Japanese Souffle Pancake (Sumber Foto: Food & Wine)

Resep Japanese Souffle Pancake yang Lembut dan Lumer di Mulut

17 July 2023   |   21:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Souffle adalah panekuk tebal dan lembut khas Jepang, dessert ini juga dikenal dengan sebutan Japanesse Souffle Pancake. Setiap gigitannya begitu lembut, fluffy, dan meleleh di mulut. Biasanya dessert ini disajikan dengan topping gula halus, atau whipped cream dan beri-berian.

Panekuk telah menjadi kudapan yang populer di Jepang, kamu bisa menemukan berbagai jenis pancake yang dijual di gerai-gerai dessert Tokyo. Selain menjadi makanan penutup, pancake bisa disantap untuk menu sarapan pagi, makan siang, atau makan malam.

Baca juga: Resep Pancake Oatmeal, Menu Sarapan Kilat Anti Ribet Penuh Gizi

Biasanya panekuk yang sering kita temui adalah jenis American Classic Pancake yang dibuat dari telur, susu atau buttermilk, minyak, dan baking powder. Bentuknya pipih dan lembut saat dipotong, lalu disajikan pakai sirup maple dan potongan butter.

Sementara souffle identik dengan konsistensinya yang tebal namun lembut dan fluffy. Rahasianya terdapat putih telur yang dikocok sampai mengembang. Nah Genhype, yuk bikin sendiri Japanesse Souffle Pancake di rumah, catat bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan  A
  • Kuning telur - 2 butir
  • Susu cair - 4 sdm
  • Pasta vanila - 1/2 sdm
  • Terigu - 3 sdm

Bahan B
  • Putih telur - 3 butir
  • Gula pasir (yang di blender) - 2 sdm
  • Cream of tartar - 1/2 sdt

Topping
  • Gula halus - secukupnya
  • Cherry - secukupnya

Cara Membuat

1. Kocok kuning telur, pasta vanila dan susu cair dengan balon whisk hingga menjadi adonan kental. Tambahkan 3 sdm tepung terigu yang sudah disaring, kocok sampai tercampur rata dan bertekstur kental. Sisihkan dahulu.

2. Kocok putih telur dengan mixer, beri gula secara bertahap sedikit demi sedikit  agar mengembang sempurna dan tidak berair, selanjutnya sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang dan kaku. Tambahkan cream of tartar, kocok lagi sebentar agar rata.

3. Ambil 2 sendok adonan putih telur, usahakan wadah tempat mengocok putih telur bersih dan bebas lemak. Campurkan kedalam adonan kuning telur aduk dengan spatula hingga menyatu.

4. Setelah adonan kuning menyatu campurkan kedalam sisa adonan putih telur aduk balik perlahan dengan spatula hingga semua adonan menyatu dan rata.

5. Panaskan pan anti lengket bertutup dengan api kecil kemudian masukan adonan secukupnya lalu tutup panci masak hingga bagian bawah sudah kecoklatan, balik pancake dan tutup panci kembali masak hingga matang sempurna.

6. Sajikan dengan topping gula halus dan cherry.


Catatan

Apabila ada bahan-bahan yang sulit di dapat, kamu bisa menggantinya dengan bahan-bahan berikut ini. Misalnya Cream of tartar boleh diganti dengan 1/2 sdm air jeruk nipis. Selain itu topping cherry dan gula halus dapat diganti dengan maple syrup, madu, coklat atau sesuai selera dan kreativitasmu. 

Baca juga: Resep Buckwheat Pancake, Pas untuk Kamu yang Diet

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Terlihat Mirip, Ini 4 Perbedaan Threads dengan Twitter

BERIKUTNYA

Baru Pekan Kedua, Pendapatan Insidious: The Red Door Sudah Amblas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: