Ilustrasi perawatan kulit. (Sumber gambar: Unsplah/Isabell Winter)

6 Tip Mencerahkan Kulit Secara Alami

26 May 2023   |   16:25 WIB

Like
Mempunyai kulit yang bersih dan cerah adalah impian banyak orang. Namun, seringkali kita bingung dengan cara yang aman untuk merawat dan mencerahkan kulit kita. Untungnya, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba di rumah untuk mempercantik kulit.

Banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan kulit cerah dengan menggunakan produk produk kecantikan serta perawatan mahal di salon. Namun, dalam tindakan tersebut membutuhkan biaya yang sangat banyak. Bahkan, kandungan di dalamnya terdapat kimia yang berdampak buruk pada kulit.

Berikut beberapa cara memulihkan kulit dengan bahan-bahan alami yang memang terkenal memiliki manfaat yang mencerahkan kulit.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Tomat Supaya Kulit Glowing dan Tampak Lebih Sehat
 

1. Minum air putih dengan teratur

Dengan mengonsumsi air putih secara teratur tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga baik untuk merawat kulit. Minum air putih setiap hari dalam jumlah cukup mampu membantu melawan garis halus, dan menghilangkan penuaan pada kulit. 


2. Kunyit 

Kunyit merupakan bumbu dapur yang mempunyai banyak manfaat. Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit  memiliki sifat antiinflamasi serta antioksida yang mampu menghidupkan kembali kulit mati dan membuat kulit lebih cerah.

Untuk mempunyai kulit yang lebih cerah, maka campurkan kunyit dengan madu. Kemudian, aplikasikannya ke kulit lalu tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. 
 

3. Lemon 

Buah lemon merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C mempunyai efek antioksida serta antipigmentasi yang sangat membantu mengurangi kerusakan kulit, mencegah penuaan dini, dan mencerahkan kulit.

Cara menggunakan lemon itu oleskan perasan lemon ke kulit. Lalu, tunggu selama 15-20 menit sebelum dibilas. Hati hati dengan penggunaan perasan lemon ke kulit karena bisa menimbulkan rasa perih. 


4. Tepung beras 

Tepung beras bisa membantu untuk mencerahkan kulit dengan kandungannya seperti asam ferutat dalam tepung beras memiliki efek antiinflamasi dan antioksida. Cara menggunakan tepung beras cukup mudah.

Yaitu dengan cara mencampurkan bubuk tepung beras dengan minyak zaitun hingga berbentu pasta. Lalu, oleskan pada kulit dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan air. 
 

5. Yogurt 

Yogurt salah satu produk yang populer kerap digunakan untuk pengobatan tradisional. Yogurt mengandung senyawa L-sistein yang dapat menghambat aktivitas tirosinase. Sehingga mampu membantu mengurangi pigmentasi serta mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan yogurt dengan madu. Oleskan pada kulit. Lalu biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air sampai bersih. 


6. Teh hijau 

Teh hijau memiliki zat aktif di dalamnya yang bersifat sebagai antioksida dan mampu mencerahkan kulit. Cara memakai teh hijau untuk mencerahkan kulit yaitu dengan mengolahnya menjadi masker. Campuran 1 sendok makan bubuk teh hijau dengan 1 sendok makan madu serta 1 sendok makan gula pasir. Lalu, oleskan ke kulit atau wajah dan diamkan selama 10-15 menit dan bilas. 

Namun, perlu diingat cara mencerahkan kulit menggunakan bahan bahan diatas tidak memberikan hasil yang instan. Harus melakukannya secara rutin serta konsisten. Selain itu juga menjaga pola hidup agar kulit tetap sehat.

Baca juga: Mengenal Teknik Cyrotherapy untuk Kecantikan Kulit, Bisa Dilakukan di Rumah pakai Es Batu?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Survivor Merapat! Spider-Man: Across the Spider-Verse akan Hadir di Game Free Fire

BERIKUTNYA

Cek 3 Manfaat Mengonsumsi Kolagen Tambahan Untuk Kesehatan Kulit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: