Selain mudah dibuat pancake oatmel juga banyak mengandung nutrisi yang baik jika diolah dengan benar. (Sumber: Unsplash)

Resep Pancake Oatmeal, Menu Sarapan Kilat Anti Ribet Penuh Gizi

28 May 2023   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sarapan sangat penting untuk kesehatan. Pasalnya, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi sumber energi bagi kita menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, tidak sedikit orang melewatkannya karena berbagai alasan. Terburu-buru berangkat ke sekolah, kantor atau kegiatan lain di pagi hari. 

Padahal, manfaat sarapan sangat banyak jika dilakukan secara teratur. Selain menjadi sumber energi, sarapan dapat membantu kita melindungi tubuh dari penyakit. Menurut studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada orang sehat yang tidak sarapan pagi cenderung lebih tinggi dibandingkan orang yang sarapan teratur.  

Baca juga: Resep Kue Leker Menggunakan Teflon, Garing dan Renyah!

Bagi Genhype yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sebenarnya bisa membuat olahan pancake yang bisa dijadikan menu. Ya, sajian berbentuk seperti kue dadar bulat tumpuk atau digulung ini selain mudah dibuat juga banyak mengandung nutrisi yang baik jika diolah dengan benar. 

Umumnya sajian ini juga dilengkapi dengan berbagai topping manis seperti madu, es krim, ataupun coklat. Buah-buahan seperti stroberi, mangga, bluberi, atau pisang juga bisa menjadi pilihan yang membuat sajian satu ini semakin menyegarkan dan menambah gizi di dalamnya.
 
Nah, untuk mengawali hari dengan maksimal kamu juga bisa membuat pancake oatmeal yang kaya akan nutrisi sebagai menu sarapan pagi kalian. Pasalnya, dalam setiap 78 gram oat kering terdapat kurang lebih 300 kalori dan kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, zinc, vitamin B1, dan vitamin B5.

Tak hanya itu, pancake oatmeal juga nikmat saat dihidangkan dengan segelas kopi dan teh, sebagai sarapan di pagi hari maupun kudapan ringan saaat santai di waktu istirahat dan melakukan aktivitas harian lain. Berikut resepnya. 
 

Bahan-bahan:

  • 3 cangkir tepung gandum
  • 1 ½  cangkir oatmeal
  • 1 cangkir buttermilk bubuk atau bisa menggunakan yogurt
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 sdm madu
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam
  • 1 cangkir biji rami (opsional)
  • 1½ cangkir susu tanpa lemak
  • ½ cangkir minyak canola atau zaitun
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • Topping buah sesuai selera


Cara Membuat

  1. Campurkan tepung, buttermilk bubuk, telur, gula, baking powder, baking soda, dan garam dalam mangkuk besar. Tambahkan biji rami dan oatmeal ke dalam mangkuk tersebut. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Di wadah yang lain, campurkan susu, minyak canola dan ekstrak vanili. Aduk hingga hingga susu tercampur rata.
  3. Masukkan campuran susu secara perlahan dengan terlebih dulu membuat lubang di tengah campuran adonan  pancake. Kocok hingga semuanya tercampur menggunakan whisk. Usahakan jangan terlalu berlebihan mengaduknya. 
  4. Setelah adonan tercampur rata buat  diamkan sebentar kurang lebih lima menit sembari menyiapkan toping buah-buahan yang akan dicampur ke pancake untuk sarapan.
  5. Siapkan wajan anti lengket atau wajan dengan cooking spray. Nyalakan kompor dengan api sedang. Aduk-aduk adonan dan letakkan ¼ gelas adonan untuk setiap pancake di atas wajan. Ratakan adonan agar tidak terlalu tebal saat matang.
  6. Masak pancake hingga ujung-ujungnya kering dan gelembung mulai terbentuk, biasanya hal ini memakan waktu sekitar kurang lebih 2 menit.
  7. Balik adonan dan masak hingga berwarna coklat keemasan, sekitar 2 menit lagi. Kamu bisa menyesuaikan panas suhu api di kompor yang  untuk membuatnya kecoklatan sesuai selera.
  8. Angkat pancake dan sajikan selagi hangat. Genhype juga bisa menambahkan berbagai topping favorit yang tadi sudah disiapkan sebelum mengolesinya dengan selai atau madu. Mudah bukan?

Baca juga: Resep Cobb Salad Khas Amerika, Kudapan Sehat untuk Sarapan & Program Diet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah  

SEBELUMNYA

Mengenal Cedera Pita Suara yang Bikin Sam Smith Turun Panggung

BERIKUTNYA

Dari Jessie J hingga Jason Mraz, Inilah Deretan Musisi Dunia yang Pernah Manggung di Java Jazz

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: