Ilustasi makan camilan. (Dok. Mc Jefferson Agloro dari Unsplash)

Perhatikan 5 Syarat Camilan Ini Biar Sukses Diet Penurunan Berat Badan

03 August 2021   |   09:10 WIB

Proses diet penurunan berat badan memang enggak mudah karena membutuhkan dedikasi dan perjuangan untuk bisa melakukannya secara konsisten untuk menjalani beberapa tahapan dan langkah yang ketat. Salah satu upaya untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan camilan di tengah-tengah proses diet.

Mengutip dari Medical News Today, manfaat dari ngemil di saat diet adalah untuk mengurangi risiko makan berlebihan atau makan makanan yang tidak sehat. Bahkan beberapa opsi seperti kacang, biji-bijian, sayuran mentah, dan buah-buahan dinilai bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang dengan nutrisi yang baik.

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu ngemil bisa membawa dampak buruk jika tidak dilakukan dengan baik. Yuk perhatikan lima kesalahan saat ngemil di tengah-tengah diet.

1. Kelebihan makan karena camilannya sehat
 

Ilustrasi camilan. (Dok.  American Heritage Chocolate dari Unsplash)

Ilustrasi camilan. (Dok. American Heritage Chocolate dari Unsplash)

Banyak orang beranggapan bahwa kalau makan camilan sehat saat diet merupakan hal yang baik, tapi kalau dilakukan secara berlebihan efeknya akan bisa merusak diet penurunan berat badan yang telah dijalankan selama ini. Pada dasarnya makan berlebihan pada menu apapun, termasuk menu sehat, akan berdampak kurang baik bagi tubuh.

2. Makan camilan yang enggak bisa memuaskan keinginan
Biasanya sebagian dari Genhype ada yang suka ngemil supaya bisa memenuhi keinginan atau craving akan makanan atau minuman tertentu. Sayangnya, ini enggak akan bisa terwujud jika camilan yang dimakan enggak memuaskan keinginan dan justru ini berlawanan dengan tujuan utama ngemil sebagai bentuk pemuasan sekaligus solusi menghindari makanan yang tinggi kalori.

3. Ngemil di saat enggak lapar
 

Ilustrasi camilan. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi camilan. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Enggak hanya saat makan sehari-hari, tapi praktik mindful eating atau makan dengan pertimbangan juga harus diterapkan ketika ngemil. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka ngemil juga bisa menjadi perusak rutinitas diet yang telah dijalankan.

4. Bagi camilan sesuai porsi
Mengingat saat proses diet segala sesuatu harus benar-benar diatur jumlahnya, maka penting sekali untuk mengatur camilan sesuai porsi yang akan disajikan. Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh sekaligus memberikan waktu kapan harus berhenti ngemil.

5. Pastikan camilan yang disajikan punya kandungan gizi
 

Ilustrasi camilan. (Dok.  Libby Penner dari Unsplash)

Ilustrasi camilan. (Dok. Libby Penner dari Unsplash)

Sebelum memilih camilan untuk dimakan waktu ngemil, perhatikan dulu kandungan gizi yang ada dalam camilan untuk melihat kesesuaian antara nutrisi dan mineral yang dibutuhkan bagi tubuh. Dari sini, Genhype bisa pilih snack sesuai dengan kebutuhan tubuh, misalnya buah-buahan untuk meredakan rasa haus.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kelamaan Kerja dari Rumah Berisiko Hipertensi, Kok Bisa?

BERIKUTNYA

Wow, Game GTA 5 Terjual 150 Juta Kopi 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: