Makan Tomat Mentah (Sumber Foto: Freepik)

5 Manfaat Makan Tomat Supaya Kulit Glowing dan Tampak Lebih Sehat

15 May 2023   |   21:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ada kalanya kulit kita harus beristirahat sejenak dari sejumlah produk perawatan yang mengandung bahan kimia. Sesekali, cobalah lakukan perawatan kulit dengan bahan alami dari luar dan dalam yang tentunya baik untuk kecantikan kulit sekaligus kesehatan tubuhmu.

Misalnya mengonsumsi tomat secara rutin atau membuat masker wajah dari tomat. Rupanya tomat sendiri punya banyak manfaat baik untuk kulit. Mengutip dari Verywell Fit, dalam sebutir tomat terkandung Vitamin C, Vitamin K,dan Vitamin A seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene.

Baca juga: 5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Minimal 1 Jam Tiap Hari, Bisa Bikin Awet Muda

Sebagai perawatan kulit dari dalam kamu bisa mengonsumsi tomat mentah atau dijadikan smoothie dan jus. Sementara untuk perawatan luarnya, tomat bisa dijadikan masker wajah dengan mengplikasikannya langsung langsung ke wajah sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Merangkum dari Healthline, berikut manfaat tomat mentah supaya wajah glowing dan sehat.


1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat makan tomat salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati. Ini lantaran enzim dalam tomat dapat membantu proses eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Selain itu kamu juga bisa membuat tomat mentah jadi scrub untuk dioleskan ke wajah dan bagian tubuh lainnya. Caranya, haluskan tomat dan tambahkan gula pasir yang butirannya sangat halus. Oleskan ke wajah dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas, hasilnya kulit terlihat lebih cerah dan glowing.


2. Mencegah jerawat

Tomat juga dapat mencegah jerawat yang disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang terperangkap di kulit atau minyak yang menempel di pori-pori. Ini karena tomat mengandung vitamin A, C, dan K, dan sifat asam yang membantu menjaga tingkat pH kulit yang pas. Sehingga dapat membantu mencegah dan mengurangi kulit berjerawat.


3. Melindungi kulit dari sinar matahari

Tomat juga mengandung likopen yang memiliki efek foto-protektif, sehingga dapat melindungi kulit dari eritema yakni sengatan matahari yang diinduksi sinar UV.

Tomat juga dapat diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Caranya campur 2 sendok makan yogurt tawar dengan setengah bagian tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan campurannya ke wajah dengan merata, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas pakai air bersih.


4. Mencegah penuaan dini

Manfaat makan tomat mentah juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini karena tomat mengandung vitamin B-1, B-3, B-5, B-6, B-9 yang khasiatnya dapat mencegah penuaan dini seperti mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel yakni dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.


5. Melembabkan kulit

Tomat juga merupakan sumber kalium, kekurangan kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang yang mengidap dermatitis atopik atau eksim. Kulit kering juga dapat mengakibatkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Kamu bisa mengoleskan tomat yang dihaluskan ke kulit kering untuk membantu melembabkan kulit wajah.

Baca juga: Manfaat & Efek Samping Susu bagi Pengidap Asam Lambung, Perhatikan Aturan Minumnya

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kenalan dengan 6 Aktor Tampan Pemeran Siswa SMA Esongjin di Drakor Duty After School

BERIKUTNYA

Pesona Lisa BLACKPINK di Cover Terbaru Majalah Harper’s BAZAAR Sukses Curi Perhatian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: