

Serial Musikal Payung Fantasi Sabet Penghargaan Emas PR Awards 2023 di Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: